Wednesday, December 19, 2012

Apa itu Asuransi Perjalanan dan Bagaimana Cara Memilihnya?

,

Apa itu Asuransi Perjalanan dan Bagaimana Cara Memilihnya? - Saat ingin bepergian ke tempat yang jauh, anda mungkin pernah terpikir untuk memakai asuransi perjalanan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat ingin melakukan liburan, mulai dari menentukan destinasi, barang-barang bawaan, dsb. Tidak peduli seberapa matang anda telah mempersiapkannya, masalah bisa saja muncul sehingga mengganggu agenda perjalanan anda. Inilah saat dimana asuransi perjalanan sangat diperlukan, yakni agar anda mendapatkan kompensasi dari hal-hal merugikan yang mungkin terjadi di perjalanan.

jenis asuransi perjalanan

Saat ini tersedia beberapa jenis asuransi perjalanan yang bisa kita pilih, tergantung dari lamanya perjalanan yang kita lakukan dan jenis perjalanan tersebut. Yang paling umum adalah masalah pembatalan perjalanann atau gangguan dalam perjalanan. Kebanyakan asuransi perjalanan bersedia mengganti untuk penundaan keberangkatan karena cuaca, sakit yang datang tiba-tiba, kebangkrutan maskapai penerbangan, kematian, dan keamanan. Selain itu jaminan asuransi juga termasuk masalah kesehatan. Asuransi perjalanan ini bisa anda pilih jika ingin bepergian ke tempat-tempat yang memiliki tingkat kesehatan kurang baik atau jika anda mengalami masalah kesehatan kronis yang perlu pemantauan serius. Asuransi bersedia mengganti biaya yang anda keluarkan untuk datang ke dokter, obat-obatan, dan terkadang biaya untuk evakuasi untuk keluar dari sebuah negara. Karena jaminan yang ditawarkan setiap asuransi perjalanan berbeda-beda, anda sebaiknya meminta detil informasi kepada perusahaan asuransi bersangkutan.

Beberapa maskapai tidak memberikan pengembalian uang kepada penumpang jika sebuah penerbangan harus dibatalkan. Untuk masalah yang satu ini, anda juga bisa memanfaatkan asuransi perjalanan. Jika anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh atau sering bepergian, sebaiknya pilih asuransi yang lengkap. Semakin lengkap jaminan yang tercantum pada polis asuransi, semakin aman pula anda karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama melakukan perjalanan.

Sebelum memilih asuransi perjalanan, anda harus menanyakan beberapa pertanyaan berikut kepada diri anda:
  1. Apa saja yang saya butuhkan? Hal ini perlu pertimbangan yang matang. Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama anda harus memikirkan tentang apa tujuan anda melakukan perjalanan tersebut dan apa fokus utamanya. Misalnya anda ingin berlibur bersama keluarga atau sendirian, untuk bulan madu, dsb. Setiap tempat wisata di dunia memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Jika anda ingin bepergian ke tempat yang memiliki tingkat keamanan rendah, anda akan memerlukan jaminan asuransi yang lebih lengkap. Jika anda berlibur bersama keluarga dan mengeluarkan biaya sangat banyak untuk tiket, anda bisa memilih asuransi perjalanan dengan premi rendah. Atau jika keluarga anda tidak kompak sehingga bisa mengganggu perjalanan, anda sebaiknya memiliki asuransi perjalanan yang cakupannya lebih luas.
  2. Seberapa sering saya melakukan perjalanan? Jika anda hanya bepergian sekali setahun, anda hanya perlu mengasuransikan perjalanan tersebut. Sedangkan jika anda cukup sering melakukan perjalanan, anda bisa memilih asuransi dengan jaminan tahunan.
  3. Kemana saya akan pergi? Ada banyak asuransi perjalanan yang memiliki cakupan sangat luas. Jika anda sudah tahu akan pergi kemana, anda bisa memberitahukan kepada pihak asuransi. Dengan ini anda tidak perlu membayar asuransi untuk tempat-tempat yang tidak akan anda kunjungi.
  4. Apakah saya memerlukan jaminan khusus? Jika anda sudah berusia lanjut atau memiliki cacat fisik, anda mungkin harus membayar lebih untuk asuransi perjalanan tersebut. Daripada harus membayar asuransi premium, lebih baik anda memilih asuransi yang menyediakan coverage yang lebih spesifik. Beberapa perusahaan asuransi berusaha menyajikan jaminan asuransi secara spesifik untuk menekan biaya yang harus dibayarkan nasabah.
Nah, itu tadi informasi tentang apa itu asuransi perjalanan dan cara memilihnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar to “Apa itu Asuransi Perjalanan dan Bagaimana Cara Memilihnya?”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger