Saturday, September 4, 2010

Jajanan Ala Vietnam Yang Namanya Aneh-aneh

,

Kita mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya klepon, combro, onde-onde, kue ketan, kuehtog, apem, dll. Ya tentu saja, karena memang makanan-makanan tadi adalah jajanan pasar khas Indonesia dimana hampir semua orang indonesia mengetahuinya. Jajanan pasar identik dengan makanan kecil dan ringan serta mempunyai ciri pokok daerah tertentu. Dan hampir semua negara pasti mempunyai jajanan pasar sendiri.

Di sini, saya akan sedikit berbagai tentang aneka makanan jajanan pasar ala negeri Vietnam. Sebagai negara yang masih satu wilayah dengan kita (asia tenggara), jajanan pasar di Vietnam rupanya tak terlalu berbeda jauh, bahan pokoknya pun kadang bahkan sama dengan jajanan pasar Indonesia, hanya mungkin nama dan kreasinya saja yang berbeda.

Berikut adalah aneka jajanan pasar khas Vietnam yang mungkin bisa memberikan anda sedikit pengetahuan ataupun inspirasi bagi anda
:

Banh Phu The

Kue berwarna hijau menggoda ini adalah salah kue Vietnam yang paling banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional di Vietnam. Rasanya manis bercampur sedikit aroma nanas. Kue ini dibuat dari kelapa yang dicampur dengan sari nanas.


Nem chua

kalo di Indonesia kita punya tempa, maka Vietnam punya Nem chua. Nem Chua juga merupakan salah satu kue paling tersohor di Vietnam, proses pembuatanya tak jauh bedar dengan tempe, yaitu dengan proses penjamuran. Yang membedakan hanyalah bahan dasar yang digunakan. Nem chua menggunakan daging babi cincang.


Giò

Giò adalah kue vietnam yang biasa disajikan saat musim panas. Ke ini rasanya sangat manis dan gurih. Bahan utama kue ini adalah pisang. Mungkin kalo di Indonesia, kue ini bisa disamakan dengan kue nagasari, yang beda hanyalah warna dan tampilanya.


Cốm

Cốm adalah salah satu jajanan pasar khas vietnam yang juga banyak beredar di banyak negara asia tenggara lainya. Pada dasarnya, Cốm adalah kue ketan yang terbuat dari beras kacang hijau yang dilembutkan kemudian ditanak sehingga menjadi lembut dan kenyal. Kue ini akan makin sedap saat dinikmati dengan taburan urap kelapa dan gula pasir.


Banh xeo

Boleh dibilang bahwa Banh xeo adalah martabaknya Vietnam, kue ini tak beda jauh dengan martabak telur khas Indonesia, isinyapun hampir sama, yaitu telur, loncang, taoge, dan wortel. Kue ini banyak dijual di pusat perbelanjaan di kota Hanoi.


Banh Chuoi Nuong


Banh Chuoi Nuong adalah kue pisang khas Vietnam. Walaupun Kue ini sering disebut sebagai kue pisang, namun tampilanya justru seperti pudding. kue ini dibuat dengan mancampurkan irisan pisang dengan adonan kue yang sebelumnya sudah diberi perasa coklat

 
source:http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/09/mengenal-aneka-jajanan-pasar-ala-negeri.html

0 komentar to “Jajanan Ala Vietnam Yang Namanya Aneh-aneh”

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger