Thursday, September 2, 2010

Foto Mikroskopik Telur Kupu-kupu

,

Foto-foto berikut ini mungkin terlihat seperti tanaman tropis yang aneh. Tapi sebenarnya ini adalah telur-telur serangga yang diabadikan menggunakan mikroskop elektron yang sangat tangguh.

Telur mengembangkan cangkangnya saat berada dalam tubuh induk. Disana sperma harus menemukan dan berenang melalui bukaan pada satu ujung telur, yang disebut mikropil.

Bertengger di sulur tanaman Passiflora agar selamat dari ancaman semut-semut yang lapar. Spesies kupu-kupu Julia heliconian membaringkan telur-telur mereka pada tanaman merambat ini secara eksklusif.


Warna oranye dari telur kupu-kupu Zebra sayap-panjang ini memberitahu predator bahwa ia mengandung bahan beracun seperti sianida dan zat racun lainnya.

Telur kupu-kupu morpho biru. Corak merah melingkar itu adalah reaksi kimia yang mengikuti pembuahan. Kupu-kupu ini adalah salah satu kupu-kupu terbesar di dunia, yang bentang sayapnya bisa mencapai 5 hingga 8 inci.

Oeggerli sang micronaut
Martin Oeggerli adalah sang fotografer dan ilmuwan dibalik gambar-gambar menakjubkan ini.


Dia mengungkapkan, 'Yang paling memakan banyak waktu adalah saat pewarnaan tapi itu sangat menyenangkan. Proses scanning sangat menarik. Tidak sama seperti fotografi dimana kau bisa menangkap semua pikselnya bersamaan. Dalam scanning kau harus menangkap satu piksel dalam satu waktu."

Tiap gambar memakan waktu sekitar sehari untuk mengatur posisi dan hari lainnya untuk mikroskop dan sekitar 40 jam lagi untuk penataan warna.

keren ya? baru petama kali lihat yg kaya gini nih.
 
source: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/09/foto-mikroskopik-telur-kupu-kupu-yang.html

1 komentar:

  • September 2, 2010 at 8:53 PM
    qoidsubki says:

    kok mirip model animasi d 3ds max y ? Hahahaha

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger