Skip to main content

Selamat Datang Di Surabaya

Pernahkah anda ke jawa timur dan apa yang anda ingat mengenai jawa timur? Tentu saja kota Surabaya kan?

Surabaya memang mudah diingat karena merupakan ibukota propinsi Jawa Timur dan sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Dengan jumlah penduduknya yang lebih dari 3 juta orang, menjadikan kota ini sebagai kota Metropolis dengan beraneka ragam budaya. Disamping itu tentu saja kota ini menjadi salah satu pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia.

Nama Surabaya, sesuai dengan etimologinya, berasal dari dua kata yakni Sura ata Suro dan Baya atau Boyo, dalam bahasa Jawa. Suro adalah jenis ikan hiu, sedang boyo adalah istilah bahasa jawa untuk buaya. Menurut mitos, dua hewan ini merupakah hewan paling kuat yang juga menjadi simbol kota Surabaya sampai saat ini. Disamping itu ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa nama Surabaya juga diambil dari istilah Sura Ing Baya, yang berarti "berani menghadapi bahaya".

Surabaya merupakan pelabuhan utama dan pusat perdagangan komersial di wilayah timur Indonesia, dan sekarang menjadi salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Seperti Jabodetabek di Jakarta dan sekitarnya maka Surabaya juga mempunyai daerah pendamping yakni Lamongan di barat laut, Gresik di barat, Bangkalan di timur laut, Sidoarjo di selatan, Mojokerto dan Jombang di barat daya menjadi kesatuan yang dinamakan Gerbang Kertosusila.

Suhu udara di Surabaya tergolong panas dan kering karena berada di tepi pantai utara Jawa timur, dan berbatasan langsung dengan Selat madura di utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di selatan, dan Kabupaten Gresik di barat. Disamping itu hal lain yang menyebabkan kota ini panas adalah karena terletak didataran rendah, yakni hanya antara 0-6 M di atas permukaan laut.

Sebagai ibukota provinsi, Surabaya juga merupakan rumah bagi banyak kantor dan pusat bisnis. Perekonomian Surabaya juga dipengaruhi oleh pertumbuhan baru dalam industri asing dan beberapa segmen industri yang akan terus berkembang, terutama dalam hal properti, dimana gedung pencakar langit, mall, plaza, apartemen dan hotel berbintang akan terus terbangun setiap tahunnya.

Surabaya kaya akan beraneka ragam budaya karena dihuni oleh multi etnis dan juga suku bangsa, diantaranya adalah Tionghoa, suku Jawa, Batak, Madura, Bali, Bugis, Sunda dan lain lain. Disamping itu juga banyak warga negara asing yang tinggal disini seperti Malaysia, Cina, India, Arab, Afrika, Amerika maupun Eropa.

Bahasa keseharian banyak menggunakan bahasa jawa dengan dialek khas Suroboyoan yakni memiliki intonasi yang dalam dan tinggi, dan terkesan keras. 

Walaupun kota ini banyak dipengaruhi oleh beraneka ragam budaya, namun keaslian budayanya masih terus hidup dan berkembang hingga saat ini. Aneka ragam kebudayaan asli tersebut bisa dilihat dari berbagai acara seperti, kesenian wayang, ludrug, tari remo dan kebudayaan khas Jawa lainnya. 

Dari sisi wisata, maka kota ini sarat akan sejarah masa lampau, mulai dari zaman kerajaan hingga jaman kemerdekaan dan setelahnya. Surabaya juga dikenal sebagai kota tujuan pendidikan karena ada 2 universitas besar yakni UNAIR dan ITS. Disamping itu Surabaya terkenal akan wisata kuliner nya juga yang selalu dicari oleh wisatawan yang datang, seperti: rujak uleg, rawon, nasi bebek, kupang lontong, longtong balap, dan lain lain.

Bilamana anda berniat untuk wisata, silahkan anda kunjungi artikel Tempat Wisata Surabaya ini.

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan