Monday, December 17, 2012

Menyusuri Hijaunya Taman Wisata Kaliurang, Yogyakarta

,

Menyusuri Hijaunya Taman Wisata Kaliurang - Yogyakarta memiliki beberapa objek wisata andalan, salah satunya adalah Kaliurang. Wisata Kaliurang berada di lereng Gunung Merapi. Tempat ini berjarak 28 dari Kota Yogyakarta. Satu keunikan dari Kaliurang adalah tempat ini memiliki kemiripan dengan daerah wisata Puncak Bogor. Tempat ini sudah mulai dikunjungi sejak Era Penjajahan Belanda. Penemuan tempat ini bermula saat beberapa ahli Geologi asal Belanda mencoba menelusuri Yogyakarta untuk mencari tempat beristirahat. Kemudian di dalam perjalanan, mereka bertemu dengan sebuah tempat yang sangat indah dan sejuk, tempat itu disebut dengan Kaliurang. Mereka semua akhirnya membangun beberapa bungalow di sekitar tempat ini.

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta

Setelah Penjajahan Belanda berakhir, Objek Wisata Kaliurang masih tetap ramai dikunjungi. Banyak orang yang datang kesini sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan alamnya. Popularitas Kaliurang mendorong sejumlah perusahaan untuk membangun wisma di sekitar tempat ini. Wisma yang awalnya dibangun untuk keperluan perusahaan tersebut kini beralih fungsi menjadi penginapan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung kesana. Karena berada di ketinggian laut, Kaliurang memiliki udara yang sejuk dengan temperatur harian sekitar 20-25 derajat celsius. Dari sini kita bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Merapi.

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta 2

Berbicara soal fasilitas, Objek wisata Kaliurang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya adalah Taman Rekreasi. Ini merupakan tempat yang tepat untuk mengajak keluarga anda bermain dan menghabiskan waktu. Di dalam taman rekreasi terdapat beberapa wahana bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan kolam renang mini. Selain itu tersedia juga mini car yang bisa dinaiki oleh anak-anak untuk masuk ke dalam patung naga yang membentuk lorong. Selain itu juga terdapat Taman wisata Plawangan Turgo dan kolam renang Tlogo Putri. Kolam renang ini berisi air yang datangnya dari Bukit Plawangan. Di sisi timur kawasan Kaliurang anda bisa menemukan sekelompok kera yang berloncatan dari satu dahan ke dahan lain. Karena memang masih berupa kawasan hutan yang alami, tempat ini dihuni oleh beberapa spesies hewan.

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta 3

Tidak hanya menikmati keindahan alam, disini anda juga bisa mempelajari sejarah Indonesia. Salah satu bukti sejarah yang masih ada hingga saat ini adalah Pesangrahan Dalem Ngeksigondo. Tempat ini dulu pernah dipergunakan untuk melangsungkan pertemuan komisi tiga negara. Untuk menyusuri keindahan Kaliurang, anda bisa menyewa kereta kelinci. Jalur yang dilalui ooleh kereta kelinci biasanya dari timur ke barat. Tarif yang dikenakan tidak mahal, hanya Rp. 3.000,- per orang untuk sekali perjalanan. Kemudian soal penginapan, anda bisa menemukan yang cukup murah disini. Tarif penginapan sangat beragam, yang termurah adalah sekitar Rp. 50.000,-. Jika anda ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, anda bisa mencoba jadah atau tempe bacem. Tarif masuk ke Taman Wisata Kaliurang cukup murah. Biaya retribusinya adalah sebesar Rp. 200,- untuk roda dua dan Rp. 1000,- untuk roda empat. Sedangkan untuk tiket masuk adalah sebesar Ro. 2.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 1.000,- untuk anak kecil. Harga tiket masuk biasanya meningkat sedikit saat musim liburan, yaitu Rp. 3.000,- untuk orang dewasa dan untuk anak-anak Rp. 1.500,-

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta 4

Satu tips penting berlibur ke Kaliurang adalah datanglah ramai-ramai. Tidak enak rasanya jika mengunjungi tempat yang indah dan sejuk seperti ini seorang diri. Jangan lupa juga membawa beberapa perlengkapan hiburan seperti gitar atau yang lainnya. Sedangkan untuk konsumsi, anda tidak perlu repot-repot membawanya karena disini anda bisa menemukan penjaja makanan dengan mudah.

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta 5

Nah, itu tadi informasi liburan ke Taman Wisata Kaliurang yang berlokasi di Yogyakarta. Selamat berlibur.

0 komentar to “Menyusuri Hijaunya Taman Wisata Kaliurang, Yogyakarta”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger