Thursday, January 10, 2013

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan

,

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan - Memakai teknologi ramah lingkungan bukan hal baru bagi kita. Sudah lama sejak isu bumi mengalami pemanasan global, orang berusaha mencari cara untuk melestarikan lingkungan. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk konservasi bumi, namun adakah yang berhubungan dengan pariwisata? Ternyata ada, yaitu dengan menginap di hotel ramah lingkungan. Konsep hotel ramah lingkungan sebenarnya sederhana saja, yaitu memakai energi yang lebih aman (seperti tenaga angin, tenaga surya, dll), mendaur ulang benda yang masih bisa dipakai, membuat furnitur berbahan kayu untuk bangunan hotel, dan masih banyak lagi yang ada kaitannya dengan konservas alam.

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan

Walaupun kampanye hotel "hijau" mulai gencar dilakukan, namun kesadaran dan minat masyarakat masih minim. Terbukti dari fasilitas hotel yang kebanyakan masih mengandalkan listrik dan teknologi canggih lainnya. Jika anda ingin tahu seperti apa hotel ramah lingkungan itu, anda bisa berkunjung ke Matahari Beach Resort & Spa Bali. Ini adalah salah satu hotel di Bali yang sudah menerapkan konsep ramah lingkungan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencari hotel ramah lingkungan. Yang pertama adalah bertanya kepada orang lain. Keberadaan hotel hijau di Indonesia masih cukup minim, kalaupun ada belum tentu berisi penjelasan di bagian luar yang menunjukkan bahwa hotel tersebut ramah lingkungan. Cara termudah untuk menemukan hotel seperti ini adalah dengan melakukan pencarian lewat internet karena biasanya di internet ada berbagai informasi yang sangat spesifik.

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan 2

Jika sudah menemukan hotel hijau yang diinginkan, anda bisa melakukan pemesanan. 1 atau 2 malam  mungkin sudah cukup jika anda hanya ingin tahu seperti apa menginap di hotel ramah lingkungan. Namun jika anda ingin menginap di hotel tersebut lebih lama, silakan saja. Hal lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah lihat apakah hotel tersebut mendapatkan sertifikasi green hotel dari lembaga tertentu. Anda juga bisa bertanya informasi terkait kampanye "hijau" yang dilakukan pihak hotel. Hotel seperti ini biasanya akan meminta tamu untuk memakai barang lebih dari satu kali jika memungkinkan. Selain itu sistem pengolahan limbahnya juga baik untuk bisa menimimalisir polusi. Air sisa bekas mandi tidak dibuang begitu saja, melainkan dipakai untuk keperluan lain seperti menyiram tanaman.

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan 3

Indikator lain untuk menentukan hotel ramah lingkungan adalah ada tidaknya larangan merokok. Jika ada hotel yang melarang rokok bagi tamu, mungkin saja hotel tersebut sedang melakukan kampanye peyelamatan lingkungan. Oleh sebab itu silakan tanyakan kepada resepsionis apakah memang benar hotel tersebut menerapkan konsep ramah lingkungan. Jika iya, tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan merokok barang beberapa hari. Selain berkontribusi terhadap alam, lebih sehat juga kan bagi tubuh? Jika anda tidak mampu berhenti merokok, tanyakan apakah ada ruangan khusus yang disediakan bagi para perokok. Biasanya di hotel hijau tetap disediakan ruangan khusus untuk para tamu merokok.

Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan 4

Selain kampanye hemat energi yang dilakukan, hotel hijau mungkin akan memiliki rate yang lebih murah daripada hotel pada umumnya. Logikanya, hotel hijau berusaha meminimalisir pemakaian energi untuk operasional. Dengan begitu, biaya yang harus mereka keluarkan juga lebih dikit dari yang seharusnya. Ini akan berdampak pada harga sewa kamar yang lebih murah. Hotel hijau juga biasanya memiliki tampilan yang berbeda dari hotel lain, yaitu dengan taman yang luas. Tanaman adalah salah satu faktor terpenting di dalam upaya penyelamatan lingkungan. Oleh sebab itu jangan heran jika green hotel memiliki tampilan yang sangat hijau, dengan banyak pepohonan di sudut hotel dan furnitur yang terbuat dari kayu.

Itu tadi sedikit info menginap asik di hotel ramah lingkungan. Selamat berlibur.

0 komentar to “Menginap Asik di Hotel Ramah Lingkungan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger