Wednesday, October 17, 2012

Memilih Kamera Digital untuk Liburan

,

Memilih Kamera Digital untuk Liburan - Liburan dan kamera digital bisa jadi 2 hal yang tidak terpisahkan. Dalam keseharian saja kita biasanya sering membawa kamera digital untuk “mengamankan” momen-momen berharga, apalagi saat berlibur di dalam atau ke luar negeri. Kamera digital memiliki harga yang sangat beragam, ada yang murah ada pula yang sangat mahal. Bahkan bagian dari kamera digital seperti lensa bisa memiliki harga lebih dari 9 juta rupiah. Beberapa kamera SLR ada yang memiliki satu lensa, 2 lensa, sedangkan beberapa lainnya hanya memiliki body saja.

Memilih Kamera Digital untuk Liburan

Lalu bagaimana memilih kamera digital untuk liburan?

Cara yang termudah tentu melihat dari harganya. Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Semakin mahal harga kamera digital, semakin lengkap pula spesifikasi yang bisa anda dapatkan. Kamera yang memiliki harga tinggi biasanya lebih kompleks dan memiliki output gambar yang lebih baik. Salah satu bahan pertimbangan adalah resolusi. Semakin besar resolusi sebuah kamera, semakin bagus dan detil juga hasil yang didapatkan. Kamera yang mahal juga biasanya memiliki sensor yang lebih lebar, kamera yang lebih besar, dan fitur yang lebih lengkap.

Hal yang perlu anda pertimbangkan saat memilih kamera digital untuk liburan adalah pertama masalah budget, silakan pikirkan kembali seberapa banyak budget yang ingin anda keluarkan. Yang kedua adalah foto seperti apa yang ingin anda tangkap dengan kamera tersebut karena setiap jenis kamera menghasilkan output yang berbeda-beda. Hal lain yang juga bisa menjadi bahan pertimbangan adalah apakah anda ingin memakai foto tersebut untuk keperluan pribadi ataukah menjualnya. Jika anda ingin menjualnya tentu anda harus memakai kamera berkualitas tinggi. Kemudian anda juga harus melihat apa yang akan anda lakukan pada foto-foto tersebut, apakah anda ingin mengedit sendiri atau menyerahkannya pada orang lain.

Cara termudah untuk memilih kamera digital untuk liburan anda adalah mencarinya via online. Kini kita bisa dengan mudah memilih dan membandingkan berbagai produk via online. Tinggal cari kata kunci terkait produk tersebut, anda akan menemukan segudang informasi yang sesuai. Berbagai aspek kamera digital tersaji secara lengkap, mulai dari spesifikasi, perbandingan dengan kamera lain, hasil tes, detil harga, contoh gambar, serta tambahan review dari pengguna. Biasanya sebuah review kamera digital akan mampu menggiring anda pada sebuah kesimpulan apakah kamera tersebut layak untuk anda atau tidak.

Memilih Kamera Digital untuk Liburan 2
Jika anda ingin informasi yang lebih lengkap, anda bisa datang langsung ke toko. Silakan sampaikan kepada penjual spesifikasi kamera apa saja yang anda perlukan serta dana yang tersedia. Biasanya mereka akan mampu memberikan solusi kamera terbaik untuk anda. Agar tidak seperti “membeli kucing dalam karung” anda juga bisa mencoba sampel kamera yang disediakan. Anda bisa menyentuh desainnya, melihat antarmukanya, kelengkapan fiturnya, serta mencoba menangkap beberapa foto dengan kamera digital tersebut. Coba lihat navigasi menu pada kamera digital tersebut, apakah memudahkan anda dalam memakainya atau justru terlalu rumit. Kemudian jangan lupa menanyakan masalah garansi, ini adalah salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah kamera digital. Semakin lama garansi yang diberikan, semakin bagus. 

Pertimbangan lainnya saat memilih kamera digital untuk liburan adalah mencari brand internasional. Kamera yang memiliki brand internasional biasanya memiliki banyak cabang di seluruh dunia sehingga kita mudah menemukannya. Jika kamera tersebut rusak saat traveling, anda bisa langsung membawanya ke counter terdekat. Dan satu lagi, sebelum anda berlibur pastikan anda sudah mahir menggunakannya karena ada beberapa kamera yang memerlukan pembelajaran intensif. Jika anda belum mampu memakai kamera tersebut saat keberangkatan, waktu liburan anda akan banyak tersita untuk mempelajarinya. Jika tidak ingin hal seperti itu terjadi alangkah baiknya jika anda mempelajarinya sejak dari rumah.

0 komentar to “Memilih Kamera Digital untuk Liburan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger