Sunday, June 19, 2011

Seperti Inilah Konsep Pesawat Terbang Pada Tahun 2050

,


REPUBLIKA.CO.ID,LONDON – Bagaimana mereka menghindar dari sesuatu yang berada di kaca depan? Airbus, produsen pesawat komersial asal Prancis, menjawabnya dengan menghadirkan ‘pesawat transparan’ yang akan menjadi pesawat masa depan pada 2050 mendatang.

Dengan bentuk kabin pesawat transparan, penumpang di masa depan itu bisa melihat pemandangan di sekeliling mereka ketika pesawat mengudara di angkasa. Jika penumpang saat ini hanya bisa melihat pemandangan di sisi kiri atau sisi kanan saja, penumpang masa depan itu nanti bisa melihat langit di atas persis kepala mereka.

Pesawat ini dilengkapi dengan dinding kabin ‘cerdas’ yang berbentuk membran dan memiliki game interaktif. Itulah gambaran sekilas tentang pesawat transportasi pada 2050.

Konsep masa depan untuk penerbangan 40 tahun mendatang itu dipamerkan di London oleh ahli rekayasa pesawat Airbus. Model pesawat transparan pastinya akan semakin membuat takut penumpang yang selama ini sudah merasa takut naik pesawat.

Masih Misteri
Kabin kelas utama, bisnis dan ekonomi nantinya akan dipisahkan oleh sekat berupa zona relaksasi, ruang kerja dan bar penuh stok untuk sosialisasi. Penumpang bisa melihat segala sesuatu di samping (kanan kiri), depan dan bahkan atas mereka. Karena itu, penutup mata perlu dipakai saat pesawat take-off dan mendarat.

Dinding pesawat akan berubah sesuai kondisi. Ada display permainan berbentuk hologram dan fasilitas hiburan lainnya yang digerakan dengan memanfaatkan suhu badan penumpang. Teknologinya memungkinkan penumpang membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak-anak mereka di rumah.

Sebagian dasar teknologinya seperti kursi moulding dan display head-up itu sudah ada. Tapi, sekarang rencana Airbus bagaimana membuat rencana dasar ‘pesawat dengan kulit transparan’ itu masih menjadi misteri.


Seperti Bunglon
‘’Konsep kabin akan menggunakan struktur bionik yang meniru efisiensi tulang burung,’’ klaim Airbus. Konsep tersebut akan memberikan kekuatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Konsep itu juga akan memungkinkan pembuatan kabin ‘cerdas’ berdinding membran yang dapat mengontrol temperatur u
dara dan menjadi transparan sehingga penumpang bisa melihat pemandangan terbuka.

Airbus yakin penumpang pesawat masa depan itu bisa menikmati permainan golf virtual atau ikut dalam konferensi interaktif. Kabin akan mengidentifikasi dan memenuhi semua kebutuhan penumpang.

Konsep kabin tersebut dilengkapi dengan teknologi yang mampu menekan tingkat pembakaran bahan bakar, emisi, sampah dan suara mesin pesawat. Dalam konsepnya, kabin memiliki ‘zona vitalisasi’ yang dapat membuat penumpang rileks dengan udara penuh vitamin dan anti-oksidan, pasnya pencahayaan, harum aromaterapi dan pijat.

Di zona interaktif, penumpang bisa melakukan sosialisasi sesuai keinginan mereka. Penumpang bisa bermain game virtual hingga aktif berbelanja dalam dunia maya.

‘Zona kecanggihan teknologi’ berfungsi sesuai dengan keinginan penumpang. Zona ini disebut ‘gaya penawaran bunglon’ karena berubah-ubah sesuai keinginan penumpang. Zona ini memenuhi seluruh kebutuhan penumpang dari sesuatu yang sederhana hingga yang mewah. Tapi, anda tetap merasa seperti di darat ketika melakukan semua aktivitas tersebut.


‘’Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa penumpang di 2050 itu akan memiliki pengalaman terbang yang sempurna. Penerbang yang tentunya juga ramah lingkungan,’’ kata Airbus engineering executive vice-president, Charles Champion.

http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/06/sperti-inilah-konsep-pesawat-terbang.html

0 komentar to “Seperti Inilah Konsep Pesawat Terbang Pada Tahun 2050”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger