Skip to main content

Hari Raya Idul Fitri 2013

Perayaan hari Raya Idul Fitri 2013. Hari raya Idul Fitri atau juga disebut Hari Lebaran di Indonesia, merupakan hari raya umat Muslim untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Oleh karenanya, Idul Fitri juga disebut sebagai Hari Kemenangan bagi umat muslim. 

Di Indonesia, hari raya ini merupakan salah satu hari libur terbesar yakni 2 hari libur nasional ditambah beberapa hari cuti bersama bagi karyawan swasta dan pegawai negeri, disamping itu, para pelajar pun juga mendapatkan libur kurang lebih seminggu. 


Tanggal Idul Fitri 2013 

Idul Fitri pada kalender islam merupakan tanggal 1 Syawal. Karena adanya perbedaan jumlah hari dalam kalender islam dan kalender masehi, maka tanggal idul fitri pada tahun masehi selalu maju yakni biasanya maju 11 hari dibandingkan tahun sebelumnya. 

Kapan Perayaan Idul Fitri 2013 di Indonesia? 

Perayaan hari raya Idul Fitri pada tahun 2013 atau 1434 Hijriah diperkirakan jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013 dan Jumat. Tanggal pasti dari perayaan Idul Fitri atau Lebaran 2013 akan diumumkan berdasarkan pengamatan penampakan bulan (hilal) menjelang hari H.

Tradisi Idul Fitri 2013 di Indonesia 

Di hari Idul Fitri, seluruh umat Islam di Indonesia bersuka cita setelah berjuang menahan nafsu, lapar, dan dahaga sepanjang bulan Ramadhan. Jutaan orang akan melakukan tradisi mudik balik kampung atau balik ke daerah masing masing. Disamping itu juga ada Masakan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, atau rendang biasanya dihidangkan di hari Idul Fitri untuk dinikmati bersama keluarga. 

  • Shalat Ied. Umat Muslim memulai perayaan Idul Fitri dengan melaksanakan ibadah Shalat Ied di pagi hari. Shalat Ied merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha secara berjamaah di masjid ataupun lapangan yang dapat menampung orang banyak. Pelaksanaan shalat Ied dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah atau ceramah agama. Biasanya, khotbah yang disampaikan berkaitan dengan zakat, silaturahmi, dan hari kemenangan. 
  • Zakat Fitrah. Zakat Fitrah harus diserahkan oleh umat Muslim yang berkecukupan sejak pertengahan bulan puasa hingga sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Nantinya, zakat fitrah akan dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa (miskin), anak yatim dan piatu, panitia pengurus zakat, juga golongan kurang beruntung lainnya. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat Muslim adalah 2,5 kilogram beras atau uang setara harga beras tersebut. 
  • Baju Baru. Mengenakan pakaian baru sudah menjadi tradisi perayaan Idul Fitri di Indonesia. Biasanya, umat Islam sudah berburu pakaian baru untuk dikenakan saat Lebaran di minggu-minggu terakhir bulan puasa. Pada momen tersebut, sebagian besar pusat perbelanjaan di seluruh wilayah Indonesia dibanjiri oleh konsumen. Pakaian dan sepatu baru biasanya dikenakan ketika bersilaturahmi ke keluarga besar, tetangga, teman, dan kenalan. 
  • Ziarah ke Makam. Ziarah ke makam keluarga yang telah meninggal dunia juga menjadi salah satu tradisi Idul Fitri di Indonesia. Biasanya, umat Muslim mengunjungi makam untuk membacakan doa serta membersihkan makam dari kotoran dan daun-daunan. Tradisi ini dimaksudkan untuk mengingat dan mengirimkan doa di hari raya kepada anggota keluarga yang telah tiada. 
Selamat Hari raya Idul Fitri 2013

Popular posts from this blog

Sekuel Terbaru Video Mesum Ariel - Aura Kasih

Fenomena Ayam Kampus

Elang Laut, Mesin Terbang Hidup Paling Mengesankan