Monday, December 24, 2012

Kompleks Wisata Taman Mini Indonesia Indah

,

Kompleks Wisata Taman Mini Indonesia Indah - Sedang mencari tempat untuk menghabiskan liburan natal dan tahun baru? Tenang saja, jika anda sedang berada di Jakarta, silakan datang ke TMII. TMII atau Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu tempat wisata di daerah Jakarta Timur yang sudah sangat terkenal. Daerahnya sangat luas, yaitu sekitar 150 hektar. Di dalam area seluas ini, terdapat berbagai atraksi dan wahana menarik. Jadi tempat ini benar-benar seperti sebuah kompleks wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. TMII pada dasarnya adalah rangkuman dari berbagai kebudayaan yang terdapat di Indonesia. Disini anda bisa menemukan berbagai hal tenang Indonesia, mulai dari arsitektur bangunan, kesenian daerah, tradisi, busana, dll. Ada sebuah pemandangan menarik yang bisa anda lihat di dalam TMII, yaitu sebuah danau yang merupakan miniatur Negara Indonesia. Di tengah tempat terdapat banyak sarana rekreasi seperti kereta gantung, museum, dan Teater IMAX.


Ide pembangunan tempat wisata ini adalah milik Siti Hartinah yang lebih dikenal dengan nama Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini muncul pada 13 Maret 1970 dan diharapkan dengan proyek ini bangsa Indonesia menjadi lebih bangga dengan Tanah Airnya. Saat proyek ini dibangun oleh Yayasan Harapan Kita, namanya masih "Ind0oesia Indah". Pembagunannya sendiri dmulai sekitar tahun 1972, memakan waktu sekitar tiga tahun dan akhirnya diresmikan pada 20 April 1975. Taman Wisata Indonesia Indah menjadi objek wisata andalan karena selain menawarkan berbagai hal menarik kepada pengunjung, tiket masuknya pun tidak mahal. Ada banyak tempat menarik disini, namun sebaiknya anda tidak melewatkan beberapa tempat berikut ini. Yang pertama adalah miniatur kepulauan Indonesia. Melihat tempat ini seperti melihat Negara Indonesia dari atas. Ada 2 transportasi yang bisa anda pergunakan, yang pertama adalah dengan perahu angsa dengan tarif Rp. 7.500,-. Yang kedua adalah dengan kereta gantung dengan tarif Rp. 25.000,-.


Atraksi berikutnya yang sebaiknya tidak anda lewatkan adalah rumah adat. Disini anda bisa melihat 33 macam rumah adat asli Indonesia. Jadi tidak hanya tahu lewat buku saja, melainkan anda bisa secara langsung melihat seperti apa bentuknya. Harga tiket masuk ke wahana ini tidak mahal, hanya berkisar Rp. 3.000,- saja. Anda bisa memulai perjalanan dari rumah adat NAD kemudian dilanjutkan dengan anjungan-anjungan lainnya. Tempat lain yang juga mencerminkan kemajemukan bangsa Indonesia adalah tempat ibadah. Disini ada 7 tempat peribadatan masyarakat Indonesia, seperti Masjid, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Pura, Wihara, dan Klenteng. Dari sini kita bisa belajar tentang arti toleransi antar umat beragama.


Dereta museum juga menjadi tempat favorit di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Ada sekitar 16 museum disini, seperti Museum Prangko, Museum Timur, Museum Transportasi, Museum Listrik, dll. Harga tiket masuk ke museum adalah sekitar Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,-. Namun khusus untuk Museum Komodo, harga tiket masuknya sedikit lebih mahal, yakni Rp. 10.000,-. Harga ini tidak mahal dibandingkan dengan informasi dan wawasan yang bisa anda dapatkan saat masuk ke tempat ini. Tempat lain yang juga menarik di kompleks TMII adalah tamannya. Ada 10 taman berbeda yang mewakili kekayaan flora dan fauna di Indonesia, seperti taman burung, taman bunga, taman air tawar dan serangga. Harga tiket masuk ke setiap taman berbeda-beda, dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 15.000,-.


Ada pula arena rekreasi yang berisi berbagai macam wahana untuk anda dan keluarga. Namun untuk menikmati wahana-wahana yang terdapat disini, anda mungkin harus mempersiapkan budget lebih, pasalnya beberapa wahana memiliki tarif cukup mahal. Yang termurah misalnya perahu angsa, memiliki tarif Rp. 7.500,-. Sedangkan wahana yang mahal contohnya adalah balon raksasa degan tarif Rp. 120.000,-. Berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah yang luas mungkin tidak cukup hanya sekali saja. Jadi silakan datang bersama keluarga saat musim liburan tiba.

0 komentar to “Kompleks Wisata Taman Mini Indonesia Indah”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger