Sunday, October 14, 2012

5 Tips Penting Jika Sakit saat Liburan

,

5 Tips Penting Jika Sakit saat Liburan - Liburan adalah momen indah yang selalu membuat kita bersemangat. Tak jarang orang melakukan persiapan besar-besaran sebelum berlibur ke sebuah tempat. Ini terjadi karena momen liburan tidak datang setiap hari, dan biasanya waktu liburan cukup singkat. Berlibur ke luar negeri atau di dalam negeri memang asyik, namun bagaimana jika anda sakit saat liburan? Tentu sudah tidak asik lagi. Semua rencana yang sudah disusun matang bisa kacau balau jika kita sakit saat liburan.

5 Tips Penting Jika Sakit saat Liburan


Agar tidak sakit saat liburan, tindakan preventif memang penting, misalnya menjaga pola makan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan, melakukan olahraga secara rutin, dsb. Namun yang namanya sakit datangnya tidak bisa ditebak. Walaupun kita sudah mempersiapkan diri agar tidak sakit saat liburan, namun faktanya sakit bisa datang tanpa diundang. Nah bagi anda yang tiba-tiba mengalami sakit saat liburan, silakan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Perbanyak minum air putih 

Minum air putih saat sakit memang penting, terutama agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jika anda merasa akan sakit, maka segera minum air putih yang banyak. Selain itu anda juga sebaiknya tidak menunda-nunda jika ingin buang air kecil. Usahakan agar meminum air putih, bukan minuman kemasan yang justru bisa memperparah sakit anda.

2. jaga pola makan

Apakah anda memiliki penyakit serius sebelumnya? Mungkin anda sedang dalam masa pengobatan dan diharuskan untuk menjaga pola makan. Godaan di tempat liburan biasanya sangat tinggi. Disana anda akan menemukan berbagai makanan yang akan meningkatkan nafsu makan anda. namun jika anda sedang dalam masa pengobatan dan memiliki pantangan makan makanan tertentu, maka jangan makan. Jangan hanya karena anda di luar pengawasan dokter atau keluarga anda jadi merasa bebas untuk makan apapun. Jika anda sudah berhasil menjaga pola makan, mungkin sakit anda akan segera sembuh. 

3. Makan vitamin dan obat-obatan

Minum obat-obatan adalah hal pertama yang perlu anda lakukan jika sakit saat liburan. Silakan minum obat sesuai dengan sakit yang anda alami. Jika ada mengalami demam, anda bisa meminum sirup paracetamol, sedangkan jika anda batuk silakan anda minum sirup obat batuk. Karena hal inilah kita sering disarankan untuk membawa kotak P3K dan obat-obatan ringan saat liburan. Jika anda liburan ke luar negeri dan mencari obat-obatan disana, mungkin anda akan menemui kesulitan.

Yang pertama adalah karena faktor bahasa, dan yang kedua adalah karena obat-obat tersebut belum tentu cocok dengan anda. Oleh sebab itu lebih baik anda membawa sendiri obat-obatan tersebut dari rumah. Selain obat-obatan, anda juga bisa meminum suplemen dan vitamin. Beberapa orang memang mampu mendapatkan energi kembali dari suplemen. Jika suplemen memang sudah menjadi bagian dari hari-hari anda, jangan lupa untuk membawanya saat liburan.

4. Datang ke klinik atau dokter

Tips penting lain jika sakit saat liburan adalah datang ke klinik atau dokter. Terkadang penyakit menjadi semakin parah walaupun sudah berusaha kita obati. Jika hal seperti ini terjadi kepada anda, segeralah menuju klinik atau dokter terdekat. Mungkin anda memiliki penyakit lain yang belum terdeteksi sebelumnya. Sakit saat liburan bisa menimpa siapa saja. Dan sakit tidak selalu demam atau batuk. Jika anda suka berwisata ke daerah hutan, mungkin anda digigit oleh nyamuk pembawa penyakit. Intinya anda harus tetap waspada terhadap berbagai gejala penyakit yang anda rasakan. Jangan pernah menganggap remeh sehingga tidak memeriksakannya ke dokter. Jika anda memiliki asuransi internasional, maka anda bisa menggunakannya di saat-saat penting seperti ini.

5. Memperbanyak istirahat

Istirahat adalah hal yang sangat penting anda lakukan jika sakit saat liburan. Istirahat adalah kunci kesembuhan berbagai penyakit, dari yang ringan hingga berat. Jika anda merasakan gejala demam sebelum keberangkatan, maka anda sebaiknya beristirahat di dalam pesawat. Jika anda merasakan sakit saat tiba di tempat liburan, maka anda sebaiknya beristirahat sebelum melakukan berbagai aktivitas. Intinya manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat. 

6. Tidak memaksakan diri mengikuti agenda perjalanan

Jika anda memakai agen travel untuk merancang perjalanan anda, maka itinerary atau rencana perjalanan merupakan agenda wajib. Anda biasanya berkeliling sendiri atau dalam grup kecil atau besar. Namun hal ini bukanlah sebuah keharusan. Anda yang membayar jasa tur tersebut, jadi anda memiliki hak untuk tidak ikut jika mengalami sakit. Diskusikan kembali dengan agen perjalanan anda solusi terbaik untuk masalah anda. Anda tentu tidak ingin semua waktu liburan anda dihabiskan di tempat tidur. Jadi silakan anda atur kembali agenda perjalanan tersebut.

nah, itu adalah 5 Tips Penting Jika Sakit saat Liburan. Semoga bisa membantu.

0 komentar to “5 Tips Penting Jika Sakit saat Liburan”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger