Saturday, December 29, 2012

Sunset Romantis di Pantai Parangtritis, Yogyakarta

,

Sunset Romantis di Pantai Parangtritis, Yogyakarta - Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Bunaken, Sanur, Raja Ampat, Senggigi, itu hanya beberapa pantai cantik yang terdapat di Tanah Air Tercinta. Namun ada satu pantai indah yang berlokasi di Yogyakarta, namanya adalah Pantai Parangtritis. Masyarakat kota Yogyakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan pantai yang satu ini. Bagi anda yang berada di luar kota, silakan datang ke tempat ini dan lihat secara langsung keindahannya. Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 kilometer dari Kota Jogja, tepatnya di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Anda bisa datang kesini dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pantai Parangtritis tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga memiliki sunsetnya yang indah dan romantis. Cobalah datang kesini pada senja hari, anda bisa langsung menyaksikannya.

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Sebagai salah satu kawasan wisata favorit, ada banyak pemandangan menarik yang ditawarkan oleh Pantai Parangtritis. Salah satunya adalah sebuah reruntuhan candi kuno di sebelah timur tebing, namanya Candi Gembirawati. Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa mengikuti jalan di dekat Hotel  Queen of the South. Dari sini silakan lanjutkan perjalanan mengikuti jalan setapak sekitar 100 meter. Selain menyimpan potensi wisata yang besar, Pantai Parangtritis juga sangat identik dengan Legenda Ratu Kidul. Sebagian orang Jawa percaya jika sebenarnya Pantai Parangtritis merupakan sebuah gerbang ghaib menuju kerajaan Ratu Kidul, Sang Penguasa Laut Selatan. Menurut legenda, dulunya ada seseorang bernama Dipokusumo melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Setelah sampai disini, beliau melakukan semedi. Di tengah semedinya tersebut, beliau menyaksikan ada air menetes (tumaritis) dari dalam celah batu karang (parang). Dari situlah nama Parangtritis berasal.

Pantai Parangtritis Yogyakarta 2

Lalu apa saja keunikan Pantai Parangtritis sehingga anda harus berkunjung ke sana? Pantai Parangtritis  memiliki formasi geologi yang unik, dengan bukit pasir dan berbatu di sekitarnya. Selain itu pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam. Sebenarnya kawasan Pantai Parangtritis meliputi areal yang cukup luas. Di sepanjang garis pantai, ada beberapa pantai lain seperti Pantai Parangkusumo, Pantai Parangwedang, dan Pantai Depok. Selain itu ada beberapa tempat menarik lain di sekitar sini, seperti Petilasan Parangkusumo, Makam Syeh Maulana Magribi, tempat pelelangan ikan, dan Gumuk Pasir. Nah, jika anda ingin merasakan sensasi mandi air panas, di sekitar sini juga ada sebuah tempat pemandian air panas. Air di kolam tersebut mengandung banyak belerang sehingga efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Pantai Parangtritis Yogyakarta 3

Tidak hanya itu, di sekitar objek wisata Pantai Parangtritis juga terdapat kompleks kerajinan tangan dan penyewaan berbagai macam wahana hiburan, seperti paralayang, dokar, dan motor ATV. Untuk konsumsi, anda tidak perlu khawatir karena disini juga terdapat banyak penjual jagung dan makanan lainnya. Ingin menikmati penganan khas sambil melihat Pantai Parangtritis dari atas tebing? Silakan datang ke bagian utara pantai. Disana terdapat banyak bukit yang menjadi tempat berkumpulnya para penjual makanan. Jika anda ingin pengalaman yang lebih menantang, silakan mencoba atraksi yang lebih menantang seperti paralayang dan gantole. Kedua wahana ini bisa anda temukan di Bukit Parangndog yang terletak di bagian timur Pantai Parangtritis. Tidak hanya permainannya saja yang menantang, namun jalan menuju bukit tersebut juga sama menantangnya. Untuk sampai ke atas bukit, anda harus melewati medan yang cukup berat. Namun kelelahan akan sirna setelah anda sampai di atas bukit.

Pantai Parangtritis Yogyakarta 4

Bicara soal fasilitas, Objek wisata Pantai Parangtritis sudah cukup lengkap. Disini tersedia banyak penginapan. Bagi anda yang datang dari luar daerah tidak perlu lagi bingung harus tidur dimana. Harga penginapan juga sangat beragam dan menjangkau kantong semua lapisan masyarakat. Di sekitar pantai berjejer toko souvenir. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Yogyakarta, silakan beli disini. Warung makan dan toko kelontong juga sudah banyak tersedia dengan makanan khas bernuansa seafood. Jadi bagi anda penggemar makanan laut, anda bisa berwisata kuliner sepuasnya di tempat ini. Berbagai menu seperti ikan laut, cumi-cumi, udang, kepiting, dll, bisa anda nikmati sembari melihat keindahan Pantai Parangtritis. Harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis adalah Rp. 3.000,- saja, sedangkan tarif parkirnya sekitar Rp. 500,- sampai Rp. 2.000,- tergantung dari jenis kendaraan yang dipergunakan.

Pantai Parangtritis Yogyakarta 5

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang objek wisata Pantai Parangtritis. Selamat berlibur!

0 komentar to “Sunset Romantis di Pantai Parangtritis, Yogyakarta”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger