Sunday, August 26, 2012

5 Festival dan Event Paling Unik di Thailand

,

Setiap negara pasti memiliki keanekaragaman budaya yang khas. Begitupun dengan Thailand.  Negara ini memang menjadi daya tarik wisatawan dunia karena memiliki festival yang khas dan terselenggara di setiap wilayahnya.  Bahkan festival dan acara unik tersebut menjadi tradisi bagi rakyat nya yang gemar memestakan perayaan.
Berikut uniknya.com menghimpun berbagai festival dan event unik di berbagai wilayah Thailand.


1.  Festival Payung di Bo Sang Dan Kerajinan Tangan di San Kamphaeng
Masyarakat di desa Bo Sang dan San Kamphaeng di Chiangmai, dikenal terampil dalam membuat kerajinan tangan yang cantik dan unik. Perayaan yang diselenggarakan sebagai perayaan seni tradisional, seperti lukisan dan  pembuatan payung kertas yang dicat dengan penuh warna. Payung kertas tersebut terbuat dari sutra murbei yang terkenal memiliki warna yang mempesona, dengan motif bunga yang unik. Festival ini juga terkenal akan kontes kecantikan para gadis lokal desa Bo Sang.
Untuk mempromosikan keahlian penduduk desa dalam menciptakan kerajinan tangan yang indah, Bo Sang Umbrella Fair & San Kamphaeng Handicrafts Festival ini diselenggarakan pada akhir pekan ketiga setiap bulan Januari, di Pusat Kerajinan Bo Sang,  Chiang Mai. Selama pameran tersebut, banyak toko-toko  dihiasi dengan gaya Thai Lanna, dan mengubah Bo Sang menjadi desa yang indah.


Festival Payung di Bo Sang Dan Kerajinan Tangan di San Kamphaeng (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




2. Festival Bunga di Chiang Mai
Akhir pekan pertama pada bulan Februari adalah salah satu yang sangat khusus di Chiang Mai. Pada festival ini, semua bunga indah yang berada di Thailand, berada mekar dan memenuhi jalan-jalan kota dengan tebaran aroma parfumnya.
Thailand bagian utara terkenal kaya akan berbagai spesies bunganya. Selama perayaan Flower Festival, wisatawan memiliki kesempatan untuk melihat rangkaian bunga yang dibuat oleh penduduk setempat. Dengan lebih dari 3.000 jenis bunga, khususnya yang terkenal ialah bunga anggrek yang dipamerkan, dan spesies lain dari bunga krisan. Kini desa Chiang Mei sering disebut sebagai “bunga dari utara” dan dianggap surga bagi para penggemar bunga.



Festival Bunga di Chiang Mai (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




3.  Atraksi Gajah di Surin
Diperkenalkan pada tahun 1960, acara tahunan ini merupakan event internasional yang terkenal menarik wisatawan dari seluruh dunia. Surin adalah sebuah provinsi besar di Mun River Basin di wilayah Isan Timur Laut Thailand. Meskipun sejarah yang tepat dari kota itu sendiri tidak begitu dikenal, namun orang-orang di wilayah ini sangat dihargai karena keterampilannya menangkap dan menjinakkan gajah.
Event yang diselenggarakan setiap bulan November ini diramaikan oleh lebih dari seratus gajah yang berpartisipasi dalam sebuah event spektakuler. Kegiatan yang di isi  dengan program menarik, seperti gajah bermain bola, perang unik antara gajah dan manusia, dan berbagai atraksi gajah menarik lainnya yang ditetapkan dalam suasana karnaval.



Atraksi Gajah di Surin (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




4.  “Tradisi Perang Air”  Songkran Festival
Festival yang di gelar pada 13 hingga 15 april ini dikenal sebagai Songkran, yakni festival yang menandai awal dari tahun baru mereka.  Festival ini sendiri terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sebagai ajang perang air besar yang mengguncang jalan jalan wisata Thailand. Selama bertahun-tahun, tradisi Songkran bergeser menjadi perang air besar, terutama karena april adalah bulan dengan temperatur terpanas di Thailand. Momen perayaan ini juga menjadi waktu tersibuk di negara tersebut, lantaran dipadati oleh wisatawan mancanegara yang ikut memeriahkan. Tradisi Songkran ini dipercaya sebagai waktu untuk membersihkan dan pembaruan, juga merupakan simbol cuci dosa pada tahun sebelumnya.



"Tradisi Perang Air" Songkran Festival (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




5. Vegetarian Festival, di Phuket
Bulan Oktober adalah bulan ketika banyak warga Thailand (khususnya etnis Cina) yang melakukan diet vegetarian selama sepuluh hari. Tradisi asli ini mengharuskan mereka untuk menahan diri, serta berpantang ria untuk makan daging, minum minuman beralkohol, terlibat dalam perilaku seks, bertengkar, dan berbohong atau membunuh. Phuket adalah tempat dimana semua aksi bisa terjadi, dan jika anda berpikir ini hanya akan menjadi semacam ritual jemaat yang tenang dan adem ayem, nyatanya prosesi festival ini cukup mengerikan. Pengunjung akan dibuat terheran-heran dengan prosesi ritual tak biasa ini.
Saat festival berlangsung, para pelancong akan menyaksikan peristiwa mengerikan, (seperti debus Banten). Barang-barang khususnya benda tajam yang diyakini milik para dewa, akan menempel dan menusuk tajam di bagian tubuh peserta ritual. Mereka yakin bila setiap tetes darah yang dikeluarkan, dipercaya mampu membersihkan jiwa.



Vegetarian Festival (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




- Tambahan
Festival Khusus Buat Monyet
Lopburi, di Thailand, terkenal dimana kera-kera bisa berkeliaran dengan bebas di seluruh kota. Penduduk setempat percaya bahwa monyet membawa nasib baik,  dengan demikian, maka diadakanlah sebuah pesta tahunan yang diselenggarakan untuk menghormati mereka. Dalam Monkey Buffet Festival tahunan, hewan yang menakutkan ini diundang ke kuil Sam Prang Pra Yod dan disediakan makanan mulai dari buah-buahan, biskuit sampai coke. (**)



Festival Khusus Buat Monyet (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Sumber : Berbagai sumber, uniknya.com

0 komentar to “5 Festival dan Event Paling Unik di Thailand”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger