Friday, October 12, 2012

Piramida Khafre Mesir di buka kembali untuk Wisatawan

,

Piramida terbesar kedua di Giza-Mesir, Piramida Khafre, telah dibuka kembali untuk wisatawan setelah 10 tahun lebih menjalani pemugaran. Bilamana anda berkunjung ke Mesir, maka anda bisa berkunjung ke piramida khafre ini dan menelusurinya untuk melihat lihat bangunan kuno bangsa mesir lengkap dengan 6 makam kuno di dalamnya.

Bilamana kita membicarakan wisata di Negara mesir, maka yang terlintas di benak kita pertama kali tentunya piramida. Bangunan raksasa ini berada di kompleks kuno Giza, tak jauh dari ibukota Mesir yakni Kairo. Daerah Giza sendiri mempunyai 3 kompleks bangunan besar yakni Piramida Khufu, Piramida Sphinx, dan Piramida Khafre.

Dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang, piramida Khafre menjalani pemugaran yang diusahakan sedemikian hingga untuk mempertahankan bentuk asli nya dan membenahi kerusakan kerusakan yang dialami.

Piramida Khafre mempunyai 6 makam kuno, dimana salah satunya merupakan makam Ratu Meresankh III yang penuh pahatan dan patung-patung berusia ribuan tahun. Lorong-lorong berkelak kelok yang berada di dalam piramida ini menggambarkan bagaimana jeniusnya seniman dan pemahat batu pada zaman ribuan tahun yang lalu di Mesir. Muhammad Ibrahim, Menteri Purbakala Mesir dalam situs News Australia, pada hari Jumat (12/10/2012) mengatakan bahwa dia sangat senang dengan pembukaan kembali piramida khafre setelah menjalani pemugaran dan tertutup untuk umum selama 10 tahun belakang ini. 

meskipun piramida ini sudah berusia ribuan tahun, namun eksplorasi menyeluruh Piramida Khafre baru dilakukan tahun 1818. Di tahun 1990, Kementerian Negara Kepurbakalaan Mesir (MSA) baru menyadari bahwa kunjungan wisatawan ke piramida ini semakin meningkat setiap tahunnya, namun sayang bahwa ada tangan tangan usil yang menimbulkan kerusakan di dalam piramida. 

Akhirnya pemugaran kembali dengan budget US$ 4 juta (sekitar Rp 38 miliar) dilakukan oleh kementrian Negara kepurbakalaan Mesir. Dinding piramida dibersihkan dari coretan coretan kreasi pengunjung. Patung patung, pahatan pahatan, dan lukisan lukisan diawetkan kembali. Disamping itu Sistem penerangan dan ventilasi juga ditambah.

Dibukanya kembali Piramida Khafre tentunya akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Negara Mesir.

0 komentar to “Piramida Khafre Mesir di buka kembali untuk Wisatawan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger