Tuesday, October 16, 2012

Alternatif Wisata Murah Waduk Jatiluhur, Jawa Barat

,

Alternatif Wisata Murah Waduk Jatiluhur, Jawa Barat - Indonesia memang memiliki banyak lokasi wisata yang indah dan menarik. Berwisata ke pantai atau ke puncak gunung mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan berwisata ke sebuah bendungan? Jika ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, silakan datang ke Waduk Jatiluhur. Objek wisata Waduk Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia yang terletak di Purwarkarta, Jawa Barat. Dengan luas sekitar 8.300 ha, danau ini mampu menyediakan sekitar 12,9 miliar meter kubik air pertahunnya. Karena itulah Waduk Jatiluhur sering dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air, irigasi, dan pengendali banjir.

Alternatif Wisata Murah Waduk Jatiluhur

Objek wisata Waduk Jatiluhur dibangun pada tahun 1957. Waduk ini memiliki nilai historis yang tinggi. Di bagian atas bendungan ada sebuah bangunan silinder yang merupakan tempat melimpasnya air menuju turbin di dalam bendungan. Anda bisa melihat air melimpas dengan sangat deras menuju bangunan silinder tesebut. Begitu derasnya limpasan sehingga jika ada matahari di belakangnya akan muncul pelangi yang indah. Sedangkan di bawah bendungan anda akan menemukan turbin. Turbin ini berfungsi untuk mengubah limpasan air menjadi energi listrik.

Di balik fungsinya yang sangat vital ini, pada kenyataannya Jatiluhur adalah sebuah tempat rekreasi yang sangat menarik bagi anda dan keluarga. Berbagai sarana rekreasi seperti hotel, bar, restoran, kolam renang, dll ada di tempat ini.

Jika anda sudah jenuh dengan kebisingan kota, maka Objek wisata Waduk Jatiluhur adalah destinasi yang tepat. Cara mengakses tempat ini juga cukup mudah. Dari pintu tol Jatiluhur anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 6 km untuk sampai kesini. Sedangkan jika anda mengaksesnya dari Bandung, perlu waktu sekitar 40 menit, dan dari Jakarta perlu waktu sekitar satu setengah jam. Liburan ke Jatiluhur tidak harus berhari-hari, banyak orang yang berkunjung kesini beberapa jam saja kemudian kembali ke rumahnya masing-masing. Sedangkan jika anda datang dari luar kota atau tempat yang agak jauh, kami sarankan agar anda mencari penginapan.


Pemandangan di tempat ini sangat indah, diantaranya anda bisa melihat Gunung batu yang menjulang tinggi di sekitar waduk. Selain itu anda juga bisa nelayan yang sedang beraktivitas di dalam danau. Masyarakat setempat sering memanfaatkan waduk ini untuk budidaya ikan. Usaha ini bahkan berkembang semakin pesat, peternak bisa memproduksi hingga puluhan ribu ton ikan pertahunnya. Oleh sebab itu jika anda berkunjung ke Objek wisata Waduk Jatiluhur jangan lupa untuk menikmati santapan berbahan ikan. Disini terdapat banyak keramba ikan air tawar, anda bisa memilih sendiri ikan untuk dimasak.

Di dalam maupun di luar danau sama-sama memiliki pemandangan yang indah. Oleh sebab itu anda bisa bermain di tengah danau atau menggelar tikar di pinggir danau untuk menikmati pemandangan sekitar. Pemandangan yang lebih menakjubkan terjadi pada sore hari, dari sini anda bisa menikmati Sunset yang eksotis. Sinar matahari terefleksi di atas danau menimbulkan berkas cahaya jingga yang sangat indah.

Berbagai aktivitas menarik bisa anda lakukan disini. Pertama anda bisa berkeliling waduk dengan perahu kayu. Kemudian untuk anak-anak anda bisa mengajak mereka naik monorel yang ada di pinggir waduk. Monorel ini bukan monorel sungguhan yang digerakkan dengan mesin, melainkan monorel yang digerakkan dengan pengayuh. Atraksi menarik lainnya adalah JWW atau Jatiluhur Water World. Ini adalah wahana bermain air yang diperuntukkan untuk anda dan keluarga. Fasilitas lain yang terdapat di JWW adalah kolam renang, arena seluncur, dan flying fox. Spot lain yang bisa anda kunjungi disini adalah Grama Tirta, sebuah kawasan wisata yang didalamnya terdapat resor, hotel, dan restoran. Tarif penginapan disini bisa dibilang lebih murah pada penginapan lainnya di kawasan puncak. Semua bungalow yang memiliki fasilitas super lengkap memiliki harga sekitar Rp. 600 ribu. Sedangkan untuk hari sibuk harga ini bisa turun hingga Rp. 450 ribu.

Ingin mencoba wisata ke waduk terbesar di Indonesia? Datang saja ke Objek wisata Waduk Jatiluhur.

0 komentar to “Alternatif Wisata Murah Waduk Jatiluhur, Jawa Barat”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger