Saturday, October 27, 2012

Menjelajah Gunung Rinjani, Warisan UNESCO di Pulau Lombok

,

Bagi anda yang ingin melengkapi wisata ke Lombok, tidak ada salahnya berkunjung ke Objek wisata Gunung Rinjani. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, NTB. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.726 m di atas permukaan laut, merupakan Gunung Api tertinggi kedua setelah Gunung Kerinci. Sedangkan secara keseluruhan, Gunung Rinjani memiliki puncak tertinggi ketiga setelah Puncak Jaya di Papua. Gunung Rinjani terbentang di 3 kabupaten, yaitu Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Tengah. Gunung Rinjani merupakan wilayah yang berada di dalam cakupan Taman Nasional Gunung Rinjani yang diakui UNESCO sebagai salah satu taman geologi di Dunia.

Objek wisata Gunung Rinjani

Ada banyak sekali hal menarik jika kita berkunjung ke Gunung Rinjani. Disini anda bisa dengan mudah melihat kaldera yang memiliki luas 3.500 x 4.800 m. Di dalam kaldera ini ada sebuah danau unik yang diberi nama Segara Anak, degan luas kurang lebih 11 juta meter persegi dan kedalaman 230 meter. Air mengalir melalui kaldera menuju air terjun yang memiliki bentuk sangat indah. Di dalam danau ini juga banyak terdapat ikan sehingga anda bisa menyempatkan diri untuk memancing saat berkunjung kesini. 

Tidak hanya itu satu-satunya danau yang terdapat di Objek wisata Gunung Rinjani. Di sebelah selatan anda bisa melihat segara lain yang disebut dengan Segara Endut. Sedangkan di sebelah timur terdapat Gunung Barujari yang memiliki di dalamnya terdapat kawah dengan ketinggian 2.296 - 2376 m di atas laut.

Memiliki panorama yang sangat indah, Objek wisata Gunung Rinjani mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Puncak kunjungan biasanya terjadi pada bulan Juni hingga Agustus. Mengakses objek wisata ini tidak begitu sulit. Jika anda berangkat dari jakarta, anda bisa memakai kendaraan pribadi atau menaiki bus dengan jurusan Jakarta-Mataram. Daerah lain seperti Surabaya dan Denpasar juga memiliki akses yang cukup mudah kesini. Di sekitar Gunung Rinjani terdapat kurang lebih 20 desa. Untuk naik ke puncak gunung, anda bisa melewati beberapa jalur, namun jalan utamanya adalah di bagian utara dan timur.

Jika anda menyukai wisata biologi, ini adalah tempat liburan yang tepat. Gunung Rinjani terletak di zona transisi utama atau disebut dengan Wallace, sehingga flora dan fauna disini merupakan perpaduan antara Indonesia dan Australia. Gunung Rinjani memiliki banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan, namun seringkali sulit terlihat karena berada di kawasan yang sangat luas. Jika beruntung, anda mungkin bisa menemukan kera, rusa, landak, musang, atau kijang di sekitar Gunung Rinjani atau Taman Nasionalnya. Gunung Rinjani juga dihuni oleh berbagai spesies burung, salah satu yang menjadi ikon adalah Kakatua.

Objek wisata Gunung Rinjani 2

Ada berbagai tempat menarik yang akan anda temui selama menyusuri objek wisata Gunung Rinjani. Yang pertama adalah Bunut Ngengkang. Ini merupakan tempat persinggahan pertama selama perjalana​n. Selanjutnya anda akan melihat pos kedua, disini anda bisa beristirahat sembari menikmati pemandangan alam sekitar. Banyak pendaki yang menjadi bimbang di tempat ini, apakah ingin melanjutkan perjalanan yang masih jauh atau turun kembali ke kaki Gunung. Perlu waktu sekitar 2 jam untuk mendaki Gunung, oleh sebab itu anda sudah harus siap secara fisik dan mental. 

Di sekitar tempat ini juga anda bisa menemukan beberapa gua unik, diantaranya adalah Goa Paying, Goa Manik, dan Goa Susu. Ketiga goa ini memiliki karakternya masing-masing. Selain goa, anda juga bisa bekunjung ke pemandian air panas. Seperti yang anda ketahui, air panas merupakan sumber mata air yang sangat baik untuk pengobatan penyakit kulit dan tulang. Jadi silakan anda berendam kesini jika ingin melepaskan penat sembari bersantai.

Nah, itu adalah sedikit cuplikan keindahan objek wisata Gunung Rinjani. Bagi anda yang kebetulan berada di Lombok, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

0 komentar to “Menjelajah Gunung Rinjani, Warisan UNESCO di Pulau Lombok”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger