Sunday, October 28, 2012

Tips Penting Berlibur Bersama Keluarga

,

Berlibur ke sebuah tempat bersama keluarga selalu menjadi momen yang menyenangkan. Namun bagi anda yang baru pertama kali berlibur ke sebuah tempat bersama keluarga, tentu perlu persiapan yang lebih matang. Berikut adalah beberapa tips penting berlibur bersama keluarga:


1. Tentukan tujuan anda

Jika anda berencana berlibur bersama keluarga, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih tempat wisata. Ada banyak sekali objek wisata yang bisa anda kunjungi dari Sabang sampai Merauke. Sebaiknya tempat wisata yang akan anda kunjungi sudah mengakomodasi semua keinginan peserta. Misalnya anda ingin pergi dengan beberapa orang dewasa dan anak-anak. Kesukaan orang dewasa tentu berbeda dengan anak-anak. Anak-anak akan lebih suka berwisata ke tempat-tempat dimana mereka bisa menghabiskan waktu liburan dengan sepuas-puasnya, seperti Dufan, Taman Nasional, pantai, dsb. Mereka mungkin akan sedikit segan jika diajak jalan-jalan untuk wisata sejarah atau semacamnya. Di sisi lain kalian para dewasa juga harus senang berkunjung ke tempat wisata tersebut. Intinya carilah tempat wisata terbaik yang semua anggota keluarga sukai.

2. Kemas semua perlengkapan anggota keluarga

Jika anda ingin pergi bersama beberapa KK, maka minta mereka mempersiapkan barang-barang sebelum keberangkatan. Sedangkan jika yang ikut adalah keluarga kecil, maka anda sendiri yang harus aktif dalam mempersiapkan semua barang tersebut. Jangan sampai anda melewatkan barang-barang penting seperti dompet atau ponsel saat liburan bersama keluarga. Jika anda mengajak anak-anak, jangan lupa juga membawa perlengkapan mereka agar tidak bosan di dalam perjalanan. Jika anda mengajak bayi, perlengkapan penting seperti popok dan susu juga harus dibawa. Jika anda berencana untuk berlibur ke tempat yang cukup jauh, maka barang-barang tidak harus semuanya dibawa. Cukup masukkan yang penting-penting saja. Sisanya bisa anda beli di sepanjang perjalanan atau setelah sampai di tempat tujuan.

3. Susun rencana kegiatan anda

Berlibur bersama keluarga terutama anak kecil kadang cukup merepotkan karena mereka sering tidak bisa diatur. Sekarang mau pergi kesini, sebentar lagi ingin pergi ke sana. Orang dewasa wajib mengambil peran utama dalam liburan kali ini. Silakan minta saran kepada anak kecil kira-kira tempat wisata mana yang menarik bagi mereka. Setelah menemukan tempat wisata yang cocok, anda sebaiknya langsung menyusun rencana kegiatan apa saja yang akan anda lakukan. Misalnya anda hanya punya waktu liburan sehari, dan anda memutuskan untuk liburan di taman hiburan. Maka silakan anda pikirkan wahana apa saja yang akan anda dan keluarga naiki. Patut diingat bahwa kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika anda mengajak banyak orang untuk liburan, silakan minta saran mereka tentang wahana terbaik yang sebaiknya dinaiki. Menyusun kegiatan seperti ini sangat membantu dalam memaksimalkan waktu. Jika anda hanya memiliki waktu yang sangat terbatas, setidaknya dengan menyusun jadwal semua orang yang ikut liburan menjadi puas.

4. Cari tempat menginap

Jika anda berlibur bersama keluarga untuk jangka waktu yang lebih lama, anda sudah harus memikirkan tentang akomodasi. Liburan bersama keluarga tidak ada bedanya dengan liburan sendiri atau bersama teman. Kenyaman merupakan hal yang sebaiknya diprioritaskan. Jika anda mengajak banyak anggota keluarga untuk liburan, anda bisa memilih penginapan yang lebih murah namun tetap tidak menghilangkan unsur kenyamanannya. Tidak ada salahnya juga sekali-sekali bermalam di hotel yang mewah untuk melengkapi liburan tersebut.

5. Jaga kesehatan semua keluarga

Sangat penting untuk menjaga kesehatan saat berlibur bersama keluarga. Satu saja ada yang sakit, maka semua anggota akan kerepotan, apalagi yang sakit adalah anak kecil. Demam sedikit biasanya mereka langsung rewel, ini akan membuat anda kerepotan di dalam perjalanan. Sebelum berangkat, silakan periksa kembali kesehatan mereka satu persatu. Jika ada anak atau orang dewasa yang mengeluh tidak enak badan, mungkin memang sebaiknya perjalanan tersebut ditunda. Atau jika tidak keberatan, anda bisa meninggalkan anggota yang sakit di rumah. Sebagai tindakan pencegahan, beberapa hari sebelum keberangkatan anda harus rajin memberikan makanan sehat kepada seluruh anggota keluarga. Makanan sehat tidak hanya mampu mencegah datangnya penyakit, namun juga bisa membuat tubuh lebih berstamina sehingga lebih enerjik selama liburan. Pertimbangkan juga untuk membawa obat-obatan ringan sebagai persiapan jika nanti di perjalanan ada yang jatuh sakit.

1 komentar:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger