Tuesday, October 9, 2012

Pesona Taman Laut Bunaken, Manado - Sulawesi Utara

,

Apakah anda berniat untuk mencoba wisata bahari? Sebelumnya kita sudah membahas salah satu wisata bahari populer di Indonesia, yaitu objek wisata Raja Ampat. Kali ini kita akan membahas satu lagi objek wisata bahari terkenal yang ada di Manado, yaitu Taman Laut Bunaken

Membicarakan Indonesia memang tidak lengkap jika tidak menyinggung kekayaan maritimnya. Seperti yang anda ketahui, 2/3 wilayah Negara kita adalah lautan. Oleh sebab itu jangan heran jika lautan kita sangat indah dan juga kaya. Bunaken adalah sebuah pulau yang memiliki luas 8,08 km persegi. Pulau ini terletak di ujung paling atas Sulawesi. Taman Laut Bunaken memiliki cakupan seluas 890 kilometer persegi. Hanya 3% dari wilayah ini merupakan daratan, termasuk di dalamnya pulau Bunaken, Mantehage, Nain, Manado Tua, dan Siladen.

Pesona Taman Laut Bunaken, Manado - Sulawesi Utara

Seperti Raja Ampat, Taman Laut Bunaken memiliki spesies hewan yaang beraneka ragam, termasuk terumbu karang dan ikan-ikan. 7 dari 8 spesies kerang raksasa di dunia terdapat disini. Untuk sampai ke Taman Laut Bunaken, anda bisa menggunakan motorboat. Dari Manado, perjalanan akan memakan waktu sekitar 40 menit. 40 Menit bukan waktu yang lama, terlebih jika anda bisa menyaksikan keindahan laut yang luar biasa. 

Taman Laut Bunaken memiliki air yang biru dan jernih, memungkinkan anda melihat pemandangan laut dari permukaan. Ada sekitar 13 spesies terumbu karang di tempat ini. Salah satu pemandangan paling keren disini adalah deretan koral vertikal yang curam setinggi 25-50 meter. Jika anda beruntung, anda akan berkesempatan untuk melihat 91 spesies ikan yang ada di perairan ini. Di area  Arakan juga terdapat populasi ikan duyung dan kima raksasa yang sangat langka.

Seorang profesor bernama Prof Randall pernah melakukan penelitian terkait lokasi penyelaman di dunia. Beliau mengambil kesimpulan bahwa Bunaken memang memiliki ekosistem yang kaya dan subur. Ia cukup kagum dengan berbagai spesies hewan cantik dan langka yang ditemukan di perairan ini. Di kawasan ini ada sekitar 24 titik penyelaman yang bisa anda pilih. Bagi anda yang hobi menyelam dan mengeksplorasi keindahan bawah laut, maka Taman Laut Bunaken adalah tempat yang harus anda coba.

Sejarah Taman Laut Bunaken

Sejarah Taman Laut Bunaken

Jika anda tertarik dengan sejarah Bunaken, silakan simak pembahasan berikut ini. Taman Laut Bunaken pada awalnya bukanlah tempat terkenal, setidaknya hingga dekade 1970an. Namun pada tahun tahun 1974 sebuah klub menyelam di Indonesia melakukan ekspedisi ke berbagai lokasi  menyelam di seluruh Indonesia. Dari eksplorasi tersebutlah ditemukan taman laut Bunaken yang indah ini. Mereka menyadari potensi besar terdapat di lokasi menyelam ini, oleh sebab itu mereka membuka industri selam di sekitar kawasan ini dengan memanfaatkan SMD lokal. Ini dilakukan untuk mempersiapkan penduduk lokal dalam pengelolaan sektor pariwisata setempat, seperti akomodasi dan semua fasilitas pendukungnya.

Sekitar tahun 1976, keindahan Taman Laut Bunaken mulai tercium oleh media Internasional. Mereka adalah salah satu pihak yang berperan serta dalam mempopulerkan objek wisata bahari ini ke dunia Internasional. Saat itu Bunaken belum dijadikan kawasan koservasi. Kawasan ini baru secara resmi menjadi kawasan konservasi pada Oktober 1991 atau sekitar 20 tahun setelah ditemukan.

Biaya Wisata ke Bunaken

Paket Wisata ke Bunaken memiliki harga yang relatif terjangkau. Anda bisa mendapatkan liburan yang cukup lengkap dengan biaya 1-2 juta rupiah. Jika anda tidak menggunakan jasa travel / perjalanan, maka biayanya mungkin sedikit lebih besar. Untuk masuk ke dalam kawasan konservasi Bunaken, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150 ribu. Sedangkan untuk menyeberang, anda perlu merogoh kocek sekitar 100 hingga 150 ribu rupiah untuk perahu kecil dan 200 hingga 250 ribu rupiah untuk transportasi dengan speedboat.

1 komentar:

  • October 23, 2012 at 7:00 PM
    Ikan kecil says:

    Pesona maritim Indonesia memang nggak ada habisnya :) selama masih dijaga dan g tersentuh tangan2 jahil yg berniat ngerusak :D

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger