Thursday, December 6, 2012

Surfing di Atas Ombak Ganas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

,

Surfing di Atas Ombak Ganas Pelabuhan Ratu - Pantai Pelabuhan Ratu terletak di arah 60 km dari Kota Sukabumi. Ini adalah objek wisata yang cukup terkenal di kawasan Jawa Barat. Pelabuhan Ratu berada di pesisir Selatan Pulau Jawa, berbatasan langsung dengan Samudera hindia. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat sehingga anda harus berhati-hati jika ingin berenang disana. Tidak hanya ombaknya saja yang kuat, namun pantai ini memiliki perpaduan antara bebatuan karang yang terjal serta permukaan yang curam dan landai. Keamanan sangat perlu anda perhatikan saat berada di sekitar pantai ini.


Pantai Pelabuhan Ratu memiliki daya tarik yang tinggi, bahkan Presiden Soekarno pernah membuat tempat peristirahatan disini pada tahun 1960. Pembangunan Samudra Beach Hotel (salah satu hotel terbesar di sekitar kawasan ini) diprakarsai oleh beliau. Hotel ini dibangun menggunakan hasil rampasan dari Jepang pada masa penjajahan dulu bersama dengan Hotel lain seperti, Hotel Indonesia dan Bali Beach Hotel. Berlibur ke tempat ini bukan berarti anda harus mempersiapkan budget besar. Masih ada alternatif penginapan lain dengan harga yang lebih murah, yaitu sekelas losmen atau penginapan kecil lainnya. 

Di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu terdapat beberapa objek wisata menarik yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Karang Hawu yang terletak kurang lebih 20 dari Pantai ini. Pantai Hawu memiliki bentuk karang yang khas yakni menyerupai sebuah tungku. Anda juga bisa mengunjungi pantai lain yang tidak kalah menarik seperti Pantai Cibareno, Cibangban, dan Tanjo Resmi. Jika ingin mandi air hangat, silakan berkunjung ke sumber Air Panas Cisolok. Air panas ini memiliki kandungan sulfur yang tinggi sehingga baik untuk mengobati penyakit kulit.


Karena ombaknya yang kuat, surfin adalah salah satu kegiatan favorit di Pantai Pelabuhan Ratu. Ada setidaknya 9 titik selancar di sekitar tempat ini, yaitu Sunset Beach, Karang Sari, Batu Guram, Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Samudra Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Setiap titik selancar memiliki karakteristik ombak yang berbeda-beda sehingga sangat cocok untuk melatih kemampuan anda berselancar. Namun anda juga tetap harus berhati-hati, ombak yang besar membuat pantai ini lebih "angker" dari pantai lain di Indonesia. Seringkali kita mendengar pantai ini memakan korban. Hal ini menimbulkan kesan mistis sangat kuat di Pelabuhan Ratu. Banyak yang meyakini bahwa Pantai ini merupakan rumah dari Nyi Roro Kidul, Sang penguasa Laut Selatan. Bahkan ada kamar khusus yang disediakan untuknya di Samudera Beach Hotel.


Untuk sampai ke Pantai Pelabuhan Ratu tidak susah. Jika anda ingin pergi Bogor, anda bis menaiki bis dengan rute Bogor - Pelabuhan Ratu dengan tarif sekitar Rp. 25 ribu. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3,5 jam. Rute kedua adalah melalui Depok, silakan anda ikuti jalur berikut ini: Sawangan >> Pengasinan >> Sasak Panjang >> Cilendek >> Ciomas >> Ramayana >> Batu Tulis >> Cijeruk. Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Bogor - Sukabumi.


Dari Pelabuhan Ratu, anda bisa berkunjung ke Pantai lain seperti Karanghawu dengan jarak tempuh 14 km. Anda juga bisa berkunjung ke Ujung Genteng dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Jika anda ingin melihat penangkaran penyu, silakan datang ke Pantai Pangumbahan. Sebelum masuk kompleks wisata, anda harus membayar Rp. 15 ribu (per mobil) di pintu masuk. Di tengah kawasan wisata anda bisa melihat Pantai Pelabuhan Ratu yang sangat luas. Anda bisa berkendara sembari menikmati pemandangan alamnya. Jika ingin menginap, anda bisa mencari hotel di sekitar kawasan tersebut. Mencari makan mudah disini. Salah satu rumah makan yang cukup diminati adalah RM Mutiara Sari. Berbagai menu lezat khas laut bisa anda temukan disini. 

0 komentar to “Surfing di Atas Ombak Ganas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger