Thursday, June 16, 2011

10 Tanda-tanda Penyakit Ganas yang Diabaikan Pria

,



Sebagian besar laki-laki malas memeriksa kesehatan. Bila tidak merasakan sakit, mereka pikir tubuhnya sehat-sehat saja. “Laki-laki senang berpikir kalau mereka tidak mudah lemah,” ujar Dr. Alan Shindel, direktur Men’s Health Program di Departeman Urologi di University of California.

Sebuah survei juga menemukan kalau seperempat laki-laki yang sakit atau menderita kesakitan akan menunggu selama mungkin untuk berkunjung ke dokter, hanya 17 persen yang akan menemui dokter seminggu kemudian. Jika akhirnya pergi ke dokter biasanya setelah melakukan penelitian lewat internet dan tidak percaya apa yang dibaca di internet. Padahal ada beberapa tanda serius yang tidak diabaikan pria. Dikutip dari Yahoohealth berikut tanda-tandanya.

1. Lidah terasa kelu
Kebanyakan pria akan berpikir mereka sedang mengalami momen sebagai orang tua. Namun sebenarnya itu juga berarti Stroke. Saat terjadi penggumpalan, cedera, penyempitan pembuluh darah atau masalah lain yang menghambat laju darah ke otak, maka akan terjadi TIA (transient ischemic attack), yang bisa menghentikan fungsi otak dan membuat sukar berbicara. Pria memiliki kecenderungan terkena TIA lebih tinggi dari wanita dan meningkat sesuai dengan umur, terutama setelah 55 tahun.

2. Bernafas pendek-pendek
Pria akan berpikir mereka kelebihan berat badan, tapi itu juga bisa berarti gejala serangan jantung. Bernafas pendek-pendek saat berjalan naik tangga pesawat bisa berarti tanda bahwa otot jantung tidak mendapat cukup oksigen. Hal ini bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner pada pria berusia 55 tahun ke atas.

3. Sakit pada satu sisi perut
Pria akan berpikir, otot mereka tertarik pada saat olahraga. Namun itu juga bisa berarti menderita batu ginjal atau tumor. Sakit pada satu sisi perut yang tidak berlangung lama mungkin bisa dikatakan kalau otot tertarik dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. “Tapi jika rasa sakit berlanjut, harus segera dievaluasi oleh dokter. Karena bisa jadi banyak hal, tumor merupakan hal pertama yang kami duga,” ujar Dr. Kaplan.

4. Buang air berdarah
Pria akan berpikir kesalahan pada saat makan. Tapi itu bisa berarti batu ginjal atau kanker kandung kemih, atau kanker usus jika ditemukan darah pada kotoran. Setitik darah pada tisu yang dipakai untuk membersihkan usai buang air kemungkinan karena hemorhoids. Tetapi darah yang ditemukan pada kotoran yang terlihat gelap dibandingkan biasa merupakan tanda-tanda kanker. Kotoran yang gelap bisa mengindikasikan adanya pendarahan usus karena infeksi. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan GI melalui kolonoskopi atau endoskopi untuk mengetahui masalah sesungguhnya.

5. Penurunan kemampuan seksual
Pria akan berpikir ada obat-obatan yang bisa membantu masalah. Tapi itu juga bisa berarti, peringatan dini terhadap penyakit kardiovaskular. “Penelitian terbaru menemukan kalau pria pada usia 40-an dan 50-an akan mengalami penurunan fungsi ereksi yang akan memicu dalam waktu 2-5 tahun penyakit kardiovaskular seperi penyakit jantung,” ujar Dr. Miner.

6. Merasa lelah siang hari
Pria akan berpikir harus tidur lebih cepat, tapi itu juga bisa berarti gangguan apnea yang tersembunyi. Menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur tidak akan membantu jika kondisinya seperti ini, dimana saluran udara menyempit atau tertutup pada saat tidur, menghentikan nafas dan mengganggu tidur sebanyak 5-30 kali dalam sejam. “Semua orang akan merasa mengantuk setiap saat jika dia tidak dapat tidur dengan baik. Tapi jika rasa lelah ini tidak segera pergi meskipun Anda sudah beristirahat, gangguan apnea bisa berisiko pada masalah kesehatan seperti serangan jantung, arrhythmias, stroke atau gagal jantung,” ujar Dr. Shindel.

7. Menggerutu terus menerus
Pria akan berpikir, mereka sedang berada dalam tekanan kerja, tapi itu juga bisa berarti depresi. Merasa resah dan rendah diri karena pekerjaan yang berlebihan atau mengalami masa-masa sulit adalah normal bagi setiap orang. Tetapi itu umumnya menghilang dalam beberapa hari. Jika diikuti dengan depresi secara klinik, penurunan perasaan buruk ini akan berlangsung sedikitnya dalam waktu seminggu. “Ini berbeda dengan kondisi sedih yang biasa dan saatnya bagi Anda untuk berbicara kepada dokter Anda, jika Anda merasa berperilaku seperti bukan diri Anda sebenarnya belakangan ini atau Anda kehilangan minat pada aktifitas yang biasanya anda sukai atau tidak bagus dalam bekerja,” ujar Dr. Shindel.

8. Sering Buang Air Kecil
Pria akan berpikir, ia terlalu banyak minum kopi, padahal bisa berarti diabetes tipe 2 atau pembesaran prostat. Jika pria sering pergi ke kamar mandi lebih dari dua kali dalam semalam, tubuhnya sedang berusaha mengeluarkan kelebihan gula darah yang terbentuk karena tidak dapat mencapai sel, problem ini diketahui sebagai diabates. “Jika buang air kecil lebih banyak dari yang biasanya seperti sebulan yang lalu, maka perlu dilakukan tes gula darah, terutama jika rasa haus juga meningkat, bisa jadi itu diabetes,” Dr. Miner. Diabetes biasanya dapat diatasi dengan banyak olahraga dan mejaga makanan.

9. Kulit menguning
Ini bisa saja karena masalah pada hati. Kulit menguning atau jaundice, diduga karena hati tidak berfungsi dengan baik. Pada orang dewasa hal ini terjadi karena penyakit hati, batu empedu, kanker pankreas atau infeksi karena virus hepatitis,yang menyebabkan pembengkakan liver.

10. Tanda baru, bercak merah pada kulit
Pria akan berpikir sebentar lagi akan hilang, padahal itu bisa berarti kanker kulit atau seborrheic keratoses, timbulnya tumor karena rusaknya jaringan kulit, umum terjadi pada usia paruh baya.

http://www.todaypos.com/10-tanda-tanda-penyakit-ganas-yang-diabaikan-pria.html

0 komentar to “10 Tanda-tanda Penyakit Ganas yang Diabaikan Pria”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger