Thursday, December 27, 2012

Yuk Intip Keunikan Desa Wisata Candirejo?!

,

Yuk Intip Keunikan Desa Wisata Candirejo?! - Liburan ke tempat-tempat yang masih asri dan tradisional mungkin masuk dalam agenda liburan anda. Jika iya, berarti Desa Wisata Candirejo yang berlokasi di Jawa Tengah sangat tepat untuk dikunjungi. Disini anda bisa belajar tentang kehidupan masyarakat desa setempat bahkan bisa menginap di rumah warga jika mau. Desa ini terletak sangat dekat dengan Candi Borobudur, yaitu hanya sekitar 2,5 kilometer saja. Jadi jika anda sedang berlibur atau merencanakan liburan ke Borobudur, boleh deh langsung mampir ke tempat ini.

Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah

Dulunya Desa Wisata Candirejo adalah kawasan pedesaan biasa yang kerap didatangi oleh wisatawan untuk menginap di sela-sela wisata ke Candi Borobudur. Namun seiring berjalannya waktu, Desa ini tidak hanya didatangi sebagai tempat menginap saja, namun perlahan-lahan menjadi tempat wisata baru. Bisa dikatakan desa ini sangat erat kaitannya Dengan Candi Borobudur. Luas areal desa secara keseluruhan kurang lebih 365 hektar, 60% lahannya dikelola untuk pertanian, 20% untuk perumahan, dan sisanya masih berupa hutan liar. Jika dikelompokkan, sebenarnya jenis wisata di Desa Candirejo terdiri atas 3 macam, yaitu wisata budaya, agrowisata, dan wisata alam. Namun banyak orang tidak terlalu memusingkan istilah-istilah ini, mereka hanya datang untuk menikmati segala keindahan dan keunikan yang terdapat di desa ini.
Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah 2

Tidak ada waktu kunjungan khusus ke Desa Wisata Candirejo, anda bisa datang kapanpun anda mau. Tidak hanya turis lokal, namun turis mancanegara juga akan dilayani dengan ramah oleh masyarakatnya. Berbagai hal menarik bisa anda pelajari dari masyarakat desa, mulai dari kesenian daerah, tradisi setempat, dan industri rumah tangga yang dijalankan oleh masyarakat. Warga di desa ini masih menjaga kearifan lokal dengan sangat baik, berbagai upacara tradisional mungkin akan anda temui saat berlibur kesini. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah Upacara Adat Nyadran. Ini merupakan sebuah upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun untuk mendoakan leluhur. Upacara tersebut berlangsung pada Bulan Ruwah menurut Kalender Jawa. Salah satu kegiatan di dalam ritual ini adalah pemberian sesajen di Gunung Mijil. Sesajen tersebut bermakna agar para leluhur turut menikmati semua hasil bumi yang telah diperoleh oleh masyarakat Candirejo setiap tahun.

Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah 3

Karena lingkungannya masih asri, anda bisa berkeliling desa dengan berjalan kaki atau naik delman. Silakan nikmati nuansa hijau dan udara segar khas pedesaan. Masih ada beberapa kegiatan menarik lain yang bisa anda lakukan di Desa Wisata Candirejo, salah satunya adalah menoreh. Menoreh merupakan kegiatan untuk menemukan habitat asli berbagai spesies burung yang terdapat di desa ini. Selain itu anda juga bisa melihat berbagai macam tanaman obat yang tumbuh disini atau melihat bagaimana penduduk desa yang berprofesi sebagai petani menanam padi secara tradisional. Jika anda kebetulan datang saat musim panen tiba, anda bisa secara langsung melihat bagaimana proses panen padi atau bisa mencobanya sekalian. 

Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah 4

Satu fakta unik tentang Desa Wisata Candirejo, ternyata desa ini memang dipersiapkan untuk tempat wisata. Maka dari itu tersedia banyak akomodasi di tempat ini, jadi anda tidak perlu khawatir harus tidur dimana. Penginapan tersebut kebanyakan adalah rumah warga yang disewakan. Jadi selain bisa menginap, anda juga bisa bercengkerama dengan pemilik rumah. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk desa. Kerajinan tangan berbahan dasar pandan sering mereka kerjakan, dan hasilnya bisa berupa tas atau tikar. Kerajinan lainnya adalah berasal dari bambu yang dibuat untuk kursi, rak buu, tempat tidur, lukisan, dll.

Desa Wisata Candirejo Jawa Tengah 5

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang keunikan Desa Wisata Candirejo di Jawa Tengah. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Yuk Intip Keunikan Desa Wisata Candirejo?!”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger