Tuesday, December 25, 2012

Tips Bepergian saat Musim Hujan

,

Tips Bepergian saat Musim Hujan - Sama halnya dengan musim dingin, musim hujan biasanya dihindari untuk berlibur. Ada banyak kerepotan yang akan kita temui jika bepergian saat musim hujan. Pakaian mudah kotor terkena cipratan lumpur, hujan, sinyal ponsel terganggu, mudah terserang flu, dan masih banyak lagi hal merepotkan lainnya. Namun jika anda tetap harus bepergian saat musim hujan, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda:

Tips Bepergian saat Musim Hujan
  1. Jangan lupakan payung atau jas hujan. Tanpa kedua benda ini, bagaimana anda bisa bertahan jika tiba-tiba turun hujan saat di perjalanan. Inilah tidak enaknya bepergian saat musim hujan. Saat enak-enak berlibur ke sebuah objek wisata , kemudian tiba-tiba turun hujan, liburan anda jadi terganggu. Belum lagi jika anda termasuk orang yang mudah sakit saat terkena hujan. Oleh sebab itu bawalah kedua perlengkapan ini kemanapun anda pergi. Jas hujan diperlukan jika anda berkeliling dengan motor, sedangkan payung diperlukan jika anda berkeliling dengan berjalan kaki.
  2. Alas kaki anti air. Jika cuaca sedang mendung saat anda ingin berjalan-jalan, maka pakailah sepatu anti air. Ini agar kaki anda tidak basah jika hujan turun. Memakai sepatu kets atau sepatu lain yang menyerap air bisa membuat kaki anda basah kuyup dan bisa menyebabkan sakit. Selain anti air, sebaiknya pilih sepatu yang agak tinggi, seperti boots karena bisa mencegah air masuk ke dalam.
  3. Bawa pakaian lebih. Saat  musim hujan, anda akan memerlukan pakaian lebih banyak. Jika anda menginap di hotel dengan fasilitas mesin cuci mungkin tidak masalah. Lalu bagaimana jika anda berlibur dengan backpacking? Jika anda hanya membawa satu atau 2 setel pakaian saja, apa yang akan anda pakai jika semuanya basah? Memakai pakaian basah juga bisa membuat anda sakit dan masuk angin. Bawalah minimal 4 pasang pakaian.
  4. Bawa tas anti air. Semua perlengkapan anti air sangat diperlukan jika anda bepergian saat musim hujan. Inilah satu-satunya pelindung untuk semua barang yang anda bawa. Jika di tengah jalan tiba-tiba turun hujan dan anda tidak membawa payung atau jas, paling tidak dengan tas anti-air semua barang bawaan anda tidak akan basah. Apalagi anda membawa barang berharga seperti dokumen atau barang elektronik, air adalah ancaman besar. Ada banyak produk tas yang dibuat dengan bahan kedap air, anda bisa mencarinya di toko atau via internet.
  5. Segera cari tempat berteduh jika hujan turun. Jika hujan turun, segeralah cari tempat berteduh yang aman. Jangan diam di tempat terbuka apalagi jika petir mulai menyambar. Selain tempat terbuka, di bawah pohon juga sangat berbahaya. Agar lebih aman, silakan masuk ke dalam mobil atau ke dalam bangunan. Misalnya anda menemukan restoran atau kafetaria di dekat sana, jangan menunggu lagi segeralah masuk kesana. Selain berlindung dari hujan, namun anda juga bisa memesan secangkir teh atau kopi untuk menghangatkan badan.
  6. Perhatikan tempat anda menginap. Pastikan tempat menginap anda bebas dari banjir. Bisa anda bayangkan bagaimana repotnya jika anda harus mengalami banjir saat liburan. Hal-hal tidak menyenangkan seperti ini bisa anda hindari dengan mencari lebih banyak informasi tentang tempat anda menginap. Penginapan mewah dengan harga tinggi biasanya memberikan kenyamanan kepada tamu. Di saat seperti ini, jangan hanya melihat harga murah, namun kenyamanan adalah yang utama.
  7. Perhatikan kondisi fisik. Jika kondisi tubuh drop gara-gara terlalu banyak terkena hujan, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan liburan. Anda bisa beristirahat dulu sejenak di hotel hingga keadaan anda membaik. Jika semakin parah, segera datang ke dokter atau ke klinik terdekat untuk mendapatkan pengobatan.
Nah, itu tadi beberapa tips penting bepergian saat musim hujan. Semoga membantu.

0 komentar to “Tips Bepergian saat Musim Hujan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger