Friday, February 1, 2013

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

,

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula - Hiking atau mendaki gunung adalah kegiatan outdoor yang sangat populer. Bahkan dari bangku sekolah pun kita sudah diajari untuk melakukan aktivitas menantang ini, yaitu lewat kelompok-kelompok pecinta alam dan sejenisnya. Lalu mengapa orang-orang suka mendaki gunung? Alasannya bisa sangat beragam, namun anda pasti setuju jika mendaki gunung melatih kita untuk mandiri, menciptakan atmosfer baru, jauh dari kebisingan kota, menikmati alam yang sangat indah dengan udaranya yang masih sangat asri, serta bisa menyehatkan tubuh.

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dengan mendaki gunung, sekali-sekali bolehlah luangkan waktu anda untuk melakukan kegiatan ini. Bagaimanapun juga mendaki gunung adalah kegiatan yang memerlukan persiapan matang. Tidak bisa hanya dengan modal nekat dan bekal seadanya anda langsung naik. Harus diperhatikan juga resiko dan kesulitan medan karena ini sangat menentukan keberhasilan anda mendaki gunung. Berikut adalah beberapa tips mendaki gunung untuk pemula:
  1. Tips mendaki gunung yang pertama adalah pergunakan pakaian yang sesuai. Berada di ketinggian, gunung umumnya memiliki suhu yang relatif lebih dingin dari dataran rendah. Oleh sebab itu bawa busana yang akan melindungi anda dari dingin, seperti sweater, mantel, selimut, dsb. Kemudian alas kaki juga harus dipilih yang sesuai. Bisa dibayangkan jika anda mendaki gunung dengan sandal jepit? Yang ada setelah sampai di puncak, anda akan melihat sandal itu "habis" tak bersisa. Saat ini sudah banyak tersedia sepatu boot untuk mendaki. Pastikan juga sepatu boot tersebut kedap air karena lingkungan pegunungan biasanya basah dan berembun.
  2. Tips mendaki gunung yang kedua adalah bawa perbekalan yang cukup. Mendaki gunung bisa sangat melelahkan terutama jika anda baru kali ini melakukannya. Makanan membantu tubuh tetap bertenaga, sementara air akan mencegah dehidrasi. Minum hanya air putih saat anda merasa kelelahan karena air putih jauh lebih menyehatkan dari minuman lain. Untuk kopi, teh, soda, atau minuman selingan lainnya, bisa diminum saat beristirahat.
  3. Jangan lupakan kotak P3K. Ada banyak hal yang bisa melukai anda selama di perjalanan, misalnya ranting kayu, batu, atau serangan hewan. Luka jika tidak diobati bisa menyebabkan infeksi dan membahayakan keselamatan jiwa. Tidak mungkin menemukan penjual obat-obatan dalam perjalanan menuju puncak gunung, maka dari itu anda harus membawanya sendiri. Kotak P3K tidak terlalu berat juga kan? Jika isinya terlalu banyak, bawa yang sangat penting saja, misalnya antibiotik, penutup luka, perban, obat merah, dll.
  4. Tips mendaki gunung berikutnya adalah bawa perlengkapan standar. Kompas dan senter adalah 2 alat yang sangat penting untuk menemani perjalanan. Kompas befungsi untuk mencegah anda tersesat di dalam perjalanan, dan senter berguna untuk memudahkan anda beraktivitas di malam hari. Membawa alat komunikasi elektronik juga perlu, namun biasanya tidak akan bertahan lama. Semua hal yang berkaitan dengan navigasi dan komunikasi sangat penting untuk dibawa mendaki gunung.
  5. Perhatikan cuaca. Apakah anda mau hujan-hujanan saat mendaki gunung? Jika memang sedang musim hujan, sebaiknya tunda dulu mendaki gunung. Hujan tidak hanya akan menghambat perjalanan, namun juga bisa membahayakan. Saat hujan turun, medan pendakian akan menjadi sangat licin sehingga siapapun bisa terpeleset atau tergelincir. Belum lagi petir yang mungkin menyambar siapa saja, terlebih di tempat lapang dengan banyak pepohonan. Sangat tidak aman berada pada situasi seperti ini. Oleh sebab itu, mendakilah saat musim panas tiba. Saat musim panas, udara di pegunungan tetap sejuk sehingga anda bisa mendaki dengan aman dan nyaman.
Sekian pembahasan kita tentang tips mendaki gunung untuk pemula. Semoga membantu.

0 komentar to “Tips Mendaki Gunung untuk Pemula”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger