Tuesday, July 31, 2012

Masjid Ampel dan Makam Sunan Ampel Surabaya

,

Masjid Ampel Surabaya ~ Bagi para peziarah atau wisatawan religi maka masjid dikota surabaya ini sangatlah terkenal. Di belakang Masjid Ampel anda bisa berziarah ke makam Salah satu Wali yang menyebarkan agama islam di pulau jawa yakni makam Sunan Ampel yang meninggal pada 1481. Di samping itu, kawasan ini juga terkenal karena keberadaan Kampung Arab yakni sebuah pemukiman yang sebagian besar ditempati keturunan Arab Yaman dan Cina yang sudah menetap ratusan tahun untuk berdagang. 

Di bulan ramadhan, masjid Sunan Ampel sangatlah ramai oleh peziarah, bahkan jumlah pengunjung bisa meningkat 2x lipat dibandingkan hari biasa yang rata rata mencapai 2.000 orang. Jumlah Pengunjung pun akan semakin ramai pada saat “maleman” atau puasa ramadhan malam tanggal tanggal ganjil yakni tanggal 21, 23, 25, 27, 29 dengan jumlah di atas 10 ribu orang, bahkan bisa mencapai 20 ribu orang. Jadi bisa anda bayangkan sendiri betapa ramainya, subhanalloh...seorang wali yang berilmu tinggi dan mengabdi pada masyarakat masih memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya walaupun beliau nya sudah meninggal ratusan tahun lalu.

Biasanya niat para pengunjung ada, yakni menjalankan salat dan dzikir di tempat bersejarah bagi penyebaran agama islam dengan tenang juga sekaligus berziarah kemakam Sunan Ampel. Disamping wisatawan lokal banyak juga wisman yang datang juga ada yang berasal dari China, Prancis, Belanda, Italia, Malaysia, Saudi Arabia, Jepang, Brunei Darussalam, Filipina, Jerman, Yunani, Selandia Baru, Korea, dan Jepang. Para wisman ini ada juga yang datang untuk beribadah dan ziarah, namun ada juga yang sengaja datang hendak melihat bentuk dan arsitektur bangunan masjid Ampel yang dibangun sejak 1421, dan kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam Sunan Ampel.

Masjid Ampel didirikan tahun 1421 oleh Sunan Ampel, dibantu sahabat karibnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji, serta santrinya. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 120 x 180 meter persegi di Desa Ampel (sekarang Kelurahan Ampel), Kecamatan Semampir Surabaya atau berjarak sekitar 2000 m ke arah Timur Jembatan Merah.

Tidak ada data yang jelas mengenai kapan selesainya pembangunan Masjid Ampel ini. Sunan Ampel juga mendirikan Pondok Pesantren Ampel. Semenjak 1972, pemkot Surabaya telah menetapkan kawasan ini sebagai tempat wisata religi.

Kawasan Ampel sendiri merupakan sebuah area di bagian utara Kota Surabaya dimana mayoritas penduduknya merupakan etnis Arab. Di daerah ini akan anda jumpai nuansa yang sangat khas dengan dengan suasana Timur Tengah dan pasarnya yang menjual barang dan makanan khas Timur Tengah. Pusat kawasan Ampel sendiri adalah berada di area Masjid Ampel yang terletak di Jalan Ampel Suci 45 atau Jl. Ampel Masjid 53. Bilamana anda ingin berbelanja barang atau makanan khas Timur Tengah maka datanglah ke kawasan Masjid Ampel. 

Masjid Sunan Ampel dibangun dengan nuansa arsitektur Jawa kuno dan nuansa Arab Islami. Sebagaimana walisongo lainnya, Sunan Ampel dalam membangun masjid ini mengadopsi budaya lokal dan Hindu-Budha lewat arsitektur bangunannya. Dizamannya dulu, masjid ini merupakan tempat berkumpulnya para ulama dan wali dari berbagai daerah di Jawa untuk membicarakan ajaran Islam sekaligus membahas metode penyebarannya di Pulau Jawa.

Masjid Ampel menggunakan bahan kayu jati dari beberapa wilayah di Jatim dan banyak masyarakat yang meyakini memiiki 'karomah'. Dalam cerita masyarakat, saat pasukan asing menyerang Surabaya dengan senjata berat dari berbagai arah dan meluluh lantakkan kota Surabaya seakan tidak ada artinya sama sekali karena tidak menimbulkan kerusakan sedikitpun pada Masjid Ampel bahkan seolah masjid ini tidak terusik sama sekali

Sunan Ampel sendiri merupakan salah satu wali songo yang berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Nama kecilnya adalah Raden Mohammad Ali Rahmatullah, beliau berfigur sangat berwibawa, bijak dan alim dan oleh karenanya mendapatkan banyak simpati dari masyarakat yang pada saat itu masih beragama Hindu – Budha. Sunan Ampel diperkirakan lahir tahun 1401 di Champa, Kamboja. Beliau merupakan keturunan bangsawan yang diperkirakan lahir pada tahun 1401, keturunan dari Ibrahim Asmarakandi yakni Salah satu Raja Champa. 

Ketika berusia 20 tahun, beliau memutuskan untuk pindah ke Tanah Jawa, tepatnya di Surabaya yang ketika itu merupakan daerah kekuasaan Majapahit di bawah Raja Brawijaya. Di usianya 20 tahun, Sunan Ampel sudah dikenal pandai dalam ilmu agama. Raden Rachmat di beri tanah oleh Raja Majapahit kurang lebih seluas 12 hektar di daerah Ampel Denta atau Surabaya untuk kegiatannya. Oleh karenanya dikemudian hari , Raden Rachmat mendapatkan julukan Sunan Ampel. 

Sunan Ampel memimpin syiar agama islam untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, kemudian bersama masyarakat setempat membangun masjid untuk media dakwahnya yang kini dikenal sebagai Masjid Ampel hingga akhirnya Sunan Ampel wafat tahun 1481 dan di makamkan di sebelah kanan depan masjid Ampel.
Masjid Ampel selalu dijaga dan dirawat kebersihannya hingga kini dan menjadi salah satu warisan budaya yang terkenal di nusantara hingga mancanegara.
Read More>>

Solusi Jika Paspor Hilang Saat di Luar Negeri

,

(dok. Thinkstock)
Kehilangan paspor saat traveling di luar negeri bukanlah hal yang diinginkan, namun kemungkinan itu tetap saja ada. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika kehilangan barang paling krusial ketika pergi lintas negara?

Tak ada satu pun traveler yang ingin kehilangan paspor saat berlibur di luar negeri. Baik karena kecopetan, kelalaian, atau pun kurang waspada. Jika mengalami hal ini, jangan panik, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum Anda kembali lagi ke Indonesia dan mengurus paspor yang hilang.

Mengutip situs Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia, imigrasi.go.id, hal pertama yang harus dilakukan ketika kehilangan paspor di luar negeri adalah melaporkannya ke perwakilan RI (KBRI/ Konsulat Jenderal) di negara bersangkutan. Pihak KBRI akan menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berfungi sebagai paspor sementara.

Untuk membuat SPLP, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang diminta oleh KBRI setempat. Di antaranya:

1. Kartu identitas dari Indonesia (mencakup KTP, akte kelahiran/ akte perkawinan/ Kartu Keluarga)
2. Surat keterangan kehilangan dari kantor polisi terdekat
3. Salinan/ fotokopi paspor (bila ada)
4. Formulir permohonan SPLP yang telah diisi dan ditandatangani
5. 2 (dua) buah pas foto ukuran paspor dengan latar belakang warna terang
6. Membayar biaya pembuatan SPLP, di beberapa negara seharga US$ 5 (sekitar Rp 45.000).

Semua persyaratan tersebut harus dibawa ke KBRI setempat ketika mengajukan SPLP. Lamanya proses tergantung KBRI masing-masing negara, mulai dari 1 hari hingga beberapa minggu. Jika Anda tak bisa menunjukkan kartu identitas, proses penerbitan SPLP akan memakan waktu cukup lama karena pemeriksaan identitas dan status kewarganegaraan.

Jika SPLP telah terbit, Anda bisa bernafas lega dan kembali ke Indonesia untuk mengurus hilangnya paspor di Departemen Imigrasi di kota Anda.

Nah, untuk meminimalisir resiko kehilangan tersebut, ada baiknya Anda berkunjung ke KBRI ketika tiba di negara bersangkutan.Hal ini disebut "Lapor Diri". Hal ini sebaiknya dilakukan bila Anda tinggal di sebuah negara lebih dari 1 minggu.

Dengan melakukan Lapor Diri, akan lebih mudah bagi perwakilan RI di negara bersangkutan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Ketika kehilangan paspor misalnya, pembuatan SPLP akan lebih cepat karena data Anda telah tercantum di sana. Termasuk apabila Anda terkena musibah, perwakilan RI akan lebih cepat memberikan bantuan dan menghubungi keluarga Anda di tanah air.

Ketika melakukan Lapor Diri, tunjukkan saja paspor Anda beserta 2 buah pas foto ukuran paspor dengan latar warna terang. Setelah itu, tinggal mengisi dan menandatangani formulir. Petugas KBRI setempat akan membubuhi cap Lapor Diri pada paspor Anda. Anda tak harus mengeluarkan uang sepeser pun untuk melakukan Lapor Diri. Cara mudah untuk meminimalisir resiko besar, bukan?
Read More>>

Tips Murah Wisata Ke Singapore

,


Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Singapore, berikut ini saya ada beberapa tips untuk Anda:

1. Gunakan Jalur Laut
Bila niat Anda memang untuk berlibur, saya sarankan untuk menggunakan jalur laut dari Batam. Karena selama di Batam Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Batam seperti KTM Resort, Balerang, Kampung Vietnam, Pulau Bintan, Vihara Sungai Panas, Pantai Nongsa, dan juga mencoba beberapa sea food lezat Selain itu dengan menggunakan jalur laut Anda bisa berhemat biaya fiskal karena biaya fiskal lewat jalur laut memang lebih murah dibanding jalur udara. Oh ya jangan lupa juga untuk menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang Singapore Dollar. Di Batam banyak sekali kios-kios Money Changer jadi Anda dapat dipastikan tidak akan mengalami kesulitan untuk menukarkan uang Anda

2. Jangan Gunakan Tour Agent
Sebaiknya Anda tidak menggunakan tour agent karena memang wilayah Singapore sangat mudah untuk dieksplorasi. Singapore memiliki sarana transportasi publik yang sangat baik, jadi tak perlu khawatir untuk masalah transportasi. Penanda jalan dan peta di Singapore juga sangat mudah untuk dipelajari. Tetapi bagi Anda yang masih belum berani untuk jalan tanpa tour guide, Anda bisa menggunakan jasa tour yang ada di Batam. Di Batam banya tersedia jasa tour dengan harga yang sangat bersaing.

3. Bawa Persediaan Air Minum, Payung, dan BackPack
Saya sangat menyarankan Anda untuk membawa persediaan air minum yang bisa Anda beli di Batam karena harga air minum di Singapore relatif lebih mahal. Bawalah setidaknya 4 liter air karena selama di Singapore Anda akan banyak jalan Saya juga menyerankan Anda membawa payung. He3.. jangan sampai gerimis dan teriknya matahari menghalangi niat Anda untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik di Singapore. Agar Anda dapat tetap merasa nyaman selama berjalan-jalan di Singapore, sebagiknya Anda membawa backpack atau tas punggung. Tas ini bisa Anda gunakan untuk menampung air minum, payung, dan juga beberapa barang menarik yang mungkin Anda beli selama berkunjung ke tempat-tempat tertentu.

4. Cari Peta di Harbour Front
Begitu Anda sampai di pelabuhan Singapore (Harbour Front) ambillah semua info seputar tourism di Singapore. Di sana juga Anda akan menemukan peta Singapore. Simpan dan pelajarilah peta ini baik-baik. Kalau bisa sebaiknya Anda mengambil setidaknya dua buah peta sebagai cadangan kalau-kalau peta yang Anda pegang hilang atau rusak. Peta Singapore sangat mudah dipelajari. Di dalam peta tersebut juga ada informasi mengenai tempat-tempat menarik apa saja yang bisa dikunjungi untuk berwisata.

5. Gunakan MRT - Mass Rapid Transport dan Bus
Selama di Singapore saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan MRT (sub way) dan juga bus. Jangan takut, Anda gak akan tersesat kok karena info jalur MRT dan jalur bus nya sangat detail dan mudah untuk dipahami. Info jalur MRT juga bisa didapat dari peta Singapore. Ketika Anda menggunakan MRT dan bus, Anda pasti akan terkagum-kagum karena kebersihan, ketertiban, keamanan, dan juga ketepatan waktunya. Benar-benar nyaman dan aman Untuk menggunakan MRT, Anda bisa membeli tiket MRT melalui MRT Ticketing Machine. Penggunaan mesin ini pun sangat mudah, Anda tinggal tentukan stasiun tujuan Anda lalu Anda akan diminta untuk memasukkan sejumlah uang dan bila jumlahnya benar maka mesin akan mengeluarkan tiket. Bila uang yang Anda masukkan berlebih makan mesin juga akan mengeluarkan uang kembaliannya. Tiket MRT yang digunakan menerapkan pasive RFID Module. Pokoknya benar-benar canggih dech Di Singapore ada 3 jalur MRT, yaitu NE (North East) dengan penanda jalur berwarna ungu, NS (Nort South) dengan penanda jalur perwarna merah, dan EW (East West) dengan penanda jalur berwarna hijau. Selama di Singapore, bagi Anda yang berstatus sebagai wisatawan akan banyak menggunakan jalur NE dan NS untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik

6. Cari Apartemen untuk Tempat Bermalam
Selama di Singapore saya sarankan jangan menginap di Hotel karena biayanya lumayan mahal. Lagi pula selama di Singapore Anda akan banyak jalan. Setidaknya selama jam 9 pagi sampai jam 10 malam Anda akan berada di jalanan Saya sarankan Anda untuk menyewa kamar di salah satu apartemen. Mudah kok, Anda tinggal menuju ke Chinatown saja. Di sana ada beberapa apartemen besar. Saya sarankan untuk bermalam di People's Park. Di sana langsung saja menuju ke lantai 23 s.d. 25 dan mulailah bertanya ke masing-masing pemilik apartemen apakah Anda bisa menyewa salah satu kamar mereka. Di People's Park banyak kok yang menyewakan kamarnya untuk turis Dan tentunya biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih sedikit. Lumayan khan setidaknya kelebihan biaya tersebut bisa Anda alokasikan untuk membeli oleh-oleh

7. Tempat-Tempat Menarik
Berikut ini beberpa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi selama di Singapore

Orchard Road
Orchard Road adalah jalan yang dipenuhi dengan mall dan beberapa atraksi jalan. Jalannya lumayan panjang. Sepanjang jalan Anda bisa menemui banyak sekali ornamen-ornamen menarik untuk berfoto

Botanical Garden
Bagi Anda pecinta tanaman atau bagi Anda yang menyukai kehijauan pasti akan sangat menikmati keindahan Botanical Garden. Di sini Anda bisa menemui berbagai macam jenis tanaman. Salah satu tanaman yang menjadi unggulan di sini adalah Anggrek. Di Botanical Garden ini banyak sekali dilakukan penelitian dan juga perkawinan silang untuk menghasilkan varian anggrek yang baru. Areal Botanical Garden sendiri lumayan luas, tapi Anda tidak perlu khawatir karena di Botanical Garden Anda bisa mendapati beberapa titik untuk duduk-duduk dan juga untuk minum. Di sini air minum disediakan gratis Anda juga bisa merefill botol minuman Anda

Marlion
He3.. kayaknya ini adalah tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Singapore. Marlion adalah patung singa air lambang negara Singapore. Marlion terletak di daerah City Hall. Setidaknya Anda harus berfoto di sini untuk menandakan Anda pernah mengunjungi Singapore

Esplanade
Esplane adalah galeri seni yang berlokasi di daerah City Hall. Lokasinya berdekatan dengan Marlion. Di sini Anda bisa melihat beberapa pameran seni dan terkadang juga ada beberapa pertunjukkan gratis

Sentosa Island
Sentosa adalah sebuah pulau yang memang dikhususkan oleh pemerintah Singapore untuk wisata. Untuk menyebrang ke Sentosa Island Anda bisa menggunakan Monorel Sentosa Express. Stasiunnya terletak di Vivo City Harbour Front. Di Sentosa ada beberapa atraksi yang bisa Anda ikuti, ada Image of Singapore, Fort Siloso, Carlsberg Tower, Song of The Sea, Luge, SkyRider, dan beberapa aktifitas lainnya.

Sri Mariaman Temple
Ini adalah kuil Hindu yang terletak di daerah Chinatown. Anda juga boleh memasuki kuil ini dan mengambil beberapa foto di dalamnya. Hanya saja yang perlu diingat di sini adalah ketika memasuki kuil ini Anda harus menanggalkan alas kaki Anda.

Bugis Junction
Di sini Anda bisa mendapati banyak pertokoan dan di antaranya menjual sovenir. Hiasan-hiasan penghias jalannya juga bagus. Ada permainan air mancur yang cukup unik di sini

Singapore River
Singapore River adalah sungai yang lokasinya di daerah City Hall. Anda juga bisa menyewa boat untu kmenelusuri sungai ini. Waktu yang dibutuhkan untuk menelusuri sungai ini lebih kurang sekitar 30 menit. Selama menelusuri sungai Anda bisa menikmati keindahan Singapore dan memfoto pemandangan Singapore dari tepi sungai. Perjalanan kapal ini juga akan melewati Marlion. Sambil menikmati perjalan kapal Anda juga akan diberi penjelasan oleh guide berkenaan dengan sungai ini dan sekilas mengenai sejarah beberapa jembatan yang melintas di sungai ini.

Ini hanya sebagian kecil dari tempat-tempat menrik yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Singapore. Selamat berpetualang.

Sumber : http://forum.detik.com
Read More>>

Monday, July 30, 2012

Museum House of Sampoerna

,

Museum House of Sampoerna merupakan gedung megah nan anggun bergaya kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1858 dan saat ini telah menjadi situs bersejarah yang patut untuk terus dilestarikan.

Awal mulanya gedung ini digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Pada 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, yakni untuk tempat produksi rokok pertama Sampoerna.

Gedung inipun masih berfungsi sebagai tempat produksi salah satu produk rokok bergengsi di Indonesia yakni Dji Sam Soe. Pada peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna yakni di tahun 2003, kompleks utama telah direnovasi hingga akhirnya terbuka untuk umum.

Auditorium sentral dalam bangunan ini telah dijadikan museum dan di bagian timurnya telah diubah menjadi kafe, kios merchandise dan galeri seni. Sedangkan, bangunan sisi barat tetap menjadi rumah tinggal keluarga pendirinya. 

Museum House of Sampoerna adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bilamana kita berkunjung ke surabaya untuk wisata. Museum ini selain sarat akan nilai sejarah, seni, budaya, juga mampu memberikan kenyaman yang istimewa kepada pengunjungnya. Ketika anda berada di museum ini maka kesan Surabaya sebagai kota panas, berdebu, atau bising akan hilang. Suasana House of Sampoerna amat nyaman, seakan mampu untuk mengajak kita kembali di kemudian hari. 

Selain mengkoleksi benda-benda penting dalam sejarah rokok Sampoerna dan berbagai koleksi kesenian, di museum ini kita bisa bersantai sambil menikmati kopi di The Cafe yang anggun. Dan tidak sebagaimana layaknya tempat wisata umumnya, di museum ini tidak ditarik biaya untuk masuk dan untuk menikmati kenyamanan, keanggunan, dan semua kemewahan yang ada disini...biaya masuk gratis...SAMPOERNA GITU LHOHHHH.

Disamping itu House of Sampoerna juga menyediakan layanan tur keliling kota Surabaya dengan menggunakan sebuah bus, dalam tur ini pengunjung museum dibawa berkeliling kota Surabaya Lama semisal Tugu Pahlawan, Balai Kota, Pecinan, Kampung Arab, dll. Tour ini disebut Surabaya Heritage Tour, sedangkan untuk mengikuti tour ini pengunjung hanya perlu mendaftar pada petugas - TANPA di pungut biaya sepeser pun alias GRATIS lagi! :) tour ini diadakan setiap hari Selasa sampai hari Minggu, setiap hari ada tiga tur yang membawa pengunjung menikmati budaya kota Surabaya yaitu antara jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB.

Di tahun 2011, majalah National Graphic Traveler Indonesia mengadakan riset tentang museum terfavorit di Indonesia, yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu museum sejarah, museum iptek, dan museum seni budaya. dari tiga kategori tersebut, House Of Sampoerna berada di urutan nomor satu untuk kategori Museum Seni dan Budaya, dan hal ini memang sewajarnya bila museum ini memperoleh predikat itu.

Seperti diulas di paragraph awal, museum sejarah Sampoerna ini menempati bangunan kuno dua lantai buatan tahun 1858 di kawasan Surabaya Lama. Liem Seeng Tee [pendiri Sampoerna], membelinya pada tahun 1932 untuk rumah keluarga dan pabrik pertama.

Ketika pintu kayu gedung utama dibuka maka anda akan merasakan sambutan sejuknya kolam ikan koi yang kontras dengan hawa Surabaya yang panas. Kepiawaian pemandu mengajak kita menikmati koleksi beralur searah jarum jam di tiga ruang; dari replika warung pertama Liem Seeng Tee, sepeda onthel untuk jualan arang yang dibeli Liem Seeng Tee dengan uang hasil menabung sejak usia 11 tahun (yang diperoleh dari menjadi asongan di kereta); beralih ke ruang kedua dimana terdapat jejak para buruh pabrik yang unjuk prestasi lewat Marching Band Sampoerna.

Deail sangat diperhatikan, seperti penataan ruang, pencahayaan, dll. di lantai dua, toko cendera mata menawarkan kriya khas Jawa Timur. Paviliun keluarga Budi Sampoerna kini jadi Art Gallery bagi karya seniman terkemuka yang diseleksi ketat agar seniman lain bisa belajar. Gedung art deco rumah tinggal utama keluarga Sampoerna kini jadi The Cafe. suasana dalam The Cafe sangat nyaman, ditambah lagi penataan ruang yang anggun dan dekorasi yang pas membuat kita betah berlama - lama disini. The Cafe menyediakan wisata kuliner yang menarik. di sini terdapat paduan menu khas Indonesia, Asia, dan Eropa. bebrapa menu di The Cafe House of Sampoerna antara lain yaitu Wedang Kayu Manis (minuman hangat kayu manis, jahe, sereh, daun jeruk, dan gula jawa), Surabaya Sunrise (lemon, orange, mango concentrate, dan soda), Nasi Goreng Soka (kepiting), Asam-asam Iga, Nasi Goreng XO, Sob Buntut Goreng, dll. oh ya, jika anda berkunjung ke sini pada hari jum'at atau sabtu, anda akan dihibur alunan lembut live musik Jazz yang diadakan di The Cafe antara jam 19.00 sampai jam 22.00.

The House of Sampoerna, disamping terasa sangat nyaman dan mampu menarik perasaan pengunjung untuk mengunjunginya lagi di waktu mendatang, juga kita bisa belajar dari pendiri sampoerna bahwa dengan kerja keras pantang menyerah maka seorang bocah asongan bisa menjadi konglomerat ternama di Indonesia.
Silahkan berkunjung ke museum House of Sampoerna bila anda berkesempatan wisata ke surabaya.
Read More>>

Sunday, July 29, 2012

Masjid Cheng Ho Surabaya

,

Masjid Cheng Hoo Surabaya merupakan sebuah Masjid bercorak Muslim Tionghoa, terletak di jalan Gading, Ketabang – Genteng Surabaya, kurang lebih sekitar 1km sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya.
Masjid bernuansa Tionghoa ini didirikan atas prakarsa dan usaha sesepuh, penasehat, pengurus PITI dan juga pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. 

Peletakan batu pertama pada tanggal 15 Oktober 2001 yang bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW namun pembangunannya sendiri baru dimulai pada tanggal 10 Maret 2002 yang kemudian di resmikan pada 13 Oktober 2002. 

Masjid Cheng Ho Surabaya ini bangunannya menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma) dan berada di area komplek gedung serba guna Pembina Imam Tauhid Islam (PITI) Jatim Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa) Surabaya. 

Cat Masjid ini sangat dominan oleh warna merah, hijau, dan kuning. Sedangkan Ornamen baik didalam maupun luar sangatlah kental dengan nuanta Tiongkok lama. Pintu masuknya mirip dengan bentuk pagoda, ditambah lagi dengan adanya relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Alloh dalam huruf Arab di puncak pagoda. Disebelah kiri bangunan dilengkapi dengan sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid. 

Disamping kental dengan arsitektur khas Cina, namun juga merupakan penggabungan dari bangunan "Joglo" Jawa. Hal ini pula menunjukkan adanya percampuran budaya antara budaya Cina dan budaya Jawa yang telah terjalin sejak dahulu kala. Nama Masjid Cheng Ho diambil dari nama Laksamana Cheng Ho, yaitu seorang panglima besar muslim dari Cina.. 

Kenapa dinamakan Masjid Cheng Ho? 

Dinamakan seperti ini adalah sebagai bentuk penghormatan warga Tionghoa pada Laksamana Cheng Ho, seorang panglima besar asal Cina yang beragama Islam. Dalam perjalanannya di kawasan Asia Tenggara, si panglima ini bukan hanya sekedar berdagang, namun juga menjalin persahabatan untuk menyebarkan agama Islam. 

Sekitar abad ke 15 pada masa Dinasti Ming (1368 – 1643), pedagang pedagang Tionghoa Tionghoa dari daerah Yunnan berdatangan untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam terutama di pulau jawa. Kemudian Laksamana Cheng Ho atau Admiral Zhang Hee atau yang dikenal pula dengan nama Sam Poo Kong atau Pompu Awang lengkap dengan armada kebesarannya datang ke pulau jawa pada tahun 1410 dan tahun 1416 mendarat di pantai Simongan Semarang. Disamping itu, dia datang ke pulau jawa adalah sebagai utusan Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi raja majapahit sekaligus bertujuan untuk menyebarkan agama Islam. 

Nah untuk mengenang perjuangan dan dakwah Laksamana Cheng Hoo, disamping warga Tionghoa muslim juga ingin memiliki sebuah masjid dengan gaya Tionghoa, maka diresmikanlah masjid ini pada tanggal 13 Oktober 2002. 

Masjid Cheng Hoo ini bisa menampung kurang lebih 200 jama'ah, dengan luas banyungan utama 11 x 9 meter persegi. Masjid Muhammad Cheng Hoo juga memiliki 8 sisi dibagian atas bangunan utama. Ketiga ukuran atau angka itu ada maksudnya. Sebagai mana layaknya etnis Tionghoa, maka pemilihan angka diatas adalah bertujuan untuk memberi makna yakni angka 11 untuk ukuran Ka’bah saat baru dibangun, angka 9 merupakan lambang Walisongo, dan angka 8 melambangkan Pat Kwa atau keberuntungan/ kejayaan dalam bahasa Tionghoa. 

Sangat menarik kan Masjid Cheng Ho ini? silahkan anda kunjungi bila berkesempatan ke surabaya.
Read More>>

Monumen Bambu Runcing Surabaya

,

Monumen Bambu Runcing ~ sepotong bambu yang diruncingkan ujungnya adalah identik dengan salah satu senjata tradisional di era perang kemerdekaan yang digunakan oleh tentara Indonesia dalam pertempuran melawan kolonialisme Belanda terutama pada perang 10 Nopember 1945. Pada masa perang tersebut, sepotong bambu yang diruncingi ujungnya atau laksana tombak digunakan untuk menusuk musuh. Kenapa harus bambu runcing? Hal ini dibuat berkaitan dengan terbatasnya senjata modern yang ada, disamping itu juga untuk menunjukan betapa tinggi semangat di antara para prajurit sebagai warga sipil Indonesia. 

Untuk memperingati patriotisme itulah maka Monumen Bambu Runcing ini dulu dibangun, dan dipilih diletakkan di jalan Panglima Sudirman. Monumen ini merupakan ikon pariwisata kota Surabaya yang berhubungan dengan situs sejarah perjuangan bangsa. Monumen ini terdiri dari 5 pilar dengan tinggi masing masing yang tidak sama dan dibentuk seperti bambu runcing. Pada saat tertentu, terdapat air yang mengalir keluar dari bambu runcing bagaikan air mancur. Disamping itu sekitar area monumen ini dikelilingi oleh taman kecil yang penuh dengan aneka ragam tumbuhan hias. 

Monumen ini berada tepat di jantung kota Surabaya, di tengah ramainya lalu lintas jalan Panglima Sudirman. Anda yang berkunjung ke Surabaya akan langsung mengenali keberadaan monumen ini saat melintasinya. Disamping itu monumen bambu runcing ini letaknya juga dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, Tunjungan Plaza, Surabaya Plaza dan Tugu Pahlawan Surabaya.
Read More>>

Saturday, July 28, 2012

Wisata Jembatan Suramadu

,

Jembatan Suramadu ~ Sungguh indah dan megahnya yang membentang menghubungkan surabaya dengan pulau madura ini ketika kita lihat dari kejauhan, seakan awan mendung menyelimutinya sehingga jembatan ini bertambah elok. Hingga wajar bila banyak wisatawan manca dan domestik yang mengunjunginya di akhir pekan.

Tak heran bila jembatan Suramadu ini menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya Madura khususnya dan masyarakat Indonesia umummya. Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Jawa (surabaya) melalui Selat Madura dengan pulau Madura tepatnya di pelabuhan Kamal Madura.

Jembatan ini merupakan yang terpanjang di Indonesia untuk saat ini, mempunyai panjang 5.438 m dan lebar 30 m. Tujuan pembangunan Jembatan Suramadu adalah untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi dikawasan sekitar, pembangunan pulau Madura dan juga pariwisata jawa timur.

Bila anda ingin menikmati pemandangan Jembatan Suramadu dari kejauhan bisa menggunakan kapal wisata. Bila anda ingin menikmati pemandangan dari dekat maka anda bisa dengan melaluinya langsung.

Pada bahu jalan disisi kiri dan kanan terdapat pedagang pedagang yang berjualan berbagai macam khas madura. Bila anda ingin berbelanja sekedar untuk oleh-oleh bagi keluarga, telah tersedia berbagai macam souvenir seperti, clurit, pecut, gelang, kalung dll, juga terdapat baju kaos khas madura, batik, maupun makanan kecil rujak cingur dan masih banyak lagi berbagai macam makanan khas madura, disamping itu juga tersedia pula minuman es degan atau es kelapa, coca cola, fanta dan minuman mineral. Selamat berwisata menikmati pemandangan dari Jembatan Suramadu.
Read More>>

Wisata Lumpur Lapindo

,

Wisata lumpur lapindo ~ Dibalik bencana selalu ada hikmah yang bisa diambil, malah sekarang sepertinya menjadi trend untuk mengunjungi daerah yang tertimpa musibah. Wisata bencana merupakan salah satu tipe wisata yang kini menjadi hal yang lumrah dan seolah bukan merupakan hal yang tabu lagi. Lihat saja setiap ada bencana yang bisa dijangkau, pasti akan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang hanya datang untuk sekedar melihat saja, mulai dari bencana alam hingga kecelakaan pesawat yang berada tinggi di atas gunung pun pasti akan dikunjungi oleh masyarakat asal masih bisa di jangkau. 

Dengan mengunjungi lokasi kejadian bencana seolah kita diasah untuk bersimpati pada kelompok masayarakat yang menjadi korban. Salah satu diantaranya adalah musibah Lumpur Lapindo yang sangat dimungkinkan karena kesalahan prosedur kerja saat ini juga menjadi salah satu obyek wisata bencana di Jawa Timur yang berlokasi di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. 

Salah satu lokasi dimana anda bisa menyaksikan danau lumpur terbesar didunia ini adalah di bagian yang mana lumpur memotong jalan tol Surabaya - Gempol. Tempat ini seakan dikelola sebagai tempat wisata lumpur lapindo oleh masyarakat sekitar, anda cukup membayar jasa parkir mobil maupun bisa juga berkeliling area danau dengan menggunakan ojek sepeda motor dengan biaya sebesar 15~20 ribu, dan tukang ojek akan mengajak berkeliling menyusuri tepian danau dan menuju tempat pipa keluar ke sungai Brantas. Saat berkeliling dengan diantar tukang ojek, anda juga bisa bisa menyaksikan rumah-rumah yang tenggelam oleh lumpur.

Sungguh suatu bencana yang memilukan, disaat kecil kita sering dan senang bermain lumpur di pinggir sungai atau sawah namun di daerah ini sangatlah berbeda. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah Lumpur yang menenggelamkan puluhan ribu rumah dan juga menenggelamkan banyak kisah dan cerita. Saat ini, yang tersisa hanya lumpur dan objek wisata yakni melihat tempat wisata lumpur lapindo

Read More>>

Tempat Wisata Surabaya

,

Tempat Wisata Surabaya atau obyek wisata di kota yang terkenal dengan patung Sura dan Buaya ini sangatlah banyak. Apalagi mengingat bahwa kota ini merupakan kota tua yang telah berdiri sejak zaman kerajaan dulu kala yang bernama ujung galuh. Selain itu, kota ini merupakan kota metropolitan yang terkenal sebagai pusat bisnis, perdagangan dan Industri yang dihuni oleh multi etnis, suku dan warga negara asing pun banyak disini maka tak heran bilamana surabaya mempunyai aneka ragam budaya dan tentunya juga geliat kehidupan yang seakan tak pernah berhenti baik siang maupun malam.

Beraneka ragam obyek/tempat wisata surabaya yang tentunya sangat menarik sebagai tujuan liburan sekeluarga. Dan bagi anda yang mau berkunjung ke kota pahlawan ini maka berikut daftar tempat wisata surabaya, dan masing masing akan dijelaskan di artikel yang terpisah. 

  1. Balai Kota
  2. Waterpark Citra Raya
  3. Festival Rujak Uleg 
  4. Gedung Grahadi 
  5. Gedung PTPN Surabaya 
  6. House of Sampoerna 
  7. Jalan Tunjungan
  8. Jembatan Merah 
  9. Petekan 
  10. Jembatan Suramadu 
  11. Kebun Binatang Surabaya 
  12. Kelenteng Hong Tiek Hian 
  13. Kembang Jepu
  14. Klenteng Sanggar Agung 
  15. Wisata Lumpur Lapindo 
  16. Masjid Al Akbar 
  17. Masjid Ampel 
  18. Masjid Cheng Ho
  19. Monumen Bambu Runcing 
  20. Monumen Gubernur Suryo 
  21. Monumen Jalesveva Jahamahe 
  22. Monumen kapal selam 
  23. Museum kesehatan 
  24. Museum Loka Jala Srana 
  25. Museum Mpu Tantular 
  26. Museum WR Soepratman 
  27. Pantai Kenjeran 
  28. Pasar Anggrek 
  29. Pasar Buah Peneleh 
  30. Pasar Bunga Bratang 
  31. Pasar Bunga Kayoon 
  32. Pasar Genteng Pasar Turi 
  33. Patung Budha Empat Wajah 
  34. Patung Joko Dolog 
  35. Pelabuhan traditional Kalimas 
  36. Pura Jagat Karana 
  37. Rumah Batik 
  38. Taman bungkul 
  39. Tugu Pahlawan 
Semoga daftar tempat wisata surabaya diatas berguna bagi anda yang mau berkunjung ke kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. 
Read More>>

Selamat Datang Di Surabaya

,

Pernahkah anda ke jawa timur dan apa yang anda ingat mengenai jawa timur? Tentu saja kota Surabaya kan?

Surabaya memang mudah diingat karena merupakan ibukota propinsi Jawa Timur dan sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduknya yang lebih dari 3 juta orang, menjadikan kota ini sebagai kota Metropolis dengan beraneka ragam budaya. Disamping itu tentu saja kota ini menjadi salah satu pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia.

Nama Surabaya, sesuai dengan etimologinya, berasal dari dua kata yakni Sura ata Suro dan Baya atau Boyo, dalam bahasa Jawa. Suro adalah jenis ikan hiu, sedang boyo adalah istilah bahasa jawa untuk buaya. Menurut mitos, dua hewan ini merupakah hewan paling kuat yang juga menjadi simbol kota Surabaya sampai saat ini. Disamping itu ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa nama Surabaya juga diambil dari istilah Sura Ing Baya, yang berarti "berani menghadapi bahaya".

Surabaya merupakan pelabuhan utama dan pusat perdagangan komersial di wilayah timur Indonesia, dan sekarang menjadi salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Seperti Jabodetabek di Jakarta dan sekitarnya maka Surabaya juga mempunyai daerah pendamping yakni Lamongan di barat laut, Gresik di barat, Bangkalan di timur laut, Sidoarjo di selatan, Mojokerto dan Jombang di barat daya menjadi kesatuan yang dinamakan Gerbang Kertosusila.

Suhu udara di Surabaya tergolong panas dan kering karena berada di tepi pantai utara Jawa timur, dan berbatasan langsung dengan Selat madura di utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di selatan, dan Kabupaten Gresik di barat. Disamping itu hal lain yang menyebabkan kota ini panas adalah karena terletak didataran rendah, yakni hanya antara 0-6 M di atas permukaan laut.

Sebagai ibukota provinsi, Surabaya juga merupakan rumah bagi banyak kantor dan pusat bisnis. Perekonomian Surabaya juga dipengaruhi oleh pertumbuhan baru dalam industri asing dan beberapa segmen industri yang akan terus berkembang, terutama dalam hal properti, dimana gedung pencakar langit, mall, plaza, apartemen dan hotel berbintang akan terus terbangun setiap tahunnya.

Surabaya kaya akan beraneka ragam budaya karena dihuni oleh multi etnis dan juga suku bangsa, diantaranya adalah Tionghoa, suku Jawa, Batak, Madura, Bali, Bugis, Sunda dan lain lain. Disamping itu juga banyak warga negara asing yang tinggal disini seperti Malaysia, Cina, India, Arab, Afrika, Amerika maupun Eropa.

Bahasa keseharian banyak menggunakan bahasa jawa dengan dialek khas Suroboyoan yakni memiliki intonasi yang dalam dan tinggi, dan terkesan keras. 

Walaupun kota ini banyak dipengaruhi oleh beraneka ragam budaya, namun keaslian budayanya masih terus hidup dan berkembang hingga saat ini. Aneka ragam kebudayaan asli tersebut bisa dilihat dari berbagai acara seperti, kesenian wayang, ludrug, tari remo dan kebudayaan khas Jawa lainnya. 

Dari sisi wisata, maka kota ini sarat akan sejarah masa lampau, mulai dari zaman kerajaan hingga jaman kemerdekaan dan setelahnya. Surabaya juga dikenal sebagai kota tujuan pendidikan karena ada 2 universitas besar yakni UNAIR dan ITS. Disamping itu Surabaya terkenal akan wisata kuliner nya juga yang selalu dicari oleh wisatawan yang datang, seperti: rujak uleg, rawon, nasi bebek, kupang lontong, longtong balap, dan lain lain.

Bilamana anda berniat untuk wisata, silahkan anda kunjungi artikel Tempat Wisata Surabaya ini.
Read More>>

Friday, July 27, 2012

Pantai Karang Bolong Banten

,

Pantai Karang Bolong, sesuai dengan namanya maka pantai ini memiliki sebuah karang berlobang besar yang teronggok di pinggir laut. Karang bolong menjadi salah satu tujuan wisata yang favorit di kawasan pantai Anyer. Bilamana cuaca sedang cuaca ceria tak berawan, maka samar-samar akan terlihat bayangan Gunung Krakatau yang menjulang berdiri kokoh ditengah lautan.

Pantai Karang bolong jaraknya sekitar 50 km dari Kota Serang, dan sekitar 16 Km dari Pantai Carita Banten, atau sekitar 140 km dari Jakarta dimana anda bisa menempuhnya melalui Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong. Letak pantai ini yang berada dipinggiran jalan sangatlah memudahkan para pelancong untuk menemukan pantai ini, bilamana anda dari Jakarta maka anda tinggal keluar melalui pintu tol Cilegon Timur kemudian dilanjutkan ke arah selatan menyusuri jalan Raya Anyer. 

Anda dapat menginjakkan kaki di pantai yang berpasir putih dan memandang pesona laut lepas, sambil menikmati kelapa muda merupakan atraksi yang dapat anda nikmati. Ticket masuk ke objek wisata Karang Bolong cukup murah, dengan hanya membayar Rp. 5.000 / orang atau Rp. 250.000 / bis (60 penumpang) maka anda sudah dapat berjalan-jalan di sekeliling pantai, naik ke karang bolongnya menikmati panorama laut, maupun hanya sekedar tidur-tiduran di tikar di pinggir pantainya sambil makan otak2 dan udang goreng tepung.

Pantai Karang Bolong juga dilengkapi dengan pondok peristirahatan, taman bermain anak, kolam renang, maupun aktifitas pantai banana boat. Untuk menaiki banana boat, Anda bisa menawarnya dengan harga Ro. 20.000,- per orang. 

Bila anda ingin menginap, maka juga terdapat penginapan berupa villa dengan tarif berkisar antara Rp. 400.000,- – Rp. 800.000,- per malam tanpa makan. Bila ingin lebih murah juga terdapat penginapan dengan harga cukup miring yakni kisaran Rp. 180.000,- dan Anda bisa berbagi sampai 4 orang teman anda. 

Selamat berwisata di Pantai Karang Bolong Banten
Read More>>

Cara Booking Hotel Via Internet di Agoda

,

Bagi Anda yang masih kesulitan dengan tata cara melakukan pemesanan kamar atau reservasi hotel di Agoda, berikut ini langkah-langkahnya. visit dulu website agoda berikut ini: www.agoda.com
Yang pertama, isi form reservasi yang sudah tersedia sesuai dengan data yang diminta. Untuk tanggal check-in dan check-out serta jumlah orang wajib diisi. Namun untuk kota dan nama hotel, apabila belum pasti, bisa dikosongi dulu.
Sebagai contoh, di sini kami isikan semua data yang diminta.
Isi Form Reservasi
Isi Form Reservasi
Klik tombol Find Hotels jika sudah.
Anda akan dibawa masuk ke dalam situs Agoda. Apabila data hotel Anda kosongi, maka yang tampil adalah daftar seluruh hotel yang ada di kota atau negara yang bersangkutan. Anda bisa memilih dan melihat informasi detil mengenai salah satu hotel dengan mengklik nama hotel tersebut.
Apabila data hotel diisi pada form reservasi, maka yang muncul adalah informasi spesifik mengenai hotel yang bersangkutan, termasuk harga kamar, ketersediaan kamar, foto, serta review mengenai hotel tersebut.
Info Hotel
Info Hotel
Untuk melakukan pemesanan, klik pada tombol Book It di sisi kanan tipe kamar yang Anda inginkan.
Info Ketersediaan Kamar
Info Ketersediaan Kamar
Anda akan masuk ke dalam form online booking. Apabila Anda sudah pernah menggunakan layanan Agoda sebelumnya, lakukan login terlebih dahulu agar reward Anda untuk pemesanan kali ini ditambahkan ke saldo reward Anda sebelumnya.
Form Online Booking
Form Online Booking
Isi semua data yang diminta, termasuk metode pembayaran, lalu tekan tombol Continue jika sudah.
Apabila Anda belum login atau belum punya akun di Agoda, Anda akan diminta untuk mengisi data Anda terlebih dahulu.
Form Data Diri
Form Data Diri
Tekan tombol Continue jika sudah.
Tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih. Berhubung tampilannya berbeda sesuai dengan opsi yang dipilih, screenshot sengaja tidak kami berikan. Nantinya, jika Anda sudah melakukan pembayaran dan sukses alias tidak ada masalah, maka dalam waktu kurang dari lima menit biasanya Anda sudah akan mendapatkan kode booking atau voucher yang dikirimkan ke email Anda. Kode booking atau voucher ini dapat dicetak dan diberikan ke pihak hotel nanti pada saat Anda melakukan check-in. Gampang, bukan?
Oh ya, ada kemungkinan kode booking butuh waktu lebih lama untuk terkirim. Biasanya berkaitan dengan proses verifikasi pembayaran Anda. Namun dari pengalaman kami selama ini menggunakan Agoda, baik melalui Paypal maupun kartu kredit, email voucher selalu terkirim dalam waktu kurang dari 5 menit.
Selamat menginap! :)

sumber: http://pesankamar.net/cara-melakukan-reservasi-di-agoda.htm
Read More>>

Thursday, July 26, 2012

Tempat Wisata Bandung

,

Tempat Wisata Bandung ~ Siapa yang tak tau akan bandung??? Kota ini merupakan surganya para pelancong dari seluruh Indonesia. Boleh dikata hampir semua di punya oleh kota ini kecuali pantai. Namun beragam tempat wisata di bisa anda temukan di kota ini, tak heran bila di akhir pekan kota ini dipenuhi oleh beraneka plat mobil dari berbagai kota khususnya warga jakarta. Kota kembang ini memang di anugrahi karunia sebagai tempat bersantai ria dan liburan dengan nyaman.

Tempat Wisata Bandung Serba ada.
Susah untuk mencari apa yang tidak ada di kota kembang bandung ini. Misal Pendidikan, kampus ITB sudah sangatlah cukup memberikan limpahan ilmu bagi yang ingin berkunjung ke kampus yang penuh dengan aktifitas para penuntut ilmu yang beraneka ragam dan ditunjang oleh suasana lingkunganya yang asri. Bila anda mau berwisata religi pun maka Masjid Salman maupun pesantren pesantren yang dikelola oleh kyai atau guru mumpuni pun juga banyak bertebaran di di bandung.

Bahkan sampai wisata seks pun telah menjadikan kota ini juga terkenal di seantero penggemar wisata ini. Janganlah anda tanya dimana bisa mendapatkan gadis gadis atau pemuda pemuda yang menjajakan raga mereka pada kesenangan duniawi semata. Bagaimana kualitas nya??? Jangan pula ditanya, gadis gadis sunda memang mendapatkan karunia sebagai gadis gadis cantik...ibarat dikata berjalan di gang tikus pun anda akan bertemu gadis cantik.

Tentunya Anda butuh waktu beberapa hari untuk bisa menjelajahi tempat wisata bandung ini. Mulai dari bandung utara, selatan, timur, barat, hingga bandung kota. bandingkan dengan kota anda sendiri, butuh berapa jam kah untuk menelusuri tempat wisata di kota anda?

Anda pun bisa melakukan wisata studi banding sebelum memulai membuka usaha kecil menengah karena para pebisnis bandung biasanya tidak sungkan untuk berbagi ilmu dengan anda. Anda bisa melihat bisnis distro, factory outlet, beraneka pakaian, makanan dll semua serba ada di kota yang mendapat julukan Paris Van Java selain sebagai kota kembang.

Tak heran bila tempat wisata bandung bisa terkenal di seantero nusantara. Apalagi tipikal orang di kota ini adalah penuh dengan beragam manusia yang tak pernah kehilangan selera untuk berkreasi. Memang bandung seolah diberkahi oleh Alloh sebagai kota dimana penghuninya banyak yang cerdas yang seakan tidak mau tinggal diam dalam melihat keadaan sekitarnya.

Memang tempat wisata bandung sebanyak itu??? Ya begitulah. Anda harus sediakan cukup waktu, energi dan tentu saja dana untuk menelusuri seluruh tempat wisata di kota kembang ini, yang penuh dengan taman cantik nan indah dan tentu saja sangat sejuk.

Berikut beberapa daftar (masih banyak yang belum dituliskan) mengenai daerah wisata di kota kembang Paris Van Java.

Tempat-tempat wisata Bandung Kota: 

  1. Taman Makam Pahlawan – Cikutra Bandung
  2. Museum Geologi – Jl Diponegoro
  3. Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat)
  4. Lapangan Gasebu (Gabungan Sepakbola Bandung Utara)
  5. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat – Jl. Dipatiukur
  6. Kebun Binatang Bandung – Jl. Tamansari
  7. Taman Ganesha – Jl. Ganesha
  8. Taman Lansia – Jl. Cisangkuy
  9. Taman Kantor Pemerintah Kota Bandung
  10. Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga
  11. Pusat Perbelanjaan Jins – Jl. Cihampelas
  12. Pusat Perbelanjaan Pasar Baru – Jl. Otto
  13. Pusat Perbelanjaan Kings Plaza – Jl. Kepatihan
  14. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut – Jl. Cibaduyut
  15. Pusat Factory Outlet Jalan Riau dan Jalan Dago
  16. Monumen Hussein Sastranegara – Jl. Pajajaran 
  17. Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung 
  18. Taman Kota Bandung – Jl. Merdeka 
  19. Taman Ade Irma Suryani Nasution (Taman Lalu Lintas) – Jl. Sumatera 
  20. Museum Mandala Wangsit Siliwangi – Jl. Lembong 
  21. Museum Konferensi Asia Afrika – Jl. Asia Afrika 
  22. Alun-alun dan Masjid Agung – Jl. Asia Afrika 
  23. Museum Sri Baguda – Jl. Lingkar Selatan 
  24. Monumen Bandung Lautan Api – Jl. M. Toha 
  25. Taman Tegalega – Astana Anyar
Tempat wisata Bandung Utara
  1. Taman Budaya Dago – Dago 
  2. Curug Dago – Dago 
  3. Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang 
  4. Curug Omas – Taman Wisata Maribaya 
  5. Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata – Lembang 
  6. Arena Pemancingan Bonita – Lembang 
  7. Teropong Bintang Bosscha – Lembang 
  8. Wisata Lembang – Bandung 
  9. Alam Jalur Alternatif Lembang-Dago 
  10. Vila Istana Bunga – Cihideung Lembang 
  11. Taman Hutan Jaya Giri – Lembang 
  12. Situ Lembang – Lembang
  13. Bumi Perkemahan Cikole
  14. Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu
  15. Kawah Upas – Gunung Tangkuban Parahu
  16. Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu
  17. Perkebunan Teh Subang – Jawa Barat
  18. Pemandian Air Panas Ciater 
  19. Taman Bunga Cihideung – Jl. Sersan Bajuri 
  20. Spirit Camp & Sahabat Alam – Jl. Sersan Bajuri
  21. Taman Bunga Parongpong
  22. Kebun Strawbery Parongpong
  23. Curug Cimahi – Cisarua 
Tempat wisata Bandung Selatan
  1. Wisata Petik Strawbery – Ciwidey 
  2. Soreang Jalur Utama Bandung-Ciwidey 
  3. Ciwidey dan Alam Bandung Selatan 
  4. Jalan Mendaki ke Kawah Putih 
  5. Kawah Putih Gunung Patuha – Ciwidey 
  6. Bumi Perkemahan Ranca Upas – Ciwidey 
  7. Penangkaran Rusa Ranca Upas – Ciwidey
  8. Pemandian Air Panas Walini – Ciwidey
  9. Kolam Renang Air Panas Cimanggu
  10. Perkebunan Teh Rancabali – Ciwidey
  11. Telaga/Situ Patengan Ciwidey
  12. Perkebunan Teh Gambung – Ciwidey
  13. Perkebunan Sayur – Pangalengan
  14. Situ Cipanunjang – Pangalengan
  15. Situ Cileunca – Pangalengan
  16. Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat 
Tempat wisata Bandung Barat
  1. Leuwi Opat Curug Tilu – Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong
  2. Monumen Taman R.A. Kartini – Baros Cimahi
  3. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan – Padalarang
  4. Perbukitan Karst/Kapur Citatah – Padalarang
  5. Lembah Cimeta Citarum Purba – Padalarang
  6. Alam Persawahan Padalarang-Cianjur
  7. Situs Megalit Gunung Padang (terbesar se-Asia Tenggara)
  8. Waduk Ciburuy – Padalarang 9. Waduk/Bendungan Saguling – Jawa Barat
  9. Pemandian Air Cipanas – Jawa Barat
  10. Gua Pawon – Jawa Barat
  11. Gua Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat
  12. Arung Jeram Citarum
Tempat wisata Bandung Timur
  1. Saung Angklung Mang Udjo – Padasuka 
  2. Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik
  3. Warung Bandrek “Warban” Sekejolang – Ciburial
  4. Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang 
  5. Oray Tapa – Pegunungan Manglayang
  6. Curug Cinulang/Sindulang – Cicalengka
  7. Situs Kerajaan Kendan – Nagrek
  8. Situs Legenda Ciung Wanara – Karangkamulyan 
Tempat wisata sekitar Bandung
  1. Candi Cangkuang dan Situ Cangkuang – Garut
  2. Rumah Adat Kampung Pulo – Garut
  3. Situ Bagendit – Garut
  4. Kawah Kamojang – Majalaya
  5. Wisata Alam Nagrek-Tasik-Banjar-Pangandaran
  6. Masjid Agung dan Alun-Alun Ciamis
  7. Agrowisata Lembah Putri – Pangandaran
  8. Goa Donan – Pangandaran
  9. Pantai Karang Nini – Pangandaran
  10. Pantai Timur Pangandaran
  11. Pantai Barat Pangandaran
  12. Cagar Alam Pananjung Pangandaran
  13. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi
  14. Pantai Pelabuhan Ratu – Sukabumi
  15. Pantai Cimaja Cikakak – Sukabumi (surfing)
  16. Pantai Karang Pakpak – Sukabumi (surfing) 
  17. Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi (surfing)
  18. Pondok Halimun – Sukabumi
  19. Curug Cibereum – Sukabumi
  20. Curug Pareang – Sukabumi
  21. Situ Gunung – Sukabumi 
  22. Curug Cikaso – Sukabumi
  23. Air Panas Cisolok – Cipanas
  24. Obyek Wisata Cibangban – Jawa Barat
Dari daftar diatas, cukupkah waktu seminggu untuk mengunjungi Tempat Wisata Bandung?
Read More>>

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa

,

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa? Sadarkah anda bahwa disaat bulan puasa bau mulut kita akan menjadi lebih tak sedap dibandingkan bila kita tidak sedang melakukan ibadah puasa? 

Hal ini tentunya akan membuat rasa PD kita menurun bila kita berkumpul dengan rekan kerja, teman di sekolah maupun dirumah. Memang ada riwayat yang menyatakan, bahwasanya bau mulut orang puasa itu jauh lebih wangi (di hadapan Allah SWT) dari minyak kasturi. Namun walaupun begitu, sebagian dari kita justru merasa tidak nyaman dengan bau mulut yang menyengat ketika menjalankan ibadah puasa. 

Bilamana anda ingin mengurangi bau mulut tak sedap saat puasa, maka berikut beberapa tips yang bisa anda praktekkan dirumah agar bau mulut Anda bisa menjadi lebih segar dan wangi sepanjang puasa ramadhan. 
  1.  Jaga kebersihan gigi dan lidah dari sisa2 makanan setelah sahur, setelah berbuka, maupun ketika akan tidur malam dengan jalan gosok gigi dan berkumur. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur. 
  2. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  3. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur. Dan usahakan untuk minum air putih setelah kita gosok gigi setelah sahur. 
  4. Perlu mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Semangka, melon, bangkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.
  5. Kurangi kebiasaan merokok anda dan bila perlu hindarilah. Kenapa? rokok bisa memperburuk kebersihan mulut disamping rokok itu sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  6. Bilamana ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kontrol kepada dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.
  7. Tentu saja anda harus menghindari makanan yang berorama tajam seperti bawang bombay, petai, jengkol, durian dll.
  8. Hindari juga makanan makanan yang mudah lengket pada gigi kita misalnya coklat, es krim, biskuit dan kue basah lainya. Bilamana anda ingin mengonsumsi makanan tersebut segera gosok gigi atau berkumur agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama.
Diatas adalah 8 tips bagaimana menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa yang bisa anda praktekkan sendiri. InsyaAlloh cara diatas akan membantu anda untuk jauh mengurangi bau tak sedap mulut. 

Semoga tips bagaimana menghilangkan bau tak sedap saat puasa diatas bermanfaat bagi anda.
Read More>>

Monday, July 23, 2012

VGMC Investasi Masa Depan yang sangat menjanjikan

,


VGMC atau Virgin Gold Mining Corporation merupakan sebuah investment company atau perusahaan investasi yang didirikan semenjak tahun 1999. Saat ini perusahaan yang juga sering disebut Virgin Gold Corp telah berkembang dengan pesat sebagai sebuah perusahaan investasi. Hal ini dibuktikan pula bahwa berdasarkan keterangan Mr Raducca sebagai relationship manager di bulan November 2011 saat acara gala dinner di Medan, bahwa investor VGMC telah mencapai 100,000 lebih yang tersebar di seluruh dunia, dan di bulan Juni 2012 jumlah investor melonjak drastis menjadi lebih dari 200,000 yang tersebar di 5 benua dan lebih dari 50 negara.

Apa yang menyebabkan perusahaan ini investor nya terus berkembang dengan pesat? Karena Sejak VGMC meluncurkan program investasi bagi investor global yang dimulai sejak January 2010 hingga sekarang belum ada satu pun keluh kesah bahwa dividend tidak dibayarkan maupun tidak adanya penarikan uang yang bermasalah. Pada dasarnya VGMC telah memberikan janji bukan hanya sekedar Janji Palsu saja. Di Indonesia saja, dalam waktu 2 tahun ini belakang ini telah muncul ratusan milyarder baru dan bahkan ada yang dari bonus saja bisa mendapatkan diatas US$ 100,000 perbulan dan belum lagi di tambah dividend bulanan yang dia dapatkan.

Apalagi saat ini dibawah kepemimpinan CEO Kenneth Elinger, misi visi perusahaan semakin mantap dan rencana rencana beberapa bulan kedepan selalu diumumkan ke investor, sehingga membuat investornya bisa merasa lebih aman dan nyaman. Anda ingin membaca company profile VGMC lebih lanjut? Silahkan baca di web promosi investor VGMC ini.
Read More>>

Sunday, July 22, 2012

Pulau Poveglia “Istana nya Para Hantu Italia”

,

Pulau Poveglia adalah pulau kecil yang terletak antara Venezia dan Lido di Lagoon Venezia di Italia. Menurut sumber, pulau ini tidak berpenghuni dan tertutup untuk umum karena sejarah yang sangat kelam.


Legenda Pulau Poveglia yang penuh misteri:

Pada tahun 1576, daerah italia mengalami wabah pes atau yang disebut dengan 'black plague'. Pada saat itu wabah ini sangatlah mematikan dan belum ada obatnya, ribuan mayat menumpuk yang mengakibatkan memburuknya lingkungan. Masyarakat italia saat itu kemudian menjadi panik, sehingga mereka membawa semua mayat-mayat ke Pulau Poveglia dan membakar mereka. Bahkan merekapun tak terbilang menggali lubang-lubang di Pulau untuk mayat-mayat. Dan yang Lebih mengerikan lagi, ketika hukum mulai dijalankan pada penderita pes. Saat hukum dijalankan tiap orang tidak peduli bayi, anak-anak, atau orang dewasa yang memiliki tanda-tanda pes akan diasingkan ke pulau ini untuk mati dalam penderitaan dan diperkirakan lebih dari 160.000 orang tewas mengenaskan di pulau poveglia ini.

Pada tahun 1922, sebuah rumah sakit jiwa dibangun di Pulau itu. Mitos mengatakan bahwa operator rumah sakit adalah seorang dokter gila yang jahat yang menggunakan pasien-pasiennya untuk bereksperimen. Konon, dokter tersebut melakukan eksperimen seperti lobotomy menggunakan alat seperti palu dan bor tangan manual. Selain karena tekanan dari dokter, pasien-pasien tersebut juga mendapat gangguan yang katanya berasal dari arwah gentayangan korban wabah pes tetapi tak ada yang percaya karena mereka sudah dianggap gila.

Konon, Setelah beberapa lama, dokter tersebut merasakan kehadiran arwah penasaran poveglia. Akhirnya dokter mulai melihat roh dirinya sendiri dan melompat (atau dilempar?) Dari menara lonceng kematiannya. Rumor menyebutkan mayat dokter itu ditanam (dibata) di menara tersebut.

Tak Ada Masyarakat Sekitar yang berani berkunjung ke Pulau Poveglia

Hingga saat ini, poveglia masih menjadi tempat yang sangat menyeramkan. Dan telah masuk dalam acara tv 'scariest place on earth'. Ada rumor yang mengatakan nelayan venesia tidak mau mencari ikan di daerah sini karena sering menemukan sisa-sisa mayat manusia. Selain itu, katanya sering terdengar suara lonceng dari menara padahal sudah tidak ada lonceng di sana..

Hayo ditunggu kapan mas Tukul Arwana dan team mau jalan jalan ke dunia lain ke Pulau Poveglia 

Foto foto Pulau Poveglia dan bangunan gedung tua

Read More>>

Sejarah Hotel Santika di Indonesia

,

PT. Grahawita Santika didirikan untuk mengelola bisnis perhotelan di bawah Kelompok Kompas Gramedia pada tanggal 22 Agustus 1981. Hotel Soeti adalah hotel pertama yang dibeli dari pemiliknya, Ibu Soetiyah Pudjosuwarno. Cikal bakal Hotel Santika ini terletak di Jalan Sumatra No. 52-54, Bandung. Pada tahun 1988, hotel sederhana dengan 33 kamar yang dibangun di area seluas 3.200 meter persegi ini direnovasi menjadi 70 kamar. Setelah renovasi tersebut selesai, hotel ini diresmikan sebagai Hotel Santika Bandung berbintang tiga oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi, Susilo Sudarman pada tanggal 27 Maret 1989. Hotel Santika Bandung inilah yang menjadi pelopor pendirian Santika Indonesia Hotels & Resorts.[1]
Latar belakang pendirian Hotel Santika ini disebabkan pembredelan harian Kompas pada tahun 1978. Oleh karena itu, para pendiri Kelompok Kompas Gramedia harus memikirkan diversifikasi unit bisnis di luar bisnis intinya sebagai media komunikasi. Mereka membuat rencana untuk mencegah pemecatan massal. Jika suatu hari harian Kompas akan dibredel kembali, masih ada anak perusahaan yang bisa menyokong karyawan mereka. Beberapa bisnis mulai dilakukan, termasuk diantaranya adalah industri perhotelan.
Pada awalnya, rencana pendirian sebuah hotel tidak disetujui oleh pihak manajemen, karena pada saat itu bisnis hotel dianggap memiliki konotasi yang negatif serta Return on Investment dinilai berjalan lamban. Bagaimanapun juga, Bapak Binawarna Sardjan, anggota Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia pada saat itu, bisa meyakinkan Ketua Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia, Bapak Indra Gunawan, untuk menyetujui rencana pendirian hotel. Berkat kegigihan dan kerja keras Bapak Binawarman Sardjan, maka Hotel Santika berhasil didirikan.
Beberapa tahun setelah Hotel Santika yang pertama diresmikan dan dikelola, Hotel Santika pun berhasil mengembangkan sayapnya dan mencapai lebih dari 40 properti yang tersebar di Indonesia. Sesuai dengan brand value-nya, yaitu “Indonesian Home” dan motto pelayanannya, yaitu “Hospitality from the Heart”, Santika Indonesia Hotels & Resorts selalu menonjolkan nilai kebudayaan Indonesia, termasuk sisi keramah-tamahannya kepada seluruh tamunya.
Read More>>

Hotel Terdekat Dengan Kedutaan Amerika di Indonesia

,

Hotel Borobudur Jakarta adalah hotel bintang 5 berikut hunian apartemen seluas 70.000 meter persegi berlokasikan di Lapangan Banteng Selatan berikut luas taman 23.000 meter persegi yang dapat dicapai dengan berjalan kaki ke Katedral Jakarta, Masjid Istiqlal dan Stasiun Kereta api Gambir, sekitar 50 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, kurang dari satu kilometer dari Kedutaan Amerika Serikat serta Istana Negara dan 5 kilometer dari Museum Bahari dan Museum Fatahillah, dan 24 kilometer dari Kebun Raya Bogor.
Read More>>

Saturday, July 21, 2012

Muhammad Taha Al Junaid - Suaranya begitu menyentuh Qalbu

,

Muhammad Taha Al Junaid. Kembali ke sekitar 10~12 tahun lalu, Masih ingatkah kita pada Qari Kecil yang suaranya merdu dan terkenal diseluruh dunia berikut ini?

Nama: Mohamed Saleh Ibrahim Taha Al Junaid
Nama yang lebih dikenal: Muhammad Taha Al Junaid
Tahun Lahir: 1994
Lahir di: Manama - Bahrain

Ya, Muhammad Thaha al-Junayd yang sangat menggemaskan dulu saat ini sudah usia remaja menuju dewasa. Suaranya masih seperti dulu ketika kanak kanak, indah merdu dan sangatlah menggetarkan qalbu kita disaat dia melantunkan tilawah al-Quran al-Karim. berikut 2 video dari Youtube disaat usianya baru menginjak remaja.


Read More>>

Sunan Kalijaga

,

Sunan Kalijaga atau biasa diucapkan sebagai Sunan Kalijogo oleh lidah jawa merupakan pemimpin para Wali di tanah Jawa. Namanya hingga saat ini masih sangat melegenda di kalangan Masyarakat Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya sebagai salah seorang penyebar agama islam walaupun sudah ratusan tahun lalu masanya. 

Sunan Kalijogo menggunakan dzikir sebagai sarananya untuk mendekatkan diri pada Alloh SWT. Beragam bacaan dzikir beliau ajarkan pada para muridnya , demikian pula cara berdzikirnya, mulai dzikir lisan, dzikir nafas , dzikir kolbu, dzikir ruh, dzikir perbuatan dan lain lain.

Beliau melihat tingkat ketaqwaan atau maqom orang tersebut dalam mengajarkan dzikir, oleh karenanya wajar bila di masyarakat banyak yang mengaku bersumber dari ajaran Sunan Kalijaga, walaupun tentunya berbeda baik bacaan maupun caranya berdzikir.

Sunan Kalijogo lahir pada sekitar tahun 1450 dengan nama kecilnya adalah Raden Said. Dimana beliau merupakan putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilwatikta atau Raden Sahur. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.

Pada satu riwayat, Sunan Kalijaga diceritakan menikah dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishak, dan mempunyai 3 keturunan yakni R. Umar Said (Sunan Muria), Dewi Rukayah dan Dewi Sofiah.

Sunan Kalijaga diperkirakan berumur mencapai lebih dari 100 tahun. Oleh karenanya beliau mengalami beberapa masa kerajaan mulai akhir kekuasaan Majapahit (berakhir 1478), Kesultanan Demak, Kesultanan Cirebon dan Banten, dan bahkan juga Kerajaan Pajang yang berdiri pada 1546 serta awal kelahiran Kerajaan Mataram dibawah pimpinan Panembahan Senopati. Beliau juga ikut merancang pembangunan Masjid Agung Cirebon dan Masjid Agung Demak. Tiang “tatal” (atau pecahan kayu) yang merupakan salah satu dari tiang utama masjid merupakan kreasi Sunan Kalijaga.

Untuk berdakwah, beliau mempunyai pola yang sama dengan mentor (Guru) sekaligus sahabat dekatnya yakni Sunan Bonang. Paham keagamaannya cenderung “sufistik berbasis salaf” -bukan sufi panteistik (pemujaan semata). Dan bahkan Beliau juga memilih kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah. 

Sunan kalijogo juga sangat toleran pada budaya lokal, pendapatnya adalah bahwa masyarakat akan menjauh bila diserang pendiriannya. Oleh karenanya masyarakat harus didekati secara bertahap: mengikuti sambil mempengaruhi. Sunan Kalijaga berkeyakinan bilamana Islam sudah dipahami, maka dengan sendirinya kebiasaan lama hilang. Oleh karenanya tidaklah mengherankan bila ajaran Sunan Kalijaga terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam. Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk sebagai sarana dakwah.

Beberapa lagu suluk ciptaan Sunan Kalijogo yang populer adalah Ilir-ilir dan Gundul-gundul Pacul. Dialah menggagas baju takwa, perayaan sekatenan, garebeg maulud, serta lakon carangan Layang Kalimasada dan Petruk Dadi Ratu (“Petruk Jadi Raja”). Lanskap pusat kota berupa kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini pula dikonsep oleh Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga dimakamkan di Desa Kadilangu yakni sebuah desa didekat kota Demak. Makam Sunan Kalijaga hingga sekarang masih ramai diziarahi oleh masyarakat baik dari jawa khususnya, Indonesia umumnya dan bahkan dari negara lain.
Read More>>

Opick Tombo Ati

,

Menggugah kenangan dimasa kecil, teringat saat saat indah ketika belajar mengaji di surau kecil di kampung halaman.



Read More>>

Thursday, July 19, 2012

Hotel di Nagoya Batam

,

Hotel di Nagoya Batam ~ Nagoya merupakan area perkotaan yang utama dari pulau Batam. Posisinya terletak di bagian utara pulau industri ini. Di kota ini anda bisa menemukan sebagian besar hotel, makanan, hiburan yang ada di pulau ini.


Bila maksud anda datang adalah agar bisa mudah kemana mana untuk belanja, untuk kuliner, menghabiskan malam ditempat keramaian dll, maka Nagoya adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi Batam. Ketempat resort wisata maupun ke daerah industri pun juga bisa dibilang tidak terlampau jauh karena waktu tempuh dari nagoya ketitik terjauh yang bisa ditempuh di pulau ini (katakan ke pulau galang) hanya sekitar 1 jam saja.

Banyak atraksi (terutama malam) yang bisa anda nikmati karena Nagoya seakan tidak mau berhenti untuk memukau Anda. Bagi masyarakat sekitarnya baik lokal maupun singapore dan malaysia maka kota Nagoya dan Pulau Batam telah menjadi tujuan liburan untuk bersantai melepas lelah setelah sepanjang minggu bekerja.

daftar Hotel di Nagoya Batam

Berikut daftar Hotel di Nagoya Batam mulai bintang satu hingga bintang empat yang direkomendasikan untuk tempat menginap baik dimana penulis pernah menginap disitu. Bila budget anda lebih rendah maka jangan kawatir di batam banyak sekali penginapan dan losmen ditempat tempat strategis yang aman dan nyaman dan juga ada beberapa hotel bintang satu dan bintang 2 yang tidak disebutkan di bawah ini. 
Silahkan anda klik link dari daftar hotel di nagoya batam diatas untuk mengetahui ulasan masing masing hotel
Read More>>

Wednesday, July 18, 2012

Hotel dan Resort di Sekupang Batam

,

Anda mencari Hotel dan Resort di Sekupang Batam? Baca artikel ini selengkapnya mengenai ulasan wilayah ini beserta beberapa Hotel/ Resort yang ada. 

Sekupang merupakan salah satu area batam yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Disamping mempunyai beberapa resort wisata dan lapangan golf bertaraf internasional, wilayah ini juga merupakan area industrial estate dimana beberapa perusahaan internsional berbasis disitu diantaranya adalah: Halliburton, weatherford, Global Proses System, dan lain lain. 

Sedangkan Hotel dan resort wisata diantaranya adalah KTM dimana terdapat Patung Dewi Kwan Im, sijori resort, indahpuri resort, Tempat Senang & Spa Resort. Sijori dan indahpuri menawarkan paket golf dilapangan bertaraf Internasional. Sedangkan Tempat Senang & Spa Resort adalah sesuai namanya mempunyai spesialisasi Spa. Keempat lokasi ini kurang lebih berjarak tempuh 20~25 menit dari kota Nagoya, 10 menit dari pelabuhan internasional Waterfront, 5 menit dari pelabuhan internasional/domestik sekupang, dan 5 menit ke Kawasan Industri Sekupang Logistic. Berikut ulasan Hotel di Sekupang Batam

1. KTM Resort - Sekupang Batam

Hotel ini terletak persis di pinggir pantai. Bahkan ada beberapa bangunan Cottage dibangun diatas laut, begitu juga restaurant nya yang dibangun beberapa puluh meter jauhnya dari bibir pantai sehingga anda bisa memancing dari atas restaurant ini.

Disamping itu KTM Resort Batam menawarkan pemandangan cakrawala Singapura. Memiliki kolam renang di bibir pantai, dan jacuzzi air garam. Wi-Fi dan parkir tersedia. 

Setiap kamar di KTM Resort menawarkan balkon pribadi dan kamar mandi. Dan juga anda bisa melihat patung Dewi Kwan Im terbesar di Asia Tenggara.

Restoran di KTM yang terletak diatas laut ini memiliki spesialisasi makanan laut dan tentunya anda bisa menikmati segarnya angin laut yang berhembus sepoi sepoi, menikmati hijaunya hutan sekupang yang mana seringkali terdapat monyet monyet bergelantungan melambaikan tangan menyapa para wisatawan, disamping itu anda bisa menikmati pemandangan laut beserta cakrawala singapore yang terlihat sangat jelas. Tersedia pula fasilitas barbekyu. Disamping itu anda sebagai tamu bisa bermain biliar di restaurant ini, nikmati satu atau dua lagu di ruang karaoke atau pergi memancing. KTM resort juga menyediakan sarana transportasi bagi anda yang membutuhkan

2. Tempat Senang Spa & Resort

Terletak di antara tanaman hijau tropis di sebelah Puri Indah Golf Club. Tempat ini menawarkan kamar suite yang dimanjakan oleh layanan spa. Mempunya kolam renang air tawar dan air asin. 

Didalam Kamar Suite yang luas terdapat mebel dan kerajinan tangan lokal, Sebuah DVD player, TV, kulkas, jubah mandi, peralatan mandi dan pengering rambut. Pada pagi atau Sore hari anda bisa bersantai ria menghabiskan waktu bermain golf di padang golf Indah puri atau bersantai dengan pijat menenangkan dan perawatan spa alami. Resort ini juga menyediakan perpustakaan film. Makanan setempat dan hidangan panggang disajikan di restoran Tempat Senang itu.

3. Indah Puri Padang Golf dan Apartment. 

Area Hotel & Resort di Sekupang yang tak kalah menariknya adalah Indah Puri Padang Golf Resort dan Apartment. Anda bisa pilih menginap disalah satu ruang apartment yang mempunyai 3 kamar tidur. Disamping itu anda bisa memanjakan diri anda dengan fasilitas golf dan pemandangannya bila anda menginginkan lebih jauh ketika Anda memilih untuk tinggal di salah satu area bergaya resor apartemen pribadi. Disaat anda bangun pagi, maka anda bisa menikmati pemandangan hijaunya padang gold dan cakrawala Singapore yang spektakuler dimana angin segar dari laut dan hutan sekupang bertiup dengan lembut disertai gemerisik pepohonan.

Dinaungi oleh suasana teluk yang masih sangat alami, Indah Puri Golf Resort & Apartment juga merupakan rumah peristirahatan yang ideal bagi keluarga untuk bersantai, untuk menghibur teman dan rekan bisnis.

Bilamana tujuan anda ke batam adalah untuk bersantai ria menikmati pesona alam batam, tujuan bisnis atau mempunyai urusan dengan perusahaan perusahaan di daerah Sekupang, transit menuju ke Singapore (waktu tempuh ke Singapore tercepat adalah dari Sekupang), maka anda layak untuk mempertimbangkan untuk menginap di salah satu Hotel dan Resort di Sekupang Batam ini.
Read More>>

Area Hotel di Batam

,

Bingung pilih hotel di batam? tentukan dulu area hotel di batam sesuai tujuan anda ke pulau industri ini.

Batam merupakan sebuah pulau industri dan pariwisata yang sangat sibuk. Boleh dikata batam merupakan pintu gerbang ketiga tersibuk untuk urusan wisman di Indonesia selain Bali dan Jakarta. 

Pulau kecil dengan luas kurang lebih 400Km persegi ini mempunyai kunjungan Wisman sebanyak 1jt lebih di tahun 2011. Belum lagi kedatangan wisatawan lokal dimana tujuan mereka bermacam macam diantaranya untuk bisnis, belanja, wisata, meeting, pelatihan dsb. Sehingga tak heran bila banyak yang PM untuk menanyakan Hotel di batam mana ya yang enak untuk menginap selama di batam? Silahkan anda baca area hotel dibawah ini:

Area Hotel dan Penginapan di Batam adalah sebagai berikut:

Area NAGOYA / JODOH / BATU AMPAR / PENUIN, kawasan ini merupakan pusat ekonomi Pulau Batam yakni sebagai pusat bisnis, belanja, Hotels, Restaurant dan berbagai tempat menarik lainya. Centra pelabuhan laut Cargo dan Harborbay ferry terminal bagi yang mau berkunjung ke Singapore juga terdapat di Batuampar.

Area Bukit Senyum, atau oleh orang bule disebut SMILLING HILL. Dari atas bukit ini anda bisa menikmati panorama Singapore dari kejauhan dengan jelasnya bila cuaca cerah karena hanya berjarak 20km saja dari batam. Disamping itu anda bisa menikmati pemandangan kawasan Industri, Pelabuhan bongkar muat di Batu Ampar serta selat Malaka yang terpadat lalu lintas kapal di dunia. Cukup dekat dengan kawasan Nagoya dan Batam centre bila anda ingin berbelanja dan ke kantor pemerintahan

BATAM CENTRE. Area ini merupakan Pemerintahan kota Batam dimana terdapat hotels, Mesjid Raya dan Komlek Asrama Haji, Vihara Buhda Marethia yang terbesar di Asia, mega mall, restaurant, Kantor Walikota Batam, Gedung DPRD Kota Batam, Ferry Terminal untuk penyebrangan ke Singapore dan Johor Bahru / Malaysia, dan beberapa kantor pemerintahan lainnya.

Area NONGSA. Merupakan salah satu resort wisata terbaik di batam dimana terdapat beberapa Hotel berbintang seperti Turi Beach Cottage yang berdesign Bali, Nongsa Point Marina Cottage, Pura Jaya Beach Hotel, Batam View Beach Hotel dan beberapa lapangan Golf bertaraf Internasional serta didukung Ferry Terminal Internasional ke Singapore. Namun area ini cukup jauh ke pusat keramaian Nagoya maupun Batam centre. 

Area BARELANG, disini anda dapat menyaksikan 6 Jembatan yang menghubungi Batam dengan 7 pulau lainnya; Toton—Nipah—Setokok—Rempang—Galang dan Galang Baru, dan diantara jembatan yang paling cantik dan unik yaitu jembatan gantung dengan panjang 640m. Dipulau Senggarang anda juga dapat menyaksikan bekas peninggalan penampungan pengungsi Vietnam yg dikelola oleh PBB dan pulau ini pernah menampung pengungsi hingga 200 ribu orang dibawah pengawasan UNHCR. Di area ini sedang dikembangkan resort wisata dekat dengan jembatan I barelang yang meliputi hotel dan restoran. Pemandangan cukup indah menawan, namun jauh dari pusat keramaian nagoya maupun batam centre. 

Area Marina City / Sekupang. Area marina city dan sekupang juga merupakan salah satu resort wisata terbaik di batam dimana terdapat beberapa Hotel berbintang seperti harris resort, sijori resort, KTM, dll serta beberapa lapangan Golf bertaraf Internasional serta didukung Ferry Terminal Internasional Sekupang dan marina city ke Singapore. Cukup jauh dari pusat keramaian nagoya/batam centre, tapi dekat dengan kawasan industri tanjung uncang dan kawasan industri sekupang. Silahkan klik link Hotel di Sekupang Batam untuk mengetahui lebih detailnya.

Di artikel berikutnya anda bisa menemukan nama nama hotel di batam untuk masing masing area diatas. Namun sangat disarankan bila memilih area hotel di batam mana yang cocok bagi anda menginap maka sebaiknya sesuaikan dengan tujuan anda datang, apakah untuk berbelanja, urusan ke pemerintahan, ataukah untuk urusan kerjaan.
Read More>>

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger