Sunday, December 9, 2012

Megahnya Maskot Bali Garuda Wisnu Kencana

,

Megahnya Maskot Bali Garuda Wisnu Kencana - Jika anda sering berwisata ke Bali, mungkin sudah tidak asing lagi dengan GWK atau Garuda Wisnu Kencana. GWK adalah sebuah objek wisata di Jimbaran, Bali yang di dalamnya terdapat Patung Dewa Wisnu yang disucikan oleh umat Hindu Bali. Patung tersebut memiliki tinggi 92 meter, dengan pondasi setinggi 46 meter dan patung utamanya setinggi 46 meter. GWK adalah sebuah megaproyek yang digadang-gadang akan mampu mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat. Di dalam perwujudannya, Dewa Wisnu menaiki kendaraan berupa burung garuda berwarna emas. Menurut mitologi umat Hindu Bali, Dewa Wisnu bertugas untuk memelihara alam semesta dan burung Garuda adalah simbol kebebasan dan kesetiaan. Garuda Wisnu Kencana merupakan objek wisata sekaligus ikon Provinsi Bali. Ide pembangunannya adalah milik I Nyoman Nuarta, seorang pematung terkenal dari Tabanan, Bali. Dia adalah lulusan ITB dan telah menciptakan banyak karya-karya megah seperti Monumen Proklamator Indonesia, Monuem Arjuna Wijaya, dan Monumen Jalesveva Jayamahe.
Objek wisata Garuda Wisnu Kencana biasanya akan sangat ramai jika hari libur tiba. Pengunjung dari luar kota maupun luar provinsi sepertinya tidak mau melewatkan tempat ini saat berlibur ke Bali. Akses yang mudah semakin membuat ramai tempat ini. Jika ingin berangkat dari Kuta, akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Jika jalan bypass sedang lengang, biasanya akan sampai lebih cepat. Patung GWK terletak di ketinggian laut. Objek wisata ini berdekatan dengan beberapa objek wisata populer lain , seperti Uluwatu, Pantai Dreamland, Pantai Bluepoint, dan pantai-pantai menarik lainnya. Disini terdapat banyak pantai karena memang lokasinya berada di garis pantai. Selain itu anda juga bisa melihat pemandangan kota Denpasar dan sekitarnya dari atas sini Mengingat begitu besarnya patung GWK, kelak jika sudah selesai monumen ini akan terlihat jelas dari kejauhan.
Di sekitar objek wisata Garuda Wisnu Kencana, terdapat sebuah bukit kapur yang dipahat sedemikian rupa sehingga terlihat indah. Pada hari biasa tempat ini menjadi tempat singgah wisatawan. Sedangkan di hari-hari tertentu akan dipergunakan untuk melangsungkan acara. Bukit pasir ini sebagian masih berupa balok-balok, sedangkan sebagian lagi sudah mulai dipahat. Ini tentu menjadi nilai lebih yang akan semakin melambungkan nama GWK sebagai salah satu objek wisata terpopuler di Bali. Di dalam kompleks GWK ada sebuah mata air suci yang disebut dengan Parahyangan Somaka Giri. Masyarakat setempat percaya bahwa air ini memiliki khasiat penyembuhan karena mengandung banyak mineral. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk meminta air suci tersebut.
Di hari-hari biasa area GWK tidak terlalu penuh oleh pengunjung, jadi anda bisa benar-benar menikmati keindahan tempat ini. Sedangkan jika ada pementasan seni dan budaya, tempat ini bisa menjadi sangat ramai. Di dalam kompleks terdapat panggung pertunjukan bernama Lotus Pond yang mampu menampung hingga 7.500 orang. Tempat menarik lainnya adalah Exhibition Gallery, Plaza Kura-kura, dan Street Theatre.
Untuk masuk ke tempat ini anda hanya perlu membayar Rp. 20.000,- setiap kali masuk. Sedangkan jika anda ingin memasukkan mobil ke kompleks GWK, anda harus membawa biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk motor. Objek wisata GWK memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Disini anda bisa menemukan toko-toko yang menjual makanan atau souvenir. Harga barang disini mungkin sedikit lebih mahal daripada tempat lainnya. Tapi sepertinya pengunjung tidak terlalu mempermasalahkan hal itu. Saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa kamera digital. Hampir semua rombongan wisata membawa kamera ke tempat ini. sepertinya mereka tidak mau melewatkan momen berfoto di depan patung Garuda Wisnu Kencana.
 

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Objek wisata Garuda Wisnu Kencana. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Megahnya Maskot Bali Garuda Wisnu Kencana”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger