Thursday, October 18, 2012

Mercusuar Tua di Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung

,

Mercusuar Tua di Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung - Pulau Lengkuas adalah salah satu objek wisata andalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan luas yang tidak lebih dari 1 hektar, pulau ini mampu menarik banyak wisatawan untuk datang kesana. Salah satu tontonan favorit di tempat ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah kolonial Belanda. Walaupun sudah berumur cukup tua, namun mercusuar tersebut masih aktif hingga sekarang.

Mercusuar tersebut memiliki tinggi 18 lantai dengan focal plane 61 meter. Dari atas mercusuar, anda bisa melihat view Pulau Lengkuas dengan leluasa. Namun sebelum memasuki mercusuar anda akan diminta untuk mencuci kaki terlebih dahulu karena bangunan ini terbuat dari baja. Jika terkena air laut, bangunan ini akan cepat berkarat.

Objek wisata Pulau Lengkuas
Karena memiliki wilayah yang sangat kecil, anda tidak akan menemukan pemukiman atau banyak manusia disini. Penghuni tempat ini hanyalah para penjaga mercusuar. Objek wisata Pulau Lengkuas memiliki panorama yang sangat indah, terutama karena ada banyak batu granit bertebaran di tempat ini. Selain itu air lautnya juga jernih dan memiliki pasir putih yang eksotis. Perlu waktu sekitar 30 menit untuk menjangkau tempat ini dari Tanjung Binga atau Tanjung kelayang. Untuk mengakses pulau ini, anda harus memakai perahu. Tarif sewa perahu biasanya antara Rp. 350 ribu - Rp 400 ribu per kapal. Jika anda memerlukan akomodasi, anda bisa mencarinya di sekitar Belitung. Namun anda juga bisa menginap di Pulau Lengkuas. Anda hanya perlu meminta ijin kepada petugas penjaga mercusuar serta mempersiapkan tenda untuk berkemah.

Satu hal yang perlu anda ingat, yaitu perhatikan kondisi cuaca sebelum berkunjung ke objek wisata Pulau Lengkuas. Di bulan-bulan tertentu ombak di pantai ini sangat besar sehingga mustahil untuk menyeberanginya. Hindari berkunjung pada bulan Desember hingga Januari karena pada bulan ini ombak sangat tidak stabil dan jauh lebih besar dari hari-hari biasanya. Tidak hanya masalah keselamatan, namun juga soal kenyamanan. Di bulan-bulan tersebut hujan kerapkali turun sehingga wisatawan tidak bisa menikmati pemandangan secara maksimal. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Lengkuas adalah pada Bulan Maret - November karena laut biasanya lebih tenang serta cuacanya lebih cerah.

Bagi anda yang sedang mencari wisata yang jauh dari kebisingan kota, maka objek wisata Pulau Lengkuas adalah pilihan yang tepat. Pulau ini masih sangat alami, dengan pepohonan hijau dan lingkungan yang tampak asri. Pulau Lengkuas  merupakan tempat yang cocok untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran . Anda bisa berjemur dan beristirahat di pesisir pantai sambil menikmati semilir angin yang menyejukkan hati. Ada berbagai tempat menarik yang bisa anda kunjungi disini, misalnya Pulau burung, Batu belayar, dan pulau Pasir. Dinamakan Pulau Burung karena tempat ini memiliki banyak bebatuan granit dan salah satunya membentuk formasi menyerupai seekor burung. Tempat ini biasanya menjadi tempat singgah para wisatawan setelah puas berlibur ke Pulau lengkuas.

Objek wisata Pulau Lengkuas 2
  
Pulau Lengkuas menawarkan wisata bahari yang menarik, oleh sebab itu anda sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berenang di pesisir pantai atau menyelam ke dalam laut. Pengunjung dapat melihat menyusuri dasar laut dan menyaksikan ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Ada beberapa titik penyelaman yang bagus di sekitar perairan ini. Tontonan yang tidak kalah menarik adalah anda bisa melihat penyu hijau yang dipelihara oleh penjaga mercusuar.

Karena memiliki wilayah yang tidak terlalu luas, wisatawan disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini. Semua makanan, minuman, dan berbagai peralatan yang dibawa dari rumah harus dibawa pula kembali agar tidak mengotori tempat ini.

Nah, itu adalah informasi perjalanan ke objek wisata Pulau Lengkuas. Tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Silakan anda atur kembali agenda liburan anda.

0 komentar to “Mercusuar Tua di Pulau Lengkuas, Kepulauan Bangka Belitung”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger