Saturday, October 13, 2012

Objek Wisata Pantai Karimunjawa, Jawa Tengah

,

Objek Wisata Pantai Karimunjawa, Jawa Tengah - Karimunjawa atau juga disebut Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan yang terdiri atas 27 pulau. Daerah ini terletak di Laut Jawa, sekitar 80 km di bagian barat laut Jepara. Gugusan kepulauan ini memiliki luas wilayah kurang lebih 78 km persegi. Dari semua pulau, Pulau Karimun adalah pulau utamanya. Pulau ini memiliki luas 2.700 hektar. Jumlah penduduk di daerah ini sudah lebih dari 9 ribu jiwa, yang tersebar di 5 pulau. Penduduknya sebagian besar merupakan suku Bugis dan Madura.

Bagi anda yang sedang mencari pantai keren di pesisir pulau Jawa, datang saja ke Pantai Karimunjawa. Pantai Karimunjawa mungkin belum sepopuler Raja Ampat, Kuta, atau Bunaken. Namun keindahan bawah laut di tempat ini juga tidak bisa diremehkan. Pantai Karimunjawa merupakan1 dari 9 Taman laut Nasional di Indonesia. Begitu beragam biota yang menyusun ekosistem di tempat ini, oleh sebab itu Karimunjawa memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Setidaknya ada 5 ekosistem utama yang terdapat di sepanjang garis Pantai Karimunjawa, yaitu rumput laut, terumbu karang, hutan pantai, hutan bakau, dan hutan hujan tropis.

Objek Wisata Pantai Karimunjawa, Jawa Tengah

Jenis biota lautnya juga sangat beragam, sekitar 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan hidup di tempat ini . Karena memiliki pemandangan bawah laut yang menarik, maka diving adalah salah satu aktivitas favorit di tempat ini. Anda bisa menyelam hingga ke dasar dan menemukan Kapal Panama Indono yang tenggelam 1995 lalu. Jika beruntung, anda juga bisa menyaksikan penyu hijau dan penyu sisik datang ke perairan Pantai Karimunjawa.

Tidak hanya ada satu lokasi penyelaman di objek wisata Pantai Karimunjawa. Anda bisa menyisir semua pantai di tempat ini dan anda akan menemukan semua pantai merupakan tempat menyelam yang layak. Jika sedang tidak ingin melakukan diving, anda bisa mencoba snorkeling. Pemandangan di pesisir pantai tidak kalah menarik dengan pemandangan di laut dalam. Masih ada berbagai aktivitas lain yang bisa anda lakukan disini. Misalnya menjelajahi Pulau Menjangan dan Pulau Cilik. Anda juga bisa melihat Elang Dada Putih yang sangat langka di sekitar kawasan ini.

Disini terdapat vegetasi hutan bakau. Ada sekitar 300 hektar hutan bakau pesisir pantai. Seperti yang anda ketahui, selain menjadi tontonan yang menarik, hutan bakau juga memegang peranan yang sangat vital yakni untuk mencegah abrasi. Selain itu bakau yang melapuk juga merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi biota laut yang hidup disana.

Atraksi lain yang bisa anda temukan di objek wisata Pantai Karimunjawa adalah penangkaran hiu. Melihat hiu saja bisa membuat bulu kuduk kita merinding, apalagi secara langsung berada diantara kerumunan mereka. Atraksi memacu adrenalin ini bisa anda saksikan di Pulau Menjangan. Walaupun hiu termasuk hewan buas, namun di tempat ini mereka diperlakukan dengan sangat baik sehingga tidak buas terhadap manusia. Jika anda tidak berani sendiri, masih ada beberapa petugas yang akan mengawal anda untuk menikmati momen-momen seru berenang bersama hiu.

Kegiatan lain yang sebaiknya tidak anda lewatnya di Pantai Karimunjawa adalah selancar air, ski air, dan berlayar. Karena memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, anda bisa melakukan atraksi air ini di berbagai titik di sekitar perairan ini. Jika anda sudah bosan melakukan olahraga air, anda bisa berjemur sejenak sambil menikmati pasir putih. Anda tidak harus ke Bali untuk melihat pantai berpasir putih karena Pantai Karimunjawa juga punya pasir putih yang indah. Agenda lain yang bisa anda lakukan di tempat ini adalah melihat festival durian. Bagi anda yang berkunjung pada bulan Januari atau Maret beruntunglah anda karena pada bulan ini biasanya diadakan festival durian.

Biaya liburan ke Pantai Karimunjawa

Jika anda memakai jasa travel, anda tentu tidak akan dipusingkan dengan semua tetek bengek akomodasi. Namun bagi anda yang ingin liburan lebih hemat, kami akan memberikan gambaran tentang akomodasi di tempat ini. Di sekitar tempat ini anda akan menemukan berbagai macam homestay mulai dari harga Rp. 100 ribu - Rp 250 ribu. Sedangkan untuk harga menu masakan biasanya berkisar Rp. 10 ribu - Rp. 15 ribu per porsi. Fasilitas lain yang mungkin anda perlukan adalah perahu dengan harga sewa sekitar Rp. 400 ribu perhari, dan sewa alat snorkeling sekitar Rp 25 ribu. Jika anda ingin berkunjung ke tempat penangkaran hiu, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5 ribu. Sedangkan service tour guide biasanya memiliki tarif Rp. 100 ribu - Rp. 150 ribu.

So jika ingin berlibur datang saja ke objek wisata Pantai Karimunjawa. Anda tidak perlu takut akan menguras kantong, liburan ke tempat ini sangat terjangkau.

0 komentar to “Objek Wisata Pantai Karimunjawa, Jawa Tengah”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger