Thursday, August 2, 2012

Masjid Al Akbar Surabaya

,

Masjid Al Akbar – Surabaya. Bangunan masjid ini berdiri dilokasi tanah seluas 11,2 hektar dengan luas bangunannya sendiri adalah 28.509 meter persegi. Bilamana anda menuju jalan tol surabaya ke porong, maka anda bisa melihat kemegahan masjid yang berada di wilayah Pagesangan Surabaya ini. Masjid Nasional Al-Akbar atau dikenal dengan nama Masjid Agung Surabaya oleh warga kota pahlawan ini ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia.

Pembangunan masjid Al Akbar ini memakan waktu selama kurang lebih 5 tahun dan digagas oleh H. Soenarto Soemoprawiro, mantan Walikota Surabaya saat itu. Pembangunan dimulai pada tanggal 4 Agustus 1995 dan kemudian diresmikan oleh Almarhum KH. Abdurrahman Wahid, mantan Presiden RI, pada tanggal 10 Nopember 2000. Kesan sejuk kita rasakan dikala mata memandang masjid ini adalah karena desain kubah masjid yang berbentuk menyerupai struktur daun dan warnanya kombinasi hijau dan biru. Dan tentu saja selain kesan sejuk maka Corak tersebut semakin menambah keanggunan dan kemegahan bangunan.

Ketika kita baru melangkahkan kaki di halaman masjid Al Akbar, kita akan disambut oleh suguhan air mancur dikelilingi dengan 2 bangunan yang berada di luar bangunan utama masjid yang menambah keindahan tempat ibadah ini. Dan ketika kita memasuki ruang utama masjid, maka akan terlihat ornamen ukiran dan kaligrafi yang mendominasi menghiasi seluruh dinding masjid dan kaca patri sebagai pelengkap interiornya. Pada sisi dalam kubah raksasa masjid terdapat kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar satu meter. Disamping itu berbagai kelengkapan ibadah pun banyak tersedia di seluruh penjuru masjid, sehingga anda tak perlu bingung bila tak membawa perlengkapan Shalat.

Seakan tak puas bila kita hanya mengitari tiap sisi dalam masjid, dari halaman atau diluar bangunan masjid, maka anda bisa melihat atap masjid yang dilengkapi dengan satu kubah besar dengan tinggi 27 meter. Disamping kubah utama, terdapat pula empat kubah kecil dengan tinggi sekitar 11 meter. Aneka ragam ukiran beserta kaligrafi islam juga terpahat di pintu masuk masjid yang terdiri dari 45 pintu utama yang kesemuanya dibuat dari kayu jati berukir berukuran besar. Di sebelah bagian utara bangunan, anda bisa melihat dan menaiki menara yang dilengkapai lift didalamnya dimana anda bisa melihat pemandangan kota yang dikenal sebagai kota pahlawan ini. 

Selamat berwisata dan berkunjung ke Masjid Al Akbar Surabaya 

2 komentar to “Masjid Al Akbar Surabaya”

  • August 3, 2012 at 12:29 AM
    telsiz says:

    Thank you very good information

  • August 4, 2012 at 11:59 AM
    Ninji says:

    Subhanallah ... :)

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger