Sunday, June 17, 2012

Batam

,

Batam merupakan sebuah pulau kecil dengan luas hanya kurang lebih 400 Km persegi. Namun kota batam telah menjadi kota terbesar di propinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam per April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai 1.153.860 jiwa. Pulau batam terhubung dengan pulau rempang dan galang melalui jembatan Barelang yang dibangun saat Habibie masih menjabat sebagai menristek.

Letak pulau ini sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional, dan selaen itu karena faktor kedekatannya dengan negara Malaysia dan Singapore. Dan perlu diketahui bahwa Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika Habibie mengembangkan pulau ini di tahun 1970-an, hanya dihuni oleh penduduk setempat sekitar 6.000 penduduk saja, tapi dalam kurun waktu 40 tahun berikutnya jumlah penduduk Batam yang tercatat bertumbuh hingga 158 kali lipat....woowwwww 

Pulau industri ini hanya berjarak 25 kilometer saja dari Singapura, dan bila ditempuh dengan menggunakan feri dari terminal feri sekupang hanya memakan waktu 30 menit saja. Dari kedekatan jarak dan faktor harga yang jauh lebih murah dari singapore, maka Batam merupakan tujuan populer bagi warga Singapura untuk menghabiskan akhir pekan atau bagi para wisatawan yang sedang menuju Sumatra atau Johor Baru di Malaysia. Untuk akomodasi jangan ditanya, rate hotel di pulau ini bisa dikata paling murah di seluruh indonesia untuk kelas yang sama. 

Daya tarik terbesar batam bagi wisatawan singapore adalah harga yang murah dibandingkan dengan harga di negara singa tersebut. Aktifitas favorit di pulau industri batam adalah aktivitas pantai, olahraga air (watersports) yang tersedia di sepanjang pantai pulau ini, golf, belanja dan wisata kuliner. Salah satu wisata sejarah yang terkenal adalah pulau galang, karena dipulau ini dulu pernah dijadikan base camp oleh UNICEF untuk tempat mengungsi manusia perahu dari Vietnam semasa Perang Vietnam. Saat ini pulau Galang dan base camp peninggalan manusia perahu tersebut merupakan salah satu tempat wisata populer, tempat ini menyediakan fasilitas sepeda yang dapat disewa para turis untuk mengelilingi pulau dan mengkhidmati para pengungsi perang dahulu. 

Bagaimana dengan Wisata Kuliner??? Woowwww jangan ditanya, batam adalah surga kuliner seafood segar yang terkenal rasanya hingga kemana mana. Anda bisa menikmati wisata kuliner baik di kaki lima, foodcourt, restoran, maupun resort wisata. Apalagi pasar malam di tepi pantai semisal area HarbourBay akan memberikan kenangan santapan yang mengesankan. Sementara resort - resort di Pulau Batam juga menyajikan berbagai pilihan masakan. Restoran - restoran dan pub berkelas juga menyediakan menu wine yang cukup lengkap. Pulau Batam adalah zona bebas pajak dan hal ini dicerminkan oleh harga bir dan wine import yang sangat terjangkau.

Sementara itu, dari sisi industri, batam telah menarik minat investor baik dari dalam maupun luar negeri, mulai dari garment, elektronik hingga industri offshore dan Oil and Gas. Oleh karenanya tak heran pula bila banyak tenaga kerja baik expat maupun lokal yang datang ke pulau kecil ini. 

Tertarik mengunjungi Batam???

0 komentar to “Batam”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger