Friday, July 15, 2011

Cahaya Misterius di Langit RI, Ini Kata LAPAN

,

Sejumlah saksi mata di Bekasi, Jawa Barat dan Bali melaporkan penampakan cahaya aneh berwarna merah melintas di langit pada Kamis 14 Juli 2011 petang.

Apakah benda itu ? Profesor riset astronomi-astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin mengatakan, berdasarkan analisis cerita saksi mata, ia menduga cahaya misterius itu bukan meteor atau benda langit.





ilustrasi cahaya (BBC)
Tapi, pesawat tempur yang melintas di wilayah yang dilaporkan terdapat penampakan. "Dari analisis cerita yang kami dengar, itu hanya jejak kondensasi dari pesawat tempur yang memunculkan asap putih," kata dia, saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 14 Juli 2011 malam.

Menurutnya, hal itu terjadi karena pesawat mampu memantulkan cahaya matahari. Karena pantulan inilah, bentuk pesawat tidak dapat terlihat jelas. "Yang terlihat hanya tampak seperti terbenam dengan cahaya kemerahan yang berangsur pudar," ia menjelaskan.

Thomas menambahkan, biasanya pesawat tempur terbang dengan ketinggian 10 hingga 11 kilometer. Hal inilah yang menjelaskan mengapa hanya warga Bekasi atau Jimbaran yang dapat melihat cahaya tersebut. "Jika meteor yang melintas, masyarakat di wilayah lain dapat melihatnya juga karena meteor itu berada di ketinggian 70 hingga 110 kilometer," ujarnya.

Dengan ketinggian tersebut, ia menambahkan, jangkauan wilayah yang dapat melihat pun akan semakin luas.

Jadi, masih menurut Thomas Djamaluddin, kemungkinan objek yang melintas tersebut adalah pesawat tempur.

http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/07/cahaya-misterius-di-langit-ri-ini-kata.html

0 komentar to “Cahaya Misterius di Langit RI, Ini Kata LAPAN”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger