Wednesday, September 29, 2010

Mengintip Kehidupan Suku Korowai & Kombai di Irian Jaya

,


Ok, kali ini kita akan mengintip sedikit kehidupan suku pedalaman daerah papua sana bro, tentang cara bertahan hidup, membuat rumah di atas pohon, sampai mencari makanan di dalam hutan.

Kembali pada tahun 1995, George Steinmetz, seorang fotografer pemenang penghargaan mendokumentasikan suku orang-orang yang tinggal di pohon di Irian Jaya. Mereka sebelumnya tidak pernah berinteraksi dengan orang asing dan mereka tidak mengenal bahasa mereka hanya memakai bahasa suku saja. 

Ini adalah gambar yang indah menakjubkan dari suku Kombai dan Korowai yang tinggal di rumah pohon yang berdiri tegak diatas rumah tersebut telah dipahat dari hasil hutan yang ada di sekitar.

Suku Korowai dan Kombai tinggal di wilayah Indonesia dan sudah pasti mereka juga penduduk Indonesia. Namun sangat jarang ditemukan literatur mengenai mereka dalam bahasa Indonesia. Justru banyak peneliti asing yang mengunjungi mereka dan mempelajari kehidupan suku mereka yang unik.

Korowai adalah salah satu suku di Irian yang tidak memakai koteka. Kaum lelaki suku ini memasuk-paksa-kan penis mereka ke dalam kantong jakar (scrotum) dan pada ujungnya mereka balut ketat dengan sejenis daun. Sementara kaum perempuan hanya memakai rok pendek terbuat dari daun sgu. Sagu adalah makan utama mereka. Sedangkan pria Suku Kombai menggunakan ‘koteka’ dari paruh burung besar. Senjata mereka adalah panah yang matanya terbuat dari tulang.

Mereka hidup sangat bersahaja di dunianya. Entah mereka mengenal tidak siapa presiden mereka. Apa yang dilakukan capres-capres dengan segunung janji dalam kampanye mereka sekarang ini. Siapa Manohara. Apa isi email Prita. Siapa Michael Jackson. Mungkin mereka bahkan tidak perlu tahu. Di sini waktu seperti terhenti.



Sowayen turun dari pohon setelah mengambil sarang semut untuk menangkap ikan Papua Barat Indonesia.



Sebuah pesta grub sagu diatur untuk salah satu kelompok pertama wisatawan untuk memasuki negara Korowai.




Ini adalah rumah yang berada di atas pohon. Korowai Papua Barat




Pada gambar dibawah sedang mencari larva kumbang pohon jagung untuk dijadikan sagu, makanan favorit mereka.



ini adalah pemandangan anak sungai dari Sungai Korowai memasuki Sungai Eilanden.




Lumbareh sedang membuat panah di rumah pohon-nya untuk mencari makanan di hutan.




Wanita Korowai sedang mengolahan bubuk sagu kelapa di pelepah pisang untuk dijadikan makanan pokok bertepung alias sagu dan ini sering dilakukan mengingat di papua belum ada beras.




Rumah pohon Korowai di malam hari.




Ini adalah George Steinmetz sedang mengambil foto untuk sebuah rumah pohon Korowai di pagi hari.




Ini adalah foto Tim kami pada saat sebelum meninggalkan Korowai.


source: http://www.thisblogrules.com/2010/05/first-photos-of-a-tribe-living-in-rainforest-trees.html#

2 komentar to “Mengintip Kehidupan Suku Korowai & Kombai di Irian Jaya”

  • September 30, 2010 at 10:12 AM
    herdy says:

    Wawwwww...awesome...thxxx for the info...happy to know about our far family.hope they are always life with nature culture..not to be important things to know about SBY,coz i'm sure SBY never goes there.

  • December 11, 2010 at 3:20 AM
    Marcelino says:

    hmmm...lumayan'lah buat info bagi masyarakat indonesia yg sampe skrg bahkan msh tetap beranggapan bahwa Papua ( bukan Irian Jaya lg,red) masih primitif,terpencil dan tertinggal..salah besar tuh gan..hanya beberapa tempat di kota2 di Papua yg msh belum terjamah peradaban modern, secara daerahx t'pencil n susah dicapai,butuh berhari2 dgn medan yg sulit untuk bisa tiba disana. Tapi bagi sy justru itu lebih bagus sehingga budaya n tradisi mereka tetap asli n lestari..klarifikasi dri gambar diatas ttg diPapua yg blm ada beras,salah sx gan justru sebagian besar kota diPapua skrg menjadi lumbung beras di negara Indonesia ini..okay??

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger