Thursday, May 23, 2013

Awal Puasa 2013 – Awal Ramadhan 2013

,

Bulan Puasa 2013 

Bulan Ramadhan atau di bahasa melayu dikenal sebagai bulan puasa adalah bulan suci bagi umat beragama islam, dimana pemeluk agama islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa mulai terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari diufuk barat dan diharuskan menahan diri untuk menahan hawa nafsu dan dianjurkan untuk berbuat amal kebajikan. Secara bahasa harfiah, Puasa diartikan dengan “menahan diri”, dan secara istilah Puasa artinya menahan diri dari makanan, minuman, serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai Subuh hingga Maghrib. 

Kapan Awal Bulan Puasa 2013 / awal Ramadhan 2013? 


diprediksikan awal bulan puasa 2013 atau 1 ramadhan 2013 akan jatuh pada hari Rabu, 10 Juli 2013, dan akan berakhir pada Rabu 7 Agustus 2013. Tetapi awal dimulainya Puasa akan diumumkan berdekatan dengan tanggalnya mengingat kalender islam ditetapkan berdasarkan pengamatan terhadap penampakan bulan. dan biasanya ada perbedaan antara ketetapan pemerintah dan beberapa ormas.

Tradisi Bulan Puasa di Indonesia 

Umat Islam menjalankan ibadah Puasa selama bulan Ramadhan, dan pada tanggal 1 bulan islam berikutnya dirayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Tujuan dari menjalankan ibadah puasa adalah untuk melatih kesabaran serta membuat umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan dengan harapan kebaikan tersebut akan terus menyebar di 11 bulan berikutnya setelah berlatih selama satu bulan penuh. 

Di akhir bulan Ramadhan, umat islam merayakan hari kemenangan atas hawa nafsu mereka. Tradisi di indonesia sangatlah unik, dimana pada minggu minggu akhir bulan ramadhan mereka akan membanjiri pusat pusat perbelanjaan untuk membeli baju, sepatu, atau peralatan solat yang baru untuk merayakan berakhirnya bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri, malah tradisi mudik atau balik kampunya mungkin menjadi salah satu tradisi mudik terbesar didunia dimana berjuta juta penduduk pada pulang kampung untuk berkumpul dengan sanak saudara. 

Tradisi dari tahun tahun sebelumnya, hari pertama dan kedua hari raya idul fitri dijadikan sebagai hari libur nasional. Dan bahkan sebagian besar perusahaan baik negeri maupun swasta umumnya meliburkan karyawannya dengan adanya cuti bersama 1~2 hari sebelum dan setelah hari raya.

Marhaban Bulan Ramadhan 2013 / Bulan Puasa 2013! Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 2013!

1 komentar:

  • June 2, 2013 at 2:11 AM
    bang dayat says:

    semoga awal puasa tahun ini serentak. amin

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger