Tuesday, January 15, 2013

Yuk Liburan ke Green Canyon Jawa Barat!

,

Yuk Liburan ke Green Canyon Jawa Barat! Lho, kok bisa di Jawa Barat, bukannya di Amerika? Barangkali anda belum tahu, ternyata salah satu objek wisata di Jawa Barat juga ada yang memiliki nama Grand Canyon, letaknya di Ciamis. Sungai ini memiliki nama asli Cukang Taneuh, pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis dari Prancis pada tahun 1993. Ini adalah tempat yang tepat jika anda sangat menyukai olahraga menantang seperti trekking atau bermain kano. Berbicara soal keindahan, tempat wisata ini tidak kalah dengan tempat wisata alam lainnya. Formasi alam yang mirip dengan Grand Canyon asli yang membuat tempat ini dinamai sama. Goa Green Canyon memiliki bentuk yang unik, di sisi kiri dan kanannya adalah tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

Untuk sampai ke Objek wisata Grand Canyon, anda bisa naik angkot dari terminal Pangandaran kemudian mengikuti rute Pangandaran ke Terminal Cijulang. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan naik objek sampai ke Dermaga Ciseureuh. Perjalanan ini menempuh jarak 31 km atau sekitar 30 menit. Dari dermaga, anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan perahu untuk sampai ke lokasi utama Green Canyon. Biaya sewa perahu tidak mahal sama sekali, hanya Rp. 75.000-, itupun untuk 5 orang penumpang. Jadi bagi anda yang mencari alternatif liburan wisata murah meriah dan menyenangkan, coba saja datang ke Objek Wisata Grand Canyon.

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat 2

Sungai utama di tempat ini dinamai Sungai Cijulang, pesona keindahannya bisa anda nikmati dengan naik perahu. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3 kilometer dan anda bisa menyaksikan keindahannya sekitar 15 menit dari atas perahu. Nah, saat sampai di "mulut" Green Canyon, pesona keindahannya akan semakin pekat terasa. Tebing di sisi kiri dan kanan menyatu, membuat anda harus melewati lorong yang besar. Bagian yang menyatu ini merupakan penghubung antara Desa Kertajaya dan Desa Batukaras. Selain bentang alamnya yang indah, Green Canyon juga memiliki air yang jernih. Saat masuk ke dalam gua, anda akan melihat pemandangan yang sangat eksotis. Air yang jatuh dari dinding gua semakin menguatkan sensasi eksotis yang anda rasakan. Tetesan air ini mengalir secara terus-menerus sepanjang tahun dan nampak seperti sumber mata air abadi.

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat 3

Biaya untuk menyusuri Goa Grand Canyon hampir sama dengan tarif sewa perahu, jadi anda tidak perlu khawatir wisata ini akan menguras kantong anda. Di area Grand Canyon, anda akan melihat jejeran batu-batu besar dan pohon yang lebat. Bagi anda yang suka trekking, inilah waktu yang tepat untuk melepaskan rasa kangen anda. Menyusuri gua harus dilakyukan secara hati-hati karena dasarnya berlumut sehingga licin. Setelah melakukan trekking yang cukup panjang, anda akan sampai  ke kolam putri. Disini rasa lelah anda akan terbayar lunas dengan melihat Kolam Putri dan airnya yang segar. Kolam putri adalah genangan yang terbentuk secara alami yang airnya berasal dri tetesan air tebing. Konon, air yang menetes dari dinding gua tersebut memiliki efek untuk terapi. Dan jika diusapkan ke wajah, bisa membuat kita awet muda. Sepertinya hal ini juga banyak terjadi di objek wisata lain yang memiliki sumber mata air alami. Namun, terlepas benar atau tidaknya cerita tersebut, yang jelas airnya sangat menyegarkan. Jika anda capek menyusuri Grand Canyon, silakan basuh muka anda dengan air ini, maka rasa lelah anda akan segera menghilang.\

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat 4

Anda juga bisa merasakan sensasi melompat dari ketinggian ke dalam Sungai. Batu tempat melompat tersebut memiliki nama Batu Payung. Silakan tanyakan kepada pemandu anda dimana lokasi Batu Payung tersebut jika anda ingin mencobanya. 

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat 5 
Nah, itu tadi sedikit panduan wisata ke Objek Wisata Grand Canyon. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Yuk Liburan ke Green Canyon Jawa Barat!”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger