Friday, December 7, 2012

Cara Menghemat Budget untuk Liburan

,

Cara Menghemat Budget untuk Liburan - Berkunjung ke sebuah objek wisata, apalagi yang terletak di luar negeri memerlukan persiapan khusus. Persiapan tidak hanya soal kesehatan dan mental, namun juga budget yang memadai. Sudah tidak asing lagi jika seseorang bisa menghabiskan hingga puluhan juta rupiah untuk sekali perjalanan. Tiket pesawat ke luar negeri sangat mahal, belum lagi berbagai kebutuhan lain seperti akomodasi, konsumsi, shopping, dsb. Namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat budget liburan anda. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Pesan tiket lebih awal. Tiket pesawat akan naik menjelang keberangkatan. Oleh sebab itu anda sebaiknya memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan. Memesan tiket pesawat sejak awal bisa menghemat budget liburan hingga 20%. Bahkan jika maskapai penerbangan memberlakukan promo, anda bisa dapat lebih murah lagi.
  2. Menggunakan jasa reservasi online. Saat ini banyak website online yang menjadi penghubung maskapai penerbangan dengan konsumen / penumpang. Segala bentuk promosi biasanya disampaikan secara langsung pada website-website tersebut. Untuk menghemat budget liburan anda, sering-seringlah berkunjung ke situs reservasi onlin seperti CheapOair. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari informasi diskon kesana-kemari.
  3. Bersikap fleksibel. Bepergian di hari Jumat mungkin menyenangkan karena kita sudah bebas dari rutinitas kantor dan bersiap untuk menghabiskan liburan. Namun harga tiket di Hari Jumat biasanya lebih tinggi dari hari lain. Bukannya menghemat budget untuk liburan, anda malah harus mengeluarkan biaya tambahan. Oleh sebab itu bersikaplah fleksibel terhadap hari keberangkatan agar anda mendapatkan harga tiket terbaik. Pertimbangkan untuk terbang di hari Rabu karena di hari ini biasanya harga tiket pesawat cukup murah. Bahkan anda bisa mendapatkan diskon hingga 50% jika bersedia untuk terbang di malam hari. Kesempatan lain untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah memesan tiket menjelang detik-detik keberangkatan. Terkadang maskapai gagal memenuhi kuota penumpang sehingga menurunkan harga tiket menjelang keberangkatan.
  4. Pergunakan maskapai yang bersedia mengembalikan selisih harga tiket. Anda mungkin pernah mengalami kejadian seperti ini. Pertama membeli tiket dengan harga yang cukup tinggi, kemudian keesokan harinya tiket dengan tujuan dan penerbangan yang sama mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Pada situasi seperti ini, anda mungkin mengalami kerugian yang cukup besar. Banyak maskapai mengenakan biaya ekstra jika penumpang mengganti penerbangan, namun banyak juga yang mau mengembalikan selisih harga tiket pesawat. Dengan cara ini anda bisa menghemat budget untuk liburan cukup banyak.
  5. Pakai jasa agen perjalanan. Agen perjalanan biasanya menawarkan paket wisata yang mampu menarik minat anda. Pertama anda tidak perlu repot-repot mempersiapkan liburan anda, apalagi liburan ke luar negeri. Kedua anda bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah. Misalnya harga tiket pesawat jika dibeli langsung Rp. 2 juta. Kemudian anda membeli paket wisata yang sudah termasuk tiket pesawat, dan dihitung-hitung ternyata harganya menjadi Rp. 1,5 juta. Membeli paket wisata akan menghemat budget karena di dalamnya sudah termasuk banyak service, misalnya akomodasi, konsumsi, transportasi, hiburan, dsb.
  6. Booking hotel via online. Menghemat budget untuk liburan tidak hanya bisa dilakukan dengan mencari tiket pesawat murah, namun juga bisa dengan mencari hotel murah. Biaya menginap terkadang jauh lebih besar daripada biaya untuk tiket pesawat, terutam jika anda bepergian lebih dari satu hari. Anda bisa memakai jasa booking hotel online seperti Agoda.com atau semacamnya untuk mendapatkan tarif penginapan murah.
  7. Menjadi penumpang tetap. Jika anda sering memakai maskapai penerbangan tertentu, anda akan berpeluang besar menjadi penumpang spesial. Ada banyak kemudahan yang bisa anda dapatkan, salah satunya adalah harga tiket pesawat yang lebih murah dari penumpang lainnya.
Nah, itu adalah beberapa tips untuk menghemat budget untuk liburan. Semoga membantu.

1 komentar:

  • December 8, 2012 at 8:49 AM
    Kang Nugraha says:

    Tips yang sangat menarik!

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger