Monday, March 19, 2012

Suara Misterius Dari dalam Perut Bumi

,



Manusia mendengkur itu ialah hal biasa. Namun, pernah mendengar bagaimana bumi mendengkur? Fenomena itu menjadi misteri yang belum terpecahkan. Keluarnya suara-suara “aneh” dari dalam bumi tersebut juga menjadi pertanyaan besar bagi manusia. Sebenarnya darimana dan bagaimana dengungan yang disebut “The Hum” itu?
Bebagai macam tipikal suara ada di sekitar manusia. Mulai infrasonik, audiosonik, dan ultasonik. Di antara ketiga suara tersebut ada suara yang bisa di dengar dan ada suara yang terlalu keras dan terlalu kecil untuk didengar manusia. The Hum termasuk kategori suara infrasonik, yaitu sekitar 17 hertz hingga 0,001 hertz.
Sebenarnya manusia sulit mendengar suara pada frekuensi tersebut, namun beberapa orang pernah dikabarkan mendengar suara The Hum tersebut. Biasanya orang yang mendengar The Hum berada di tempat dengan kesunyian tingkat tinggi.
Fenomena yang tenar terjadi pada tahun 1990 tersebut memang terasa sejak 1970-an. Hanya pada tahun 1970 dan 1980, fenomena tersebut belum bisa disimpulkan sebagai The Hum. penelitian seputar fenomena itu pun belum dimulai. Pada tahun 1990 di Amerika Utara fenomena serupa terjadi. Hal tersebut mulai jadi wacana publik.
Itu berawal dari dari sebuah penelitian University of New Mexico atas komplain warga yang berada di daerah Taos, New Mexico. Mereka sering mendengar suara-suara aneh. Tak hanya itu, suara dengungan bumi juga terdengar di daerah Inggris,yang dikenal dengan Bristol Hum.
Berdasarkan keterangan saksi, suara tersebut memang lemah. Namun, cukup mengganggu kenyamanan saat tidur. Sejak adanya suara-suara itu, beberapa warga tidak dapat tidur dengan nyenyak.
Pertanyaannya, mengapa terdengarnya hanya di kala tidur? Frekuensi rendah memang tidak bisa terdengar di kala manusia melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, pemecahan suara itu bisa terdengar manusia dipengaruhi faktor lokasi.
Pada tahun 2006, tepatnya 15 November, Dr. Tom Moir dari University of Auckland, Selandia Baru, meneliti Auckland Hum. Dari penelitian tersebut,frekuensi dengungan bumi bisa mencapai 56 hertz, bergantung lokasi. Faktor kedekatan dengan sumber bunyi juga berpengaruh.


 

Dr. Davin Baguley, kepala audiologi rumah sakit Addenbrooke Cambridge, punya pendapat sendiri. Dia menyebutkan, bahwa orang yang memiliki masalah dengan dengungan bumi disebabkan fisik masing-masing.
Perlu diketahui, 2/3 waktu orang yang biasa mendengar The Hum dihabiskan di sekitar suara-suara The Hum. Secara tidak langsung, pendengaran manusia telah terbiasa. Misalkan, suara diesel yang bisa terbawa sampai dalam keadaan tenang.
Peristiwa Taos Hum tercatat dalam sepuluh misteri bumi yang kerap dimuat dalam media ilmiah. Hal tersebut dipengaruhi karakter Taos Hum cukup besar dan sering terjadi di daerah tersebut.
Taos Hum menjadi sorotan media. Salah satunya adalah program televisi Unsolved Mysteries. Taos Hum juga merupakan salah satu hal yang disebutkan dalam film seri yang penuh misteri the “X-Files”.
Pengaruh sumber suara The Hum bergantung kegiatan yang mendominasi di area tersebut. Misalnya kota Kokomo dan Bristol yang didominasi industri. Sedangkan The Hum di Hawaii lebih disebabkan aktivitas Vulkanis.
Getaran suara yang dihasilkan tower pendingin di pabrik Daimler Chrysler mencapai 36 hertz. Sedangkan daerah pabrik Haynes International menghasilkan getaran 10 hertz.
Sebuah fenomena The Hum di kota yang sama mampu terdengar dengan frekuensi yang berbeda. Dengungan bumi atau The Hum di Inggris, yang dinamakan Bristol Hum, bahkan telah menyebabkan satu orang tewas.
Pertanyaannya, apa sebenarnya The Hum ini?

sumber : http://menujuhijau.blogspot.com/

0 komentar to “Suara Misterius Dari dalam Perut Bumi”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger