Thursday, November 29, 2012

Liburan Menyenangkan ke Kebun Binatang Ragunan

,

Liburan Menyenangkan ke Kebun Binatang Ragunan - Jakarta memang identik dengan hiruk-pikuk dunia kerja, kemacetan, dan berbagai masalah lainnya. Jika anda ingin menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas, datanglah ke Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini memiliki lahan yang sangat luas dan ditumbuhi banyak pepohonan. Saat berada di dalamnya, anda akan merasakan udara yang sangat segar, berbeda dengan lokasi Jakarta pada umumnya. Tak jarang orang datang ke Ragunan hanya untuk "ngadem", padahal ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan disini.


Kebun Binatang Ragunan didirikan pada tahun 1864, dulunya terletak di Cikini, Jakarta Pusat. Kemudian dipindahkan ke kawasan Ragunan, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Tiket masuk ke tempat ini sangat murah, yaitu sekitar Rp. 4.000,-, jadi anda mengajak putra-putri anda libur kesini tanpa ribet masalah budget. Wisatawan diijinkan untuk menggelar tikar di dalam kompleks kebun binatang. Jadi jika anda memang sedang ingin berpiknik, datang saja ke Kebun Binatang Ragunan.


Dengan luas sekitar 140 hektar, Kebun Binatang ini adalah rumah bagi sekitar 4000 hewan yang berasal dari 260 spesies. Beberapa hewan yang bisa anda temui disini adalah Gajah Sumatera, Rusa Totol, Elang Bondol, Ungko, Komodo, Orangutan, Onta, Gorilla, Harimau Sumatera, Harimau Putih, dan Singa. Tidak hanya mamalia saja, namun hewan dari golongan unggas dan reptil juga terdapat disini. Sekitar 90% hewan yang mendiami tempat ini berasal dari Indonesia. Kandang-kandang hewan diatur sedemikian rupa sehingga mirip dengan habitat aslinya. Ini akan membuat anda semakin dekat dengan satwa-satwa tersebut. Anda bisa menyusuri jalan dan melewati kandang demi kandang untuk melihat hewan di dalamnya. Pengalaman ini semakin menyenangkan karena udaranya yang sejuk. Tah heran karena kompleks Kebun Binatang Ragunan ditumbuhi oleh sekitar 50 ribu pohon.


Jika anda ingin berkeliling dengan lebih cepat, anda bisa berkeliling dengan kereta wisata atau sepeda. Tentunya anda harus membayarkan sejumlah uang untuk menggunakan fasilitas ini. Namun biayanya tidak terlalu banyak, untuk kereta wisata harganya hanya Rp. 6.500,- per orang dan sepeda hanya Rp. 15.000,- per jam. Fasilitas lain yang terdapat di Kebun Binatang Ragunan antara lain toilet, rumah makan, dan mushola. Jika anda mengajak putra-putri untuk liburan kesini, anda bisa mengajak mereka untuk berkunjung ke Taman Wisata Anak. Disini mereka bisa belajar tentang hewan, seperti domba, marmut, ayam, kambing, kura-kura, burung kakatua, dsb. Di dalam kompleks tempat ini terdapat gedung pendidikan (tempat untuk mengajar anak TK dan SD), area piknik (tempat luas untuk para pengunjung. Anda bisa berpiknik di bawah pepohonan yang rindang), play ground yang berisi berbagai wahana menarik seperti jaring laba-laba, lubang tikus, rumah pohon, dan kereta mini.


Salah satu atraksi andalan di Kebun Binatang Ragunan adalah Pusat Primata Schmutzer, ini merupakan kawasan konservasi terbesar di dunia. Tempat ini memiliki luas sebesar 13 ha dan memiliki konsep open zoo. Jadi anda masuk kesini dan bisa langsung bercengkerama dengan primata yang terdapat di dalamnya. Kandangnya ditata sedemikian rupa hingga mirip degan habitat aslinya​. ​ Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 5.000,- dan dilarang untuk membawa makanan dan minuman. Pengunjung juga tidak diijinkan untuk memberi makan primata-primata tersebut. Jika anda ingin minum, disini sudah tersedia keran air minum yang bisa langsung anda minum. Di dalam kompleks ini terdapat laboratorium, karantina, jembatan pohon, dan pusat pendidikan satwa.


Tempat lain yang bisa anda kunjungi di kompleks Taman Wisata Ragunan adalah Pusat Informasi dan Taman Perahu. Selain itu ada sebuah wahana baru di tempat ini, yaitu rakit wisata. Jangan lupa mencobanya kalau sedang berkunjung. Nah, itu tadi sedikit informasi wisata ke Kebun Binatang Ragunan. Selamat berkunjung.

0 komentar to “Liburan Menyenangkan ke Kebun Binatang Ragunan ”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger