Wednesday, August 8, 2012

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya

,

Klenteng Hong Tiek Hian atau biasa disebut juga sebagai Klenteng Dukuh, alamatnya berada di jalan Dukuh Surabaya. Tempat ibadah ini praktis tidak mempunyai halaman karena terdiri dari 2 bangunan yang dipisahkan oleh sebuah gang, dan kedua bangunan tersebut di jembatani oleh sebuah jembatan yang dijaga 2 ekor naga. Pada lantai 1 terdapat Altar Macko dan Kong Co, dan pada lantai 2 terdapat Altar untuk Buddha, Dewi Kwan Im dan beberapa dewi-dewi lainnya.

Alkisah Klenteng Hong Tiek Hian ini telah berdiri ratusan tahun lalu dan dibangun ketika tentara Tartar pada masa Khu Bilai Khan datang untuk menghukum kerajaan Singasari atau sekitara masa awal cikal bakal pendirian kerajaan Majapahit. Dengan begitu, Klenteng Hong Tiek Hian ini merupakan klenteng tertua di Surabaya, dimana letaknya pun berada didaerah Pecinan. 

Tempat ibadah penganut Khong Hu Chu ini sangat ramai dikunjungi tiap harinya. Selain untuk tempat ibadah, di klenteng ini juga diselenggarakan acara acara semisal pertunjukan wayang Pho Tee Hi dengan cerita-cerita Mandarin, dan juga acara acara lain terutama disaat Imlek. 

Disamping itu, ditempat ibadah ini juga di jual alat sembahyang bagi penganut Khong Hu Chu yang bisa dikategorikan lengkap termasuk uang-uang kertas. 

Selamat berwisata di Klenteng Hong Tiek Hian

0 komentar to “Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger