Tuesday, June 12, 2012

Tablet vs Notebook – yang mana yang lebih baik?

,


Di jaman modern ini ada debat yang sedang berlangsung di tengah-tengah komunitas teknologi- yang mana yang lebih baik: tablet atau notebook? Banyak orang berpikir bahwa tablet merupakan item yang lebih fashionable dan trendi, sedangkan laptop lebih klasik dan tradisional. Memang merupakan keputusan yang sulit! Tetapi penting juga untuk diingat pro dan kontra produk-produk ini, penggunaaannya ditujukan untuk siapa dan untuk apa sebelum Anda melakukan pembelian barang.

Pada awal tahun ini chief executive dari Apple melakukan klaim bahwa iPad akan mengalahkan penjualan komputer desktop dan laptop di tahun-tahun mendatang. Menurut data terkini, penjualan iPad di kuarter ke-empat tahun 2011 meraih 15.4 juta, dua kali lebih banyak dari period yang sama di tahun sebelumnya, di tahun 2010. Sementara itu total keseluruhan penjualan komputer PC turun sebanyak 1% menjadi 92.5 juta. Walaupun data penjualan untuk iPad tampak mengesankan, tetapi perbedaan jumlah penjualan di antara dua produk masihlah besar. Faktanya, salah satu produsen PC (Lenovo) baru saja mengumumkan penaikan jumlah keuntungan dari penjualan komputernya di Cina – salah satu market terbesar untuk komputer laptop dan PC, walaupun jumlah pengguna smart phone dan tablet semakin bertambah.

Jadi, apakah pro dan kontra dari masing-masik produk? Dari review online mengenai tablet, keuntungan mereka dibanding laptop dan keunikan produknya adalah rangka yang ringan dan mudah dibawa bepergian. Tetapi di lain pihak, keramahan terhadap pengguna masih dimiliki oleh laptop yang memiliki keyboard yang terintegrasi dengan layar. Sementara ini untuk tablet, masih diperlukan komponen tambahan. Untuk lebih lanjut, semuanya tergantung kepada tujuan penggunaan. Daya tahan baterai sepertinya lebih berpihak kepada tablet yang mengalahkan baterai laptop – terkadang hingga beberapa jam. Hal ini penting apabila Anda sering bepergian jauh.

Sementara itu untuk performance secara umum, laptop masih bisa mengalahkan tablet karena penggunaan operating system yang teroptimasi dan lebih cepat. Hanya saja untuk aplikasi mobile; para pengguna tablet memiliki pilihan lebih banyak, seperti contohnya oscilloscope app dibanding jaringan social dan permainan serta produk hiburan terbaru- dibandingkan dengan laptop yang pilihannya lebih terbatas. Bagaimana dengan harganya? Menurut riset laptop masih lebih terjangkau dibandingkan dengan tablet.

Walaupun laptop memiliki lebih banyak keunggulan, tetapi tidaklah adil untuk berkesimpulan bahwa laptop lebih baik dibanding tablet. Balik lagi, semua ini tergantung kepada konsumen individu, kebutuhan dan preferensi personal dan professional. Sebelum Anda memutuskan yang mana yang Anda butuhkan, lebih baik untuk berpikir ulang tujuan penggunaan produk yang akan Anda beli!

0 komentar to “Tablet vs Notebook – yang mana yang lebih baik?”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger