Monday, December 3, 2012

Melihat Keasrian Air Terjun Grojogan Sewu, Jateng

,

Melihat Keasrian Air Terjun Grojogan Sewu, Jateng - Walaupun berhawa panas karena terletak di garis ekuator, ada beberapa tempat di Indonesia yang sangat "adem". Salah satunya adalah air terjun-nya. Memiliki kontur daratan yang berlekuk-lekuk membuat Indonesia memiliki banyak sekali air terjun. Di setiap provinsi di Indonesia sepertinya ada saja air terjun andalan. Untuk Provinsi Jawa Tengah, salah satu air terjun andalannya adalah Grojogan Sewu. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, atau sekitar 27 m di Timur Kota Karanganyar. Air Terjun ini berada di dalam kompleks Hutan Wisata Grojogan Sewu, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Air terjun ini berada di ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, oleh sebab itu hawanya sangat sejuk dan asri. Jika anda berasal dari luar kota yang pada penduduk dan akrab dengan polusi, anda akan merasakan nuansa yang berbeda di tempat ini.

Air Terjun Grojogan Sewu
  
Grojogan Sewu memiliki arti air terjun seribu, walaupun sebenarnya jumlah air terjun tidak sampai seribu di tempat ini. Namun ada beberapa titik air terjun yang bisa anda kunjungi, yang tertinggi adalah 80 meter. Grojogan Sewu akan penuh dengan air saat musim hujan tiba. Sedangkan di musim kemarau, debit airnya berkurang dan menyebabkan kekeringan di beberapa air terjun lain. Daerah Hutan Wisata Grojogan Sewu sama seperti hutan lain di Indonesia, baik secara vegetasi atau spesies hewan yang hidup di dalamnya. Di dalam hutan, anda akan menemukan kelompok kera yang dikenal jinak. Walaupun jinak, kera-kera tersebut bisa saja jahil dan mengambil barang-barang bawaan anda. Oleh sebab itu dekap erat barang-barang bawaan anda selama menyusuri areal hutan, apalagi barang-barang berwarna mencolok atau makanan. Kera-kera bisa bersikap sangat agresif jika sudah melihat makanan.

Air Terjun Grojogan Sewu 2

Walaupun destinasi utamanya adalah air terjun, namun soal fasilitas objek wisata ini cukup lengkap. Anda bisa menemukan tempat istirahat, kolam renang, penjual makanan, cinderamata, MCK, mushola, dll. Disini makanan andalannya adalah sate kelinci. Jika anda belum pernah mencobanya, saat datang ke Grojogan Sewu cobalah merasakan uniknya rasa sate ini. Pertama kali mencoba mungkin akan terasa berbeda karena daging kelinci agak alot. Namun dengan sambal kacang yang lezat, lama-lama anda akan menikmati hidangan sehat ini. Daging kelinci memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya untuk menyembuhka asma, mengatur kolesterol dalam darah, menurunkan kadar gula, penyubur kandungan, dll. Di sekitar tempat ini juga terdapat fasilitas permainan, seperti arung jeram, flying fox, duta playgroud, dan wahana outbound lainnya.

Air Terjun Grojogan Sewu 3

Harga tiket masuk ke objek wisata Grojogan Sewu relatif murah. Anda hanya akan dikenakan Rp. 18.000,- saja sekali masuk. Bahkan untuk pelajar bisa lebih murah lagi, yaitu Rp. 9.000,- . Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore waktu setempat. Pintu masuk pertama ke Grojogan Sewu terletak di atas, anda harus menuruni tangga untuk mencapai lokasi air terjun. Di sepanjang perjalanan anda bisa melihat beberapa gazebo. Jika kelelahan, silakan beristirahat sejenak di tempat tersebut. Sesampainya di bawah, anda bisa langsung melihat Air Terjun Grojogan Sewu yang indah itu. Anda bisa melihatnya dari jauh atau dari dekat. Jika ingin mendekat, harap berhati-hati karena jalannya agak terjal dengan bebatuan yang cukup tajam. Tidak puas hanya melihat keindahannya saja, anda juga bisa mandi disini. Namun jangan mandi tepat di bawah air terjun karena kucuran airnya cukup deras.

Air Terjun Grojogan Sewu 4

Nah itu adalah sedikit informasi tentang objek wisata Grojogan Sewu. Jika anda sedang berlibur di Jawa Tengah, singgahlah ke tempat yang sejuk dan asri ini.

0 komentar to “Melihat Keasrian Air Terjun Grojogan Sewu, Jateng”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger