Monday, January 14, 2013

Melihat Pura Tanah Lot yang Tersohor Itu!

,

Melihat Pura Tanah Lot yang Tersohor Itu! - Pulau Dewata adalah Pulau Seribu Pura, hal itulah yang agaknya diwakili oleh Objek wisata Tanah Lot di Tabanan, Bali. Berbicara tentang tanah lot, anda mungkin akan langsung terbayang dengan situasi pantai yang eksotis dengan sebuah pura yang megah berdiri di tengahnya. Pemandangan di tempat ini sedikit banyak mirip dengan pemandangan di Uluwatu atau Pura Tengah danau di Bedugul. Pura Tanah Lot berdiri di atas bongkahan karang yang sangat besar. Saat air sedang surut, maka Pura ini akan terlihat seperti pura di Bali pada umumnya. Sedangkan jika air sedang pasang, Pura ini nampak mengambang atau terpisah dari daratan utama.

Objek Wisata Pura Tanah Lot, Tabanan Bali

Satu hal menarik dari Pura Tanah Lot, pura ini adalah bagian dari Dang Kahyangan atau Pura-pura utama di Bali. Dan Pura Tanah Lot merupakan pura yang khusus memberikan pemujaan kepada dewa laut atau Dewa Baruna. Objek wisata ini terletak tepatnya di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, di Kabupaten Tabanan. Jarak objek wisata ini dari Denpasar hanya 33 km. Jika berkunjung dengan mobil, paling lambat anda akan sampai sekitar 1 jam. Nama Tanah Lot memiliki arti "Tanah laut", tanah memiliki arti bongkahan karang tempat pura berdiri, sedangkan Lot atau Lod memiliki arti laut. Jadi Tanah Lot artinya Pura yang berdiri di tengah laut. Sebenarnya lebih tepat disebut di  pantai, karena jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari bibir pantai. Tanah Lot adalah rumah bagi spesies ular laut berwarna hitam putih. Anda mungkin akan ketakukan saat melihatnya, namun menurut masyarakat setempat ular ini sangat jinak asalkan tidak diganggu.

Objek Wisata Pura Tanah Lot, Tabanan Bali 2

Menurut cerita, Pura Tanah Lot dibangun oleh Danghyang Nirartha, seorang Brahmana yang berkelana dari Tanah Jawa menuju Bali. Beliau menganut Agama Hindu dan menyebarkan Agama ini kepada masyarakat Bali kala itu. Di dalam perjalanannya akhirnya ia sampai di Desa Beraban. Bendesa Beraban yang saat itu menjabat tidak terima dengan kedatangan Danghyang Nirartha karena merasa tersaingi. Ia kemudian meminta Danghyang Nirartha untuk segera pergi dari Tanah Lot. Beliau menyanggupi, namun sebelum pergi ia memindahkan bongkahan batu ke dalam laut dengan kesaktiannya. Di atas bongkahan batu tersebut didirikanlah Pura, kemudian ia juga mengubah selendang yang dipakainya menjadi ular-ular yang bertugas untuk menjaga pura tersebut. Ular-ular tersebut masih bisa kita lihat hingga sekarang, memiliki perawakan yang agak pendek, berekor pipih, dan tubuh dengan gradasi warna hitum putih, dan kuning. Setelah melihat kekuatan Danghyang Nirartha yang maha dahsyat, Bendesa Beraban merasa takjub dan akhirnya menjadi salah satu pengikut dari Danghyang Nirartha.

Objek Wisata Pura Tanah Lot, Tabanan Bali 3

Berbeda dengan pura lain di Bali, Pura Tanah Lot tidak terbagi menjadi beberapa bagian / halaman, dari pintu masuk kita langsung bisa menuju Pura utama. Ini dikarenakan pola karang yang tidak beraturan tidak memungkinkan untuk dibuat halaman. Selain itu lahannya juga tidak terlalu besar dan sudah cukup sempit untuk menampung seluruh bangunan Pura. Karena letakkan yang agak ke atas, anda harus naik tangga untuk sampai ke Pura ini. Beberapa upacara keagamaan juga kerap dilakukan di Pura ini, salah satunya adalah piodalan yang berlangsung pada Rabu Wage Langkir setiap 6 bulan sekali. Saat piodalan, umat Hindu dari seluruh Bali akan berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk melakukan persembahyangan.

Objek Wisata Pura Tanah Lot, Tabanan Bali 4

Objek wisata Pura Tanah Lot hampir sama dengan objek wisata lain di Bali. Berbagai fasilitas sudah tersedia disini, seperti penginapan, toilet umum, art shop, restoran, fasilitas keamanan, tourist information centre, dll. Untuk sampai ke Pura utama, anda harus berjalan sekitar 10 menit karena jarak antara parkiran dan pura utama cukup jauh. Di sepanjang perjalanan, anda akan menemukan banyak toko cenderamata berjejer di sisi kiri dan kanan jalan. Di toko ini anda bisa menemukan berbagai pernak-pernik khas Bali, seperti baju bali, ukir-ukiran, tato, dsb.

Objek Wisata Pura Tanah Lot, Tabanan Bali 5

Nah, itu tadi sedikit informasi liburan ke Objek Wisata Tanah Lot. Selamat berlibur.

0 komentar to “Melihat Pura Tanah Lot yang Tersohor Itu!”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger