Skip to main content

Inilah 10 Fakta Fisika Yang Jarang Kamu Ketahui



http://scidiv.bellevuecollege.edu/physics/images/Physics4.GIF

Orang yang beranggapan sains membosankan, mereka salah. Berikut 10 alasan mengapa sains tak membosankan.

Menurut penulis We Need to Talk About Kevin, Marcus Crown, berikut 10 fakta fisika aneh itu:

1. Jika matahari terbuat dari pisang.

Matahari panas karena beratnya yang luar biasa, sekitar bermiliar-miliar ton dan membuatnya menjadi inti tekanan kolosal. Tekanan besar menimbulkan temperatur besar. Jika matahari terbuat dari pisang, maka beratnya akan bermiliar-miliar ton dan memiliki efek yang sama dengan matahari.

2. Semua materi pembuat ras manusia dapat masuk dalam kotak gula.

Atom merupakan 99,9999999999999999% ruang kosong. Jika semua atom dipaksa bersatu dan menghilangkan ruang di antaranya seperti kotak gula, maka massanya sekitar 10 kali massa manusia hidup. Hal ini serupa yang terjadi pada bintang netron, massa super padat peninggalan supernova.

3. Peristiwa di masa depan dapat mempengaruhi peristiwa di masa lalu.

Keanehan dunia kuantum didokumentasikan. Tetapi keanehan itu semakin aneh. Menurut eksperimen fisikawan John Wheeler dan peneliti lain pada 2007, perubahan partikel masa kini dapat mengubah partikel pada masa lalu.

4. Hampir sebagian besar semesta menghilang

Kemungkinan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi di kosmos. Setiap galaksi memiliki 10 juta bintang. Matahari kita memiliki berat bermiliar-miliar ton. Materi ini merupakan materi terlihat di semesta.

Materi lain disebut 'materi gelap'. Materi ini masih butuh penjelasan dan tampaknya materi ini merupakan perluasan semesta.

5. Benda dapat bergerak lebih cepat dari cahaya.

Kecepatan cahaya konstan pada ruang hampa adalah 300 ribu km/detik, dan cahaya tak selalu melewati ruang hampa. Dalam air, foton bergerak sepertiga kecepatan awal. Dalam reaktor nuklir, beberapa partikel dipaksa bergerak dalam kecepatan tinggi bahkan lebih cepat dari cahaya.

6. Ada jumlah tak terbatas saat menulis dan membaca

Menurut standar model kosmologi saat ini, jumlah semesta yang dapat dihitung pun tak ada batasnya seperti buih. Namun, jumlah kemungkinan sejarah terbatas karena jumlah peristiwa terjadi juga terbatas.

7. Lubang Hitam tidak hitam

Lubang hitam memang sangat gelap, tapi tak hitam. Mereka bersinar dan memberi sedikit spektrum cahaya, temasuk cahaya yang dapat dilihat.

8. Penjelasan mendasar dari semesta tak termasuk masa lalu, kini atau masa depan

Menurut teori relativitas, tak ada hal seperti masa kini atau masa depan atau masa lalu. Bingkai waktu sangat relatif. Waktu kita sama karena kita bergerak pada kecepatan yang sama. Jika kita bergerak pada kecepatan berbeda, kita akan menemukan bahwa kita menua lebih cepat.

9. Partikel dapat mempengaruhi sisi lain semesta dalam sekejab

Ketika elektron bertemu kembaran antimateri, keduanya akan hancur dalam kilatan energi dan dua foton akan terbang dari ledakan itu.

Kembaran itu akan mulai berputar pada arah sebaliknya, dan secara instan kembaran di sisi lain semesta juga ikut berputar.

10. Semakin cepat bergerak, semakin berat

Jika Anda berlari dengan cepat, berat Anda akan bertambah. Tak permanen, tapi secara sesaat akan
menambah sedikit berat. Menurut teori relativitas, massa dan energi adalah sama. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin berat massanya.

source: http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=49955

Popular posts from this blog

5 Tanda Pria Buaya Darat

Lelaki buaya darat. hahah Tak semua wanita itu beruntung, bertemu langsung dengan pria impian yang penyayang dan baik hati. Sebagian besar di antaranya bertemu 'si buaya darat' yang sukses mematahkan hati. Nah, agar tak terperosok kembali ke jeratan para buaya darat, simak 10 tanda berikut ini agar kita lebih berhati-hati. Pria buaya darat itu biasanya... 1. Hanya menelepon atau mengajak Anda chat saat tengah malam, saat ia sendirian di kamar dan butuh bermanjaan. 2. Sebenarnya ia tak benar-benar menyimak cerita Anda. Berapa kali Anda patah hati, siapa nama adik Anda, berapa anak anjing yang Anda miliki. Yang ia hafal hanyalah ukuran bra, dan pinggul Anda. Ouch! 3. Dia bahkan tak peduli apabila hari Anda sedang buruk. Habis bertengkar dengan sahabat, terlibat silat lidah dengan penjaga sebuah toko, atau baru saja 4. Anda tak pernah diajak bertemu dan berkumpul dengan teman-temannya 5. Dia selalu bersikap dan berbicara hal-hal yang manis-manis. Tak perna

Kota Sihir Tritora Italia

Ingin tahu kota penyihir? Datanglah ke kota Tritora – Italia. Konon katanya kota ini dihuni oleh penyihir penyihir. Anda bisa melihat langsung rumah, toko hingga museum bertema penyihir. Simlabim! Penasaran dengan kota misterius ini? Anda bisa datang kawasan Cabotina, lokasi Kota Tritora. Memasuki kota Tritora memang bagaikan masuk ke markas para penyihir. Kita bisa melihat langsung rumah, museum, hingga toko penyihir. Bahkan, toko di Tritora menjual aneka benda yang dianggap biasa dimiliki penyihir, seperti minuman keras dam susu siput penyihir. Untuk lebih melengkapi, kota ini dilengkapi dengan rambu lalu lintas untuk penyihir. Tidak percaya? Coba saja berjalan di sepanjang kota, ada rambu lalu yang bergambar penyihir dengan sapu terbang. Rambu ini berarti sapu terbang diizinkan melintas jalan tersebut. Wakakakkakaka Dikota inipun juga ada tempat parkir khusus sapu terbang. Jadi, kendaraan lain selain sapu tidak diperbolehkan parkir di tempat ini. Sambil berkelilin

Sejarah Dan Jenis-jenis Dinosaurus

Kalau kita melihat film Jurassic Park dan The Lost World maka kita akan menyaksikan dinosaurus-dinosaurus yang telah digambarkan dengan begitu menarik oleh Steven Spielberg. Namun apakah sebenarnya dinosaurus itu ? Unenlagia comahuensis (Novas, 1997) Sekarang ini setiap orang sudah mendengar mengenai dinosaurus. Dari anak-anak sampai orang dewasa telah melihat gambar mereka dan banyak orang mengira dinosaurus-dinosaurus itu telah punah 65 juta tahun sebelum manusia ada di bumi. Pandangan mengenai dinosaurus ini sangat berhubungan erat dengan teori evolusi. Para penganut paham evolusi mengatakan bahwa dinosaurus pernah hidup di bumi ini antara 65 sampai 230 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ditemukan hanya di 3 kolom geologis yaitu : Triassic, Jurassic, dan Cretaceous. Evolusionis menamakan tiga lapisan tanah tersebut dengan nama zaman Mesozoic. Itulah zaman yang mereka berikan untuk zaman dinosaurus. Menurut mereka makhluk-makhluk ini punah pada akhir zaman Mesozoik (Cr