Tuesday, June 12, 2012

Boeing 747-8i Sudah Boleh Facebookan dan Tweeteran diatas Udara

,

Semakin majunya jaman, semakin kita terbiasa dengan saluran komunikasi abad 21, terutama dengan perkembangan abad digital sekarang ini. Salah satu contoh yang paling jelas adalah WiFi diatas udara. Ya! WiFi dalam pesawat sekarang telah menjadi kenyataan dan sekarang bahkan tersedia di perjalanan jarak jauh, memungkinkan bagi penumpang trans-Atlantic untuk mengupdate status Facebook atau tweet pemikiran terbaru melalui jarak jauh diatas lautan. Walaupun WiFi di udara belum begitu umum, tetapi hal ini telah menjadi salah satu daya tarik bagi perusahaan penerbangan dan penerbangan jarak jauh, dimana hiburan yang tersedia tidaklah cukup untuk memuaskan pelanggannya. Bisa dikatakan bahwa WiFi sangatlah penting untuk pebisnis yang tergantung kepada saluran komunikasi instan; email dan media sosial.

Jadi bagaimana cara kerja WiFi di pesawat? Sebenarnya prinsipnya tidaklah berbeda dengan teknologi WiFi di restoran, toko buku ataupun tempat umum lainnya, dengan komponen utama berupa: alat penangkap sinyal WiFi (laptop, iPhone, Blackberry). WiFi di pesawat udara bekerja dengan network di access point – koneksi data tanpa kabel dari satelit dan perusahaan penyedia Internet di daratan. Perusahaan elektronik seperti Panasonic, Ericsson dan lainnya, juga manufaktur komponen seperti Panduit , Molex dan lainnya, secara konstan semakin mengembangkan teknologi terbarunya. Walaupun elemen dari gadget penangkap sinyal WiFi seperti connectors dan capacitors, tidak berubah, tetapi produk final dari gadget tersebut semakin revolusioner baik dalam bentuk maupun fungsi.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan penerbangan asal Jerman, Lufthansa memperkenalkan teknologi WiFi dan FlyNet, di pesawat terbaru mereka, Boeing 747-8i. Hal ini dimanfaatkan oleh penumpang untuk mentweet “I'm in the air” selama penerbangan. Tentu saja teknologi ini dijalankan dengan inspeksi ketat dari teknisi pesawat; melalui satelit parabola kecil yang terletak diatas badan pesawat. Terimakasih kepada alat ini, internet dan siaran langsung satelit televisi sekarang memungkinkan untuk dinikmati di penerbangan.

Sekarang tinggal menunggu waktu untuk teknologi WiFi menjadi standar pelayanan penerbangan – bahkan untuk perjalanan jarak pendek sekalipun!

0 komentar to “Boeing 747-8i Sudah Boleh Facebookan dan Tweeteran diatas Udara”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger