Friday, January 27, 2012

10 Sungai Paling Vital di Dunia (Foto)

,

Sungai merupakan sebuah komponen kehidupan yang sangat berguna bagi manusia bukan hanya sebagai sumber air namun juga memiliki fungsi sebagai penghubung daerah satu dengan yang lain dan sumber ikan untuk dikonsumsi manusia. Sungai juga salah satu saksi bisu perkembangan suatu peradaban dan bangsa dari jaman prasejarah sampai saat ini. Sungau berperan sebagai tempat tinggal para binatang perairan dan memiliki fungsi penting dalam ekologi hutan dan lahan basah di dunia. Berikut sungai-sungai paling penting di dunia.
1. Sungai Sepik
Sungai Sepik
Sungai Sepik
Sungai Sepik salah satu sungai terpanjang di Papua Nugini. Sumber airnya berasal dari Victor Emanuel Variety yang merupakan pusat dataran tinggi di negara yang bersebelahan dengan timur Indonesia ini. Bentuk sungai Sepik jika dilihat dari atas mengular seperti sungai Amazon menuju laut Bismarck Sea. Tidak seperti sungai besar lain, sungai Sepik tidak memiliki delta namun langsung bermuara ke laut. Total panjang laut ini mencapai 1126 kilometer. Sepanjang sungai Sepik tidak ditemui pemukiman. Hal ini dikarenakan kawasan pinggiran sungai diisolasi oleh suku asli wilayah ini dan merupakan salah satu tempat dimuka bumi ini yang masih terjaga keaslian dan lingkungannya.
2. Sungai Nil
Sungai Nil
Sungai Nil
Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia karena membentang sepanjang 6650 kilometer dari wilayah timur Afrika menuju laut Mediterania. Sungai Nil terbagi menjadi dua bagian, Nil Putih dan Nil Biru. Nil Putih mengalir dari danau indah di Afrika Tengah, sedangkan Nil Biru mengalir dari Sungai Tana di Etiopia. Sungai ini memegang peranan penting dalam perkembangan peradaban Mesir. Sedimen tanah yang dibawa sungai Nil membuat kawasan ini menjadi begitu subur dan dapat ditanami dengan berbagai tumbuhan.
3. Sungai Amazon
Sungai Amazon
Sungai Amazon
Memiliki panjang 6400 kilometer, sungai amazon menjadi sungai terpanjang kedua setelah sungau Nil, walaupun panjangnya ini masih diperdebatkan oleh sumber terpercaya karena dikatakan bahwa panjang ini merupakan jumlah dari dua sungai. Namun, yang pasti adalah sungai ini memiliki kuantitas air terbesar didunia yang mengalirkan setidaknya seperlima dari total sirkulasi sungai didunia. Amazon mengalir melalui Peru, Bolivia, Venezuela, Kolombia, Ekuador, dan juga Brazil sebelum bermuara ke samudra Atlantik.
Sungai Amazon merupakan habitat lebih dari 3000 spesies ikan dan spesies baru yang belum ditemukan. Bersama dengan sungai Orinco, sungai ini merupakan habitat asli lumba-lumba sungai Amazon yang merupakan spesies lumba-lumba sungai terbesar yang mampu tumbuh sepanjang enam meter. Selain hiu banteng, ikan lain yang berbahaya yang ditemukan disungai Amazon adalah ikan piranha yang terkenal ganas dan sering menyerang manusia.
4. Sungai Mississipi
Sungai Mississippi
Sungai Mississippi
Sepanjang 2300 kilometer, sungai Mississippi merupakan sistem perairan sungai terbesar di Amerika Serikat dan Amerika Utara. Airnya berasal dari danau Itasca, kemudian mengalir dibawah wilayah New Orlean dan berakhir di Teluk Meksiko Sungai ini mengalir melalui 31 negara bagian Amerika. Perdagangan dengan kapal melalui sungai ini sudah dimulai sejak tahun 1820. Kain 100 persen katun, kayu dan makanan di kirimkan melalui sungai ini. Setelah kemunculan jalur kereta api di tahun 1880an, jalur perdagangan sungai dihentikan walaupun masih tetap beraktifitas sampai tahun 1920an.
5. Sungai Volga
Sungai Volga
Sungai Volga
Volga merupakan sungai terpanjang pertama diEropa dan merupakan sungai paling penting di Rusia. Lebih dari 20 kota besar di Rusia, 11 diantaranya termasuk Moskow berada di pinggir sungai Volga. Airnya berasal dari ketinggian 225 meter dataran tinggi Valday sebelah barat laut Moskow kemudian menuju Laut Kaspia. Sungai Volga penting karena peranannya dalam pengiriman barang maupun transportasi di Rusia, walaupun kenyataannya sungai ini akan membeku selama tiga bulan dalam setahun.
6. Sungai Zambezi
Sungai Zambezi
Sungai Zambezi
Memiliki panjang 3540 kilometer, sungai Zambezi merupakan sungai keempat terpanjang di Afrika. Air berasal dari kawasan basah hitam diwilayah barat laut Zambia kemudian mengalir menuju Angola, melewati perbatasan Namibia, The water rises in a black wetland in north-western Zambia as well as flows through Angola, Botswana, kemudian Zambia lagi dan Zimbabwe, ke Mozambik dan akhirnya bermuara di samudra Hindia. Yang paling spektakuler dari sungai ini adalah air terjun Victoria yang sangat indah. Sungai ini memfasilitasi populasi mahkluk hidup yang banyak. Kuda Nil banyak berenang dipinggir sungai yang tenang dan terkadang terlihat pula buaya dan hiu banteng disekitar muara sungai.
7. Sungai Mekong
Sungai Mekong
Sungai Mekong
Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia dengan panjang sekitar 4.350 kilometer. Mengalir dari daratan rendah Tibet, sungai ini melewati Provinsi Yunnan-Cina, kemudian melewati Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Sungai ini sangat sulit dilalui karena cuaca ekstrim yang bervariasi dan juga munculnya pusaran air dan banyaknya air terjun sepanjang sungau. Sirkulasi airnya merupakan kedua yang terbesar dibawah sungai Amazon. Karena pembangunan Dam di sungai ini oleh pemerintah Cina maka beberapa spesies berada diambang kepunahan seperti lumba-lumba mekong dan manate.
8. Sungai Gangga
Sungai Gangga
Sungai Gangga
Sungai Gangga memiliki banyak anak sungai yang berada dikawasan barat Himalaya di India dan juga ada yang bermuara di delta Sunderban di Teluk Bengala. Sungai ini dianggap sebagai sungai suci oleh umat Hindu dan juga dipuja sebagai Dewi Gangga menurut ajaran agama Hindu. Pada masa dahulu kala, dipinggir-pinggir sungai inilah terletak pusat-pusat pemerintah kerajaan-kerajaan besar India.
Sampai sekarang masih banyak kantor-kantor pemerintahan India yang terletak dipinggir sungai ini. Umat Hindu menyebar abu para saudara yang telah meninggal di sungai ini dan beberapa percaya bahwa kehidupan tak akan lengkap apabila belum mandi di sungai Gangga minimal satu kali seumur hidup. Karena sungai ini merupakan sungai terpanjang dan terpenting di India maka sungai Gangga dinobatkan sebagai sungai kenegaraan India.
9. Sungai Danube
Sungai Danube
Sungai Danube
Sungai Danube merupakan salah satu dari sungai paling penting di Eropa dan merupakan sungai terpanjang kedua setelah sungai Volga di kontingen Eropa. Sungai ini dulunya merupakan benteng pembatas kerajaan Romawi dan sekarang merupakan salah satu perbatasan benua Eropa. Mengalir dari Hutan Hitam di Jerman dan mengalir ke arah timur sepanjang 2850 kilometer melewati empat ibukota dan berakhir di Laut Hitam. Sungai ini merupakan komponen utama transportasi jalur air Eropa dari Laut Hitam menuju Rotterdam.
10. Sungai Yangtze
Sungai Yangtze
Sungai Yangtze
Salah satu sungai yang paling signfikan di dunia adalah sungai Yangtze, selain itu sungai ini juga merupakan sungai terpanjang ketiga didunia. Panjang sungai ini mencapai 6300 kilometer yang berasal dari glasier yang berasal dari bagian timur Tibet. Mengalir dari Ngarai Yangtze yang sangat spektakuler dan terkenal dengan keindahannya yang alami kemudian mengakhiri perjalanannya di Laut Cina Timur.
It passes through the magnificent Yangtze Gorges, which are noted for their pure beauty, and flows into the Eastern China Sea. Dam yang dibangun di sungai ini merupakan pembangkit listrik tenaga air paling besar di dunia. Sungai Yangtze juga menempati posisi sungai tersibuk didunia. Lalu lintas disungai ini meliputi jalur transportasi barang-barang komersial seperti bahan bakan minyak dan juga membawa penumpang untuk melihat pemandangan sungai dari atas kapal.

src: isidunia.blogspot.com

0 komentar to “10 Sungai Paling Vital di Dunia (Foto)”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger