Thursday, September 30, 2010

Pengganti Obat Bius, Pasien Dibekukan Sebelum Operasi

,





Massachussets, Di masa mendatang, pasien bedah tidak lagi membutuhkan obat bius. Dokter akan mengganti darahnya dengan cairan pendingin sampai suhu tubuhnya membeku, sehingga selama operasi terhindar dari kerusakan otak dan organ vital lainnya.

Dikutip dari Telegraph, Senin (27/9/2010), teknik pembekuan ini dikembangkan oleh Harvard Medical School di Massachusetts dan telah sukses diujikan pada hewan. Uji coba pada manusia untuk pertama kalinya akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.

Dalam prosedur ini, darah pasien diganti dengan cairan pendingin yang secara drastis akan menurunkan suhu tubuh pasien hingga 10 derajat celcius. Pada suhu ini, jaringan tulang, otak dan organ lain aman dari kerusakan meski aliran darah dihentikan sementara.

Menariknya, ketika mencapai suhu tubuh serendah itu manusia biasanya sudah tidak bernyawa. Manusia bisa segera mati ketika suhu tubuhnya telah berada di bawah 22 derajat celcius, sementara suhu normal tubuh manusia adalah 37 derajat celcius.

Dr Hasan Alam, ahli bedah yang memimpin riset tersebut mengatakan prosedur ini cocok dilakukan untuk kondisi darurat pada korban penembakan, penusukan atau kecelakaan lalu lintas. Dengan membekukan korban, dokter menjadi punya lebih banyak waktu untuk menangani lukanya.

"Jika suhu inti tubuh dan otak diturunkan hingga 10 atau 15 derajat celcius, jaringan akan terlindung dari kerusakan hingga 60 atau bahkan 190 menit berikutnya," ungkap Dr Alam.

Meski tubuhnya dibekukan hingga mendekati level kematian, namun pasien dapat dengan mudah dikembalikan ke suhu normal sebelum operasi. Tingkat keberhasilan untuk menghidupkannya kembali dikatakan mencapai 90 persen.

source: http://www.detikhealth.com

3 komentar to “Pengganti Obat Bius, Pasien Dibekukan Sebelum Operasi”

  • October 1, 2010 at 2:13 AM
    Usman Jambak says:

    hiiiiii........ngeri...atuuuut...
    gan pada kesempatan ini saya mo ngasih award ma gan. silahkan ambil dan bawa pulang award anda di link http://exeloph.blogspot.com/

  • October 1, 2010 at 12:09 PM
    yu-dy says:

    Wah.. Berita bagus nih..
    Jadi tidak terlalu menggantungkan diri terhadap zat2 kimia berbahaya :))

  • October 2, 2010 at 2:25 AM
    james says:

    kedengerannya menakutkan juga .. darahnya diganti sama cairan pembeku.
    tapi kalau sukses mungkin bisa jadi trobosan baru dikalangan medis.
    nice posting sob :)

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger