Wednesday, September 22, 2010

Dokter Ini Melakukan Operasi Dengan Instruksi SMS

,


Seorang dokter di Inggris mengadakan operasi besar hanya dengan bantuan SMS dari kolega nya sesama dokter.

David Nott, seorang dokter sukarelawan di Inggris, menyelamatkan nyawa seoarang remaja berusia 16 tahun ketika dia sedang bertugas 24 jam di rumah sakit Medecins Sans Frontieres (MSF) di Rutshuru.

Lengan pasien nya yang hanya berumur 16 tahun tersebut sudah hampir hilang semuanya dan dalam keadaan infeksi parah. Dr. Nott, 52 tahun, tau bahwa anak tersebut dalam keadaan kritis dengan kesempatan hidup yang hanya 2 atau 3 hari.

Anak yang tersebut tersebut tidak diketahui secara pasti bagaimana lukanya terjadi tetapi ada yang mengatakan bahwa sang anak di gigit oleh kuda nil ketika memancing. 

Dr. Nott tau bahwa dia harus melakukan operasi amputasi yang besar dan susah yang dia sendiri tidak pernah melakukan nya. Operasi seperti itu hanya pernah dilakukan 10 kali salama ini di Inggris. Maka Dr. Nott pun mengontak Profesor Meirion Thomas dari London's Royal Marsden Hospital yang sudah pernah melakukan operasi tersebut. Sang dokter kemudian membalas nya dan memberikan instruksi langkah demi langkah lewat SMS Ponsel dan Dr. Nott pun mengikuti langkah tersebut dan operasi tersebut berhasil!! Dr. Nott berhasil menyelamatkan nyawa anak berumur 16 tahun dengan instruksi melalui SMS di HP. Wah....benar-benar luar biasa ya.

David Nott with colleagues


source: http://www.melonproperty.com/blog/in/dokter-melakukan-operas-dengan-sms-hp-jual-rumah#

1 komentar:

  • November 5, 2010 at 5:54 AM
    Pipo says:

    Gan, boleh Gan baca langsung dari http://www.intomobile.com/2008/12/10/surgeon-uses-sms-text-message-instructions-to-save-congo-boys-life/

    Sebagai sedikit masukan,
    "Operasi seperti itu hanya pernah dilakukan 10 kali salama ini di Inggris."
    Dalam tulisan aslinya, kalimat tersebut tidak saya jumpai.

    Nama operasi itu adalah Forequarter procedure (amputasi lengan atas. Prosedur ini biasa dilakukan pada tumor jaringan lunak maupun tumor tulang yang ganas. Dilakukan pengangkatan dari tulang selangka dan tulang belikat serta jaringan otot sekitarnya. Dalam kasus diatas, karena bocah tersebut mengalami traumatik amputasi, untuk menutup lukanya maka dilakukan prosedur Forequarter. Saya sendiri sudah dua kali jadi asisten operator untuk prosedur ini. Tak mungkin di Inggris (negara maju) baru dilakukan 10 kali.
    Mungkin keterangan saya yang sedikit ini dapat menambah wawasan Juragan.

    Salam

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalin komentar di wahw33d. Kamu bisa Bertanya dan memberikan tanggapan artikel diatas. Tapi jangan nyepam yah.. hehe

 

wahw33d Copyright © 2009 - 2012 | Template Modified by GooGrape | Powered by Blogger