Friday, December 28, 2012

Tips Mencegah Penipuan Saat Liburan

,

Tips Mencegah Penipuan Saat Liburan - Masalah bisa datang kapan saja, tidak terkecuali saat kita merencanakan liburan. Bepergian di dalam atau ke luar negeri sama beresikonya jika anda tidak hati-hati dalam berencana. Untuk mempersiapkan liburan, anda harus mulai dengan memesan tiket pesawat/bus/kereta, memesan kamar hotel, mempersiapkan barang bawaan, dll. Begitu banyak hal yang perlu anda persiapkan sehingga mungkin saja anda lengah dengan kondisi di sekitar anda. Ada berbagai celah yang bisa dimanfaatkan penipu untuk "menghabisi" korbannya. Jika anda baru pertama kali merencanakan liburan, silakan ikuti beberapa tips penting mencegah penipuan berikut ini:

Tips Mencegah Penipuan Saat Liburan
  1. Penipuan bisa terjadi pada biro perjalanan. Pernah mendengar calon jamaah haji yang gagal berangkat gara-gara ditipu oleh agen perjalanan? Nah, hal seperti ini tidak hanya bisa terjadi pada biro perjalanan ibadah haji, namun juga bisa terjadi pada biro perjalanan lainnya. Jika anda belum begitu yakin dengan kualitas agen perjalanan yang akan anda pergunakan, sebaiknya jangan buru-buru memakainya. Silakan cari informasi lebih banyak tentang agen perjalanan tersebut melalui media cetak, online, atau bertanya kepada teman. Biro perjalanan yang sudah lama berdiri dan melayani traveler tentu lebih baik daripada mencoba agen perjalanan yang baru berdiri. Anda bisa mencari rekomendasi agen perjalanan berkualitas melalui internet atau bertanya kepada teman-teman anda.
  2. Membeli tiket dari tempat yang resmi. Tiket adalah salah satu bagian terpenting dalam merencanakan perjalanan. Disini juga sangat rentan terhadap penipuan. Sama seperti sebelumnya, anda sebaiknya membeli tiket dari agen resmi, bukan dari calo atau semacamnya. Tips untuk mencegah penipuan ini tidak hanya berlaku jika anda ingin bepergian dengan pesawat, namun juga dengan kereta atau bus. Selain itu anda juga harus memperhatikan tujuan dan tanggal yang tertera pada tiket, pastikan semuanya sudah benar.
  3. Hati-hati memilih asuransi perjalanan. Tidak ada yang aman jika sudah berkaitan dengan uang. Memilih asuransi perjalanan yang tepat juga wajib anda lakukan untuk mencegah penipuan saat liburan. Orang biasanya akan memakai jasa asuransi perjalanan jika ingin merencanakan perjalanan yang menghabiskan banyak biaya. Bisa anda bayangkan jika ternyata asuransi perjalanan yang anda pakai ternyata "tipu-tipu"? Amblas sudah semua uang anda. Asuransi perjalanan yagn baik akan menyampaikan semuanya dengan jelas dan tidak mengenakan hidden fee kepada konsumen. Selain itu peraturan yang dibuat tidak berubah dan mereka tidak mempersulit konsumen untuk menebus polis jika memang anda berhak mendapatkannya. Jenis asuransi perjalanan sangat luas, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  4. Bawalah uang tunai secukupnya. Kartu kredit sangat rawan dengan hijacking jika anda tidak berhati-hati menggunakannya. Jika anda membawa uang tunai, maka hal seperti itu tidak perlu anda khawatirkan. Jikapun anda tetap ingin membawa kartu kredit saat bepergian, pergunakanlah secara bijak. Jangan mudah tergiur dengan berbagai bentuk penawaran kepada pegguna kartu kredit karena bisa-bisa "ada udang di balik batu". Selain bisa mencegah penipuan saat liburan, membawa uang tunai juga efektif untuk menghemat pengeluaran anda. Setidaknya anda akan ingat dengan jumlah yang anda keluarkan. Berbeda dengan memakai kartu kredit, mungkin anda tidak sadar telah belanja begitu banyak.
  5. Mencari penginapan berkualitas. Mencari rekomendasi hotel yang nyaman dan murah tidak sulit jika anda mau sediki bersusah payah. Coba buka beberapa situs booking hotel online seperti Agoda.com. Disana anda bisa melihat review hotel dari berbagai tempat di seluruh dunia sekaligus dengan tarifnya. Kemudian silakan baca juga komentar dari member yang telah menginap di hotel tersebut. Jika hotel tersebut mendapatkan rating A atau B dari semua member, maka bisa dipastikan hotel tersebut berkualitas. Sedangkan jika banyak yang memberikan feedback buruk, sebaliknya anda beralih ke hotel lain.
Nah, itu tadi beberapa tips untuk mencegah penipuan saat liburan. Semoga membantu

0 komentar to “Tips Mencegah Penipuan Saat Liburan ”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger