Wednesday, July 6, 2011

5 Festival Tahunan di Spanyol

,

Festival tahunan bukan hanya sebagai objek wisata budaya bagi para turis semata, melainkan untuk melestarikan kebudayaan atau tradisi suatu daerah. Spanyol adalah negara dengan beragam bahasa, agama dan budaya menawarkan banyak festival tahunan yang dapat dinikmati oleh para turis dan penduduk asli. Kebanyakan dari festival ini menggambarkan warga Spanyol yang mencintai kebudayaaan, pemberani, dan juga relijius. Berikut 5 festival tahunan di Spanyol :

1 Pamplona Bull Run
Pamplona Bull Run adalah salah satu festival rangkaian dari festival San Fermin di kota Pamplona pada minggu pertama bulan Juli. Festival ini digelar selama seminggu, melibatkan ratusan orang yang akan berlari saat 6 banteng itu dilepaskan di jalanan. Banteng-banteng yang dilepas ini nantinya akan dimasukan ke arena untuk dihadapkan dengan seorang matador, dan lalu dibunuh.



(Sumber: telegraph.co.uk)
Sejak awal festival ini digelar, tahun 1925, sudah ada 15 orang terbunuh pada saat bull run ini—terakhir pada 10 July 2009 kemarin—dan setiap tahunnya ada sekitar 200 orang yang cedera saat festival ini. Bull run ini semacam even untuk menunjukan keberanian seseorang, terutama para pria, ada semacam adu nyali untuk mengikuti festival ini. Partisipan yang mengikuti bull run ini sebelumnya melakukan berdoa bersama memohon pada malaikat untuk melindunginya.

2. Tomatina (Perang Tomat)
Festival Tomatina ini digelar pada Rabu terakhir di bulan Agustus. Sesuai dengan namanya, festival ini berhubungan dengan tomat, orang akan saling melempar tomat pada satu sama lain. Termasuk pada salah satu rangkaian di Festival Buñol di kota Buñol, kota yang berada di dekat Valencia. Digelar sejak tahun 1950, festival ini tidak mempunyai tujuan apapun selain melemparkan tomat.



(Sumber: spain-info.com)
Festival ini pernah tidak diijinkan digelar pada tahun 1957, lalu para warga kota Buñol menggelar acara untuk merayakan kematian tomat dengan cara memasukan ratusan tomat ke dalam peti mati dan mengaraknya. 2 tahun setelah itu, festiva ini diijinkan untuk digelar lagi bahkan pada tahun 1980 dewan kota menyediakan tomat untuk para partisipan. Festival ini bahkan menjadi daya tarik kota Buñol di setiap gelarannya.

3. Las Fallas
Las Fallas adalah festival yang digelar oleh penduduk Valencia dalam rangka menghormati Saint Joseph. Digelar 5 hari menjelang hari Saint Joseph pada tanggal 19 Maret. Ada beberapa rangkaian pada festival Las Fallas ini seperti replega dan karnaval musik mini drum band melintasi jalanan di kota Valencia dengan diikuti orang-orang yang berbusana khas Spanyol, tepatnya busana dalam sejarah Valencia.



Sumber: worldparty.roughguides.com)
Yang paling menarik adalah pada malam harinya. Setiap daerah di kota Valencia diharuskan membuat boneka besar yang dilengkapi dengan petasan. Pada malam hari boneka raksasa ini akan dibakar dan diarak keliling kota. Boneka-boneka yang dibuat terkadang merupakan objek satir para penduduk Valencia, bahkan tahun 2005 ada boneka Goerge Bush dan tokoh kartun Shrek.

4. Semana Grande
Semana grande adalah festival tahunan yang diselenggarakan pada pertengahan bulan Agustus di Bilbao. Sebuah kontes penting pun digelar pada festival ini yaitu kompetisi kembang api, dimana presentasi kembang api dibuat setiap malam di sebuah teluk untuk mengetahui siapa pemenangnya. Khas lain dari festival ini termasuk brass band menghidupkan jalan-jalan, pertunjukan musik populer di tepi pantai, serta atraksi pasar malam yang akan menarik para pejalan kaki.


(Sumber: lacunza.com)
Adapula konser musik yang digelar sebagai salah satu rangkaian festival ini, mulai dari rock, pop bahkan jazz klasik. Atraksi lain yang baru diadaptasi baru-baru ini adalah kompetisi adu kuat untuk para laki-laki. Seperti festival di kawasan lain di Spanyol, Semana Grande pun mempunyai tradisi membuat boneka raksasa dan bullfighting.

5. Tamborrada
Pernah membayangkan selama 24 jam mendengarkan alat musik pukul dimainkan tanpa henti? Orang dewasa yang berseragam pakaian militer dan juru masak menabuh snar drum keliling kota, tidak hanya mereka para orang dewasa tetapi juga anak-anak yang berseragamkan pakaian militer. Festival ini diberi nama Tamborrada, dimana para penduduk San Sebastian diperbolehkan menabuh alat musik pukul selama 24 jam pada tanggal 19 Januari. Untuk rangakian pawai, mereka menabuh snar drum tersebut dari San Temo menuju gerbang utama Puerta de Tierra di pusat kota.



(Sumber: dondeviajar.net)
Ada juga ritual yang mengiringi Tamborrada ini, para orang dewasa akan membuat masakan yang enak untuk makan malam mereka dana mereka akan meminum anggur paling enak untuk perayaan ini. Sebuah perayaan yang tak dipungkiri lagi paling berisik di Spanyol.


http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/07/5-festival-tahunan-di-spanyol.html

0 komentar to “5 Festival Tahunan di Spanyol”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger