Tuesday, November 13, 2012

5 Tips Aman Bepergian Bersama Hewan Peliharaan

,

5 Tips Aman Bepergian Bersama Hewan Peliharaan - Banyak orang yang beranggapan bahwa hewan adalah keluarga. Jadi apapun aktivitas yang dilakukan keluarga, hewan peliharaan juga harus ikut. Traveling bersama hewan peliharaan bukanlah hal yang baru, mungkin anda juga menginginkannya. ­Membawa hewan di dalam mobil untuk berjalan-jalan memang agak rumit terutama jika hewan peliharaan anda belum terbiasa. Namun jika mereka sudah pernah beberapa kali melakukannya, mereka akan terbiasa. Berikut adalah 5 tips aman bepergian bersama hewan peliharaan:

bepergian bersama hewan peliharaan

1. Mempersiapkan hewan anda untuk diajak bepergian

Jika anda ingin bepergian bersama hewan peliharaan, maka anda harus mempersiapkannya dari awal. Jika hewan tersebut belum pernah sama sekali berada di dalam mobil, silakan ajak berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan. Ini untuk membuatnya terbiasa sehingga bisa menempuh jarak jauh. Selain itu pastikan kondisi hewan anda sedang sehat. Percuma saja mengajak hewan saat sakit karena mereka tidak akan aktif seperti biasanya. Periksakan kesehatan hewan anda beberapa hari menjelang keberangkatan. Untuk membawa hewan kecil yang aktif, anda sebaiknya memasukkan ke dalam kandang saat bepergian. Sedangkan jika anda membawa anjing berukuran besar, anda bisa melepaskannya di dalam mobil.

2. Siapkan kotak perlengkapan

Tidak hanya anda saja yang memerlukan kotak perlengkapan saat traveling ke suatu tempat, namun hewan peliharaan juga. Bawa semua perlengkapan yang akan mereka butuhkan selama perjalanan. Misalnya makanan, mainan, suplemen, atau alat perawatan kencatikan. Anda juga bisa membawa obat-obatan untuk mengantisipasi jika hewan peliharaan anda melukai orang lain selama di perjalanan.

3. Jaga mood hewan anda

Hewan yang tidak terbiasa di dalam mobil biasanya moodnya cepat berubah. Mereka jadi pendiam dan malas melakukan sesuatu. Namun banyak juga yang gelisah dalam perjalanan. Jika anda bepergian bersama anggota keluarga yang lain atau teman, minta mereka untuk mengajak hewan peliharaan bermain. Ini penting agar mereka tidak merasa bosan dan stress. Saat bepergian bersama hewan peliharaan, keamanan di dalam mobil juga harus dijaga. Jangan pernah membuka pintu mobil terlalu lebar karena hewan anda bisa saja melompat keluar. Ini bisa mengakibatkan luka serius atau bahkan kematian.

4. Istirahat selama perjalanan

Saat bepergian bersama hewan peliharaan, anda juga perlu melakukan beberapa kali istirahat terutama jika jarak tempuh perjalanan anda sangat jauh. Ini penting untuk menjaga mood mereka. Seperti halnya kita saat melakukan perjalanan, pasti mencari-cari waktu untuk beristirahat. Beristirahat akan membantu mereka memulihkan tenaga dan mencegah stress yang berkepanjangan. Saat istirahat, anda bisa memberi mereka makanan kecil agar mereka senang kembali. Saat berada di tempat pemberhentian, hewan peliharaan harus tetap berada bawah pengawasan anda. Berada di lingkungan baru bisa membuat hewan bersikap aneh dan agresif, sehingga beresiko melukai orang lain. Jika anda ingin meninggalkan hewan untuk sementara waktu, jangan menaruhnya di luar mobil agar karena rentan terhadap berbagai jenis masalah. Letakkan saja di dalam mobil, namun sebisa mungkin parkir di tempat yang teduh agar mereka tidak kepanasan.

5. Pakai sabuk pengaman

Tidak hanya manusia saja yang perlu memakai sabuk pengaman, namun hewan peliharaan juga. Ini penting untuk menjaga keselamatan mereka. Sabuk pengaman ini dibuat khusus menyesuaikan bentuk tubuh hewan peliharaan. Sabuk ini biasanya dilingkarkan di sekitar kaki depan hewan hingga ke punggung. Untuk mengamankan hewan berukuran kecil, anda bisa memasukkannya ke dalam kandang kemudian mengingkatkan kandang pada sabuk pengaman. Sedangkan untuk hewan yang lebih besar, anda bisa langsung memakaikan sabuk ini ke badan mereka.

Nah, itu adalah 5 tips aman bepergian bersama hewan peliharaan. Semoga membantu.

0 komentar to “5 Tips Aman Bepergian Bersama Hewan Peliharaan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger