Monday, October 22, 2012

Merencanakan Liburan di Dalam / ke Luar Negeri

,

Merencanakan Liburan di Dalam / ke Luar Negeri - Liburan adalah masa menyenangkan yang selalu kita tunggu-tunggu. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan, salah satunya adalah dengan traveling ke berbagai tempat wisata. Perlu persiapan khusus untuk merencanakan liburan secara matang, apalagi jika anda ingin pergi cukup jauh. Liburan pada dasarnya ada 2 macam, yaitu liburan hemat dan liburan mewah. Jika anda ingin liburan mewah, tahap persiapan mungkin akan lebih rumit dan panjang. Sedangkan jika anda ingin merencanakan liburan dengan backpacking, tentu persiapannya akan lebih mudah.

Merencanakan Liburan di Dalam / ke Luar Negeri

Namun rumit tidaknya persiapan juga sangat dipengaruhi oleh jumlah orang yang ikut liburan. Walaupun backpacking, namun jika yang ikut puluhan orang tetap saja memerlukan persiapan khusus. Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk merencanakan liburan anda:

1. Kemas semua barang-barang anda

Ini adalah tahap paling awal untuk merencanakan liburan. Tidak peduli anda ingin liburan ke luar kota atau ke luar negeri, pastikan semua barang kebutuhan anda sudah lengkap. Jika anda ingin liburan keluar negeri, anda bisa membaca beberapa tips pada artikel berikut ini (baca: 6 Tips Bepergian ke Luar Negeri). Jangan sampai anda melupakan barang-barang berharga seperti ponsel, dompet, dsb. Apalagi anda ingin berlibur cukup lama, mungkin teman atau kolega anda akan menghubungi anda saat liburan.

2. Silakan cari biro perjalanan

Tips ini bisa dilakukan jika anda ingin liburan mewah, namun backpacker juga bisa melakukannya. Biro perjalanan sangat membantu dalam memandu kita berkeliling di sebuah objek wisata. Oleh sebab itu memakai jasa agen perjalanan bukanlah pengeluaran yang ekslusif atau mewah. Ada banyak agen travel yang menawarkan paket wisata dengan harga murah, silakan anda temukan yang paling sesuai. Cara termudah adalah dengan mencarinya di internet. Namun untuk memastikan anda juga bisa langsung datang ke kantornya.

3. Cari akomodasi

Akomodasi juga merupakan hal penting dalam merencanakan liburan. Biasanya orang sudah membooking hotel jauh-jauh hari sebelum mereka berangkat liburan. Jika anda ingin membooking hotel via online, kami sarankan anda agar memakai Agoda.com karena situs ini memiliki banyak kelebihan yang diperlukan oleh para traveler.

4. Cari tiket pesawat

Apakah paket wisata anda sudah termasuk tiket pesawat? Jika belum, anda sebaiknya membeli tiket pesawat jauh sebelum keberangkatan. Pada momen-momen tertentu harga tiket biasanya lebih murah daripada biasanya. Silakan anda manfaatkan momen ini untuk merencanakan liburan lebih murah. Jenis pesawat juga mempengaruhi harganya. Semakin terkenal sebuah maskapai penerbangan, tentu tiket pesawatnya akan semakin mahal karena garansi mereka adalah kenyamanan dan keamanan. So, ini kembali lagi kepada anda apakah ingin merencanakan liburan hemat ala backpacking atau liburan mewah ala bos-bos.

Nah, itu adalah 4 tahap penting untuk merencanakan liburan. Masih ada beberapa tips lain yang sebaiknya tidak anda lupakan. Yang pertama adalah periksa lagi budget anda. Setiap destinasi wisata memiliki tarif yang berbeda. Liburan ke Bali tidak sama dengan liburan ke Singapura atau Dubai. Hal ini harus anda persiapkan secara cermat. Terkadang saat kita merasa sudah mempersiapkan cukup banyak uang untuk liburan, karena masalah nilai tukar kita jadi membawa sedikit. Akan menjadi bencana jika budget yang kita bawa kurang.

Untuk itulah jangan sampai melupakan dompet karena di dalam dompet ada banyak "kartu keuangan" yang akan membantu anda menghadapi kesulitan dana saat liburan. Dan yang terakhir adalah jaga kesehatan. Dari semua tips diatas, ini adalah yang paling penting. Jika anda tiba-tiba sakit saat berangkat bisa ribet. Oleh sebab itu, jaga pola makan, rajin berolahraga, dan terapkan pola hidup sehat saat merencanakan liburan.

0 komentar to “Merencanakan Liburan di Dalam / ke Luar Negeri”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger