Saturday, December 1, 2012

Belajar Freediving di Laut Indonesia

,

Belajar Freediving di Laut Indonesia - Anda mungkin sudah sering mendengar istilah diving, lalu bagaimana dengan freediving? Freediving sebenarnya hampir sama dengan diving, yaitu menyelam ke kedalaman laut. Hanya saja bedanya diving memakai alat bantu pernafasan seperti tabung oksigen, sedangkan freediving tidak sama sekali. Karena minimnya alat bantu, anda harus benar-benar melatih fisik secara serius terutama pernafasan. Tentu saja hal ini sangat penting, bagaimana jika berada di tengah laut anda tiba-tiba ingin menarik nafas? Akan fatal akibatnya jika anda tidak membiasakan diri untuk belajar freediving. Kemampuan freediving akan semakin meningkat dengan sering dilatih. Kegiatan ini tidak hanya mengandalkan kemampuan fisik semata, namun juga perhitungan yang tepat. Anda harus memperkirakan seberapa dalam kemampuan anda untuk menyelam dengan oksigen yang anda hirup.

Belajar Freediving di Laut Indonesia

Ingat, freediving sangat berbeda dengan diving. Jangan melakukannya tanpa belajar terlebih dahulu atau panduan dari ahli. Anda bisa belajar diving di laut Indonesia. Indonesia adalah Negara Maritim, jadi menemukan pantai tidak susah sama sekali. Namun menemukan instruktur untuk mengajari anda tentu tidak mudah karena kegiatan ini relatif masih baru jika dibandingkan dengan diving. Jika anda kebetulan sedang berada di Lombok, anda bisa belajar darai Freedive Gili. Ini adalah sebuah asosiasi yang materi utamanya mengajarkan freediving kepada para wisatawan. Disini anda akan diajarkan teknik-teknik freediving, mengatur pernafasan dengan yoga, belajar teknik pernafasan diafragma, resiko yang mungkin terjadi saat menyelam dan bagaimana cara menghadapinya. Semua instruktur yang akan mengajari anda sudah ahli dalam melakukan teknik ini. Yang perlu anda lakukan adalah fokus dan fokus saat mengikuti sesi latihan.

Olahraga ini sebenarnya telah dikenal sejak lama, bahkan catatan tentang freediving telah ada sejak 5000 tahun sebelum masehi di Skandinavia. Orang-orang Yunani juga sudah lama belajar tentang olahraga air ini. Orang Korea, misalnya yang tinggi di daerah Jeju melakukan freediving untuk menangkap ikan di kedalaman laut. Beberapa tahun belakangan ini, freediving kembali populer. Seperti yang dikatakan sebelumnya, belajar freediving harus berfokus pada pernafasan karena paru-paru anda akan menggantikan fungsi tabung oksigen.

Belajar Freediving di Laut Indonesia 2

Berikut adalah tips penting mengatur pernafasan saat belajar freediving. Yang pertama adalah pemanasan, hal ini penting untuk dilakukan setiap kali anda ingin melakukan freediving. Caranya adalah dengan menarik nafas panjang kemudian menahannya jika paru-paru sudah penuh. Coba tahan nafas anda hingga kepala terasa sedikit pening. Itu berarti batas kemampuan anda menahan nafas. Jika sudah tidak kuat, hembuskan nafas secara perlahan dalam 5-10 detik. Lakukan hal ini 5 hingga 6 kali setiap sesi latihan. Saat belajar freediving, anda juga harus melepaskan semua ketegangan dan ketakukan dalam diri. Bagaimana jika di dalam air tiba-tiba anda panik? Bisa-bisa anda tidak sengaja menarik nafas, dan ini sangat fatal. 

Saat anda merasa cemas, detak jantung akan meningkat,  pembakaran energi menjadi semakin cepat dan oksigen menjadi lebih cepat habis. Berada di bawah air benar-benar akan menekan tubuh anda ke titik terendah, jadi anda harus belajar untuk tenang. Untuk mengatasi ketakukan saat belajar diving adalah anda harus memulainya dengan beberapa meter saja, misalnya 5 meter di dari permukaan laut. Tahan nafas anda hingga sudah tidak kuat lagi kemudian naik ke rmukaan. Anda bisa menambahkan kedalaman setiap kali sesi latihan agar semakin terbiasa. Saat belajar freediving, hal lain yang juga sangat penting adalah mengurangi aktivitas tubuh. Semakin banyak anda bergerak di dalam air, semakin banyak pula pembakaran yang akan terjadi sehingga oksigen cepat berkurang.

Belajar Freediving di Laut Indonesia 3

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengurangi kerja tubuh adalah dengan melatih pernafasan diafragma. Beberapa freediver terutama yang masih pemula cenderung memakai otot-otot mereka untuk membantu pernafasan. Namun hal ini hanya akan meningkatkan pemakaian energi dalam tubuh. Sebagai gantinya cobalah menghirup nafas dengan sedikit aksi, ini akan membantu oksigen bertahan cukup lama di dalam paru-paru sehingga anda bisa menyelam lebih lama.

Belajar freediving di laut Indonesia adalah pengalaman yang menyenangkan. Indonesia dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang indah, jadi anda akan benar-benar menikmati kegiatan ini. Walaupun terlihat menyenangkan, tetap saja freediving adalah olahraga yang ekstrim dan perlu latihan matang sebelum anda benar-benar menguasainya.

0 komentar to “Belajar Freediving di Laut Indonesia”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger